Artikel bearish dari Transfez

Kondisi bearish dan bullish akan kamu hadapi ketika melakukan investasi saham. Istilah bullish dan bearish sangatlah akrab atau sering didengar dalam dunia investasi saham.

Lihat Juga Video Cara Mudah Kirim Uang Ke Luar Negeri

Lalu apakah arti dan pengertian dari kedua hal tersebut. Untuk menggambarkan kondisi pasar yang sebenarnya, kata bullish dan bearish ini sering digunakan.

Bearish adalah harga saham yang turun sedangkan bullish adalah naiknya harga saham, kedua nya berada dalam pergerakan harga saham yang mengalami kenaikan dan penurunan.

Artikel bearish dari Transfez

Pada kali ini akan membahas lebih lanjut tentang apa definisi sesungguhnya dari bearish dan bagaimana cara menyikapinya.

Pengertian Bearish

Penurunan dalam indeks harga saham secara menyeluruh adalah sebuah tkamu bearish. Istilah ini sebagai asumsi atau ramalan bahwa harga saham akan turun yang mana para investor sering menggunakannya.

Diluar dugaan bahwa yang tadinya hanya dugaan semula dapat menjadi kenyataan. Hal tersebut dikarenakan reaksi yang berlebih dari para investor yang juga menjual sahamnya. Akibat yang ditimbulkan ialah terjadinya kepanikan dan penjualan saham menjadi lebih meluas.

Dengan mengetahui sinyalnya maka langkah tersebut adalah langkah yang tepat supaya tidak terjebak dalam kondisi bearish. Untuk bisa membantu para investor untuk menilai aset dan prospek mereka di masa depan yang harus dilakukan hanyalah menganalisa pasar secara fundamental maupun teknikal.

Baca Juga Daftar Kode Swift Bank di Indonesia

Kode Swift Bank BCA
Kode Swift Bank Mandiri
Kode Swift Bank BNI
Kode Swift Bank BRI
Kode Swift Bank Danamon
Kode Swift DBS Bank
Kode Swift Hana Bank

Kamu atau Indikator Bearish

Terdapat beberapa indikator yang bisa kamu gunakan untuk mengetahui sebuah trend pergerakan suatu harga saham, indikator tersebut dapat ditemukan dari berbagai sumber.

Memakai atau Menggunakan Candlestick

Dengan menggunakan candlestick kamu dapat mengetahui kondisi bearish dan bullish. Dalam sederhananya jika kamu melihat candle berwarna biru, maka terjadi kemungkinan pasar sedang naik.

Tetapi, perhatikan baik-baik apakah posisi candle dengan grafik rata-rata bergerak di atas atau dibawah.

Gunakan Moving Average

Untuk dapat mempelajari tren pasar bisa menggunakan salah satu cara populer ini yaitu dengan menggunakan rata-rata bergerak.

Kamu dapat mengetahui rata-rata pergerakan pasar selama periode waktu tertentu dengan menggunakan metode rata-rata bergerak ini. Apakah kondisi pasar sedang bearish atau bullish dapat kamu lihat dengan grafik rata-rata bergerak. Pasar yang sedang berada dalam posisi bearish mengartikan bahwa pasar berada di bawah grafik rata-rata bergerak.

Baca Juga Cara Kirim Uang dengan Mudah ke Berbagai Negara

Cara Kirim Uang ke Hongkong
Cara Kirim Uang ke Filipina
Cara Kirim Uang ke Amerika Serikat
Cara Kirim Uang ke Singapura
Cara Kirim Uang ke Cina
Cara Kirim Uang ke Malaysia
Cara Kirim Uang ke Jepang

IHSG

Terdapat cara lain untuk bisa mengetahui kondisi pasar apakah sedang bullish atau bearish, yaitu dengan menggunakan IHSG untuk dapat membandingkan.

Metode ini mengartikan kamu harus mengetahui apakah pergerakan persediaan sejalan dengan IHSG atau tidak. Walaupun seperti itu, kamu tetap harus melakukan analisis fundamental atau teknis secara mandiri terhadap transaksi atau investasi yang kamu lakukan.

Cara Hadapi Bearish

Adanya kondisi bearish ini tidaklah diinginkan oleh para investor, tetapi kondisi ini tidak bisa dihindari begitu saja karena ini adalah keadaan yang alami. Karena hal itulah seseorang tidak dapat menghindarinya.

Namun meskipun begitu kamu tetap bisa mengambil sikap untuk dapat menghadapi bearish dengan tepat atau baik. Sentimen pada pasar berubah menjadi negatif adalah hal yang terjadi ketika pasar dalam kondisi bearish.

Para investor mengantisipasi langkah positif dengan mengalihkan uang dari saham ke sekuritas pendapatan tetap, selain itu investor juga dapat menahan uang dari pasar. Hal tersebut mengakibatkan harga turun secara signifikan dan arus keluar juga meningkat. Sikap-sikap yang harus kamu lakukan dalam kondisi bearish adalah sebagai berikut:

Jangan Boros

Harga saham turun ketika pasar dalam kondisi bearish. Karena hal itulah kamu harus menyiapkan uang tunai untuk dapat membeli saham. Akan tetapi kamu juga tidak bisa menghabiskan semua anggaran, karena bisa menjadi sebuah kerugian kalau saham menurun.
Sisakan sekiranya sekitar 35%-45% untuk berjaga-jaga atau mengantisipasi.

Saham Defensif

Ketika menginvestasikan uang di pasar saham, terdapat beberapa kunci yang wajib kamu perhatikan. Kuncinya adalah memilih saham dengan fundamental yang bagus dan baik, hal tersebut meliputi pertumbuhan dan pendapatan ekuitas serta laba yang bersih, dan harganya diremehkan. Memilih tindakan defensive pada waktu bearish adalah tindakan yang tepat.

Pengelolaan Uang

Cadangan uang tunai sekitar 35%-40% merupakan cangkang yang dapat digunakan jikalau stok benar-benar menurun dan memburuk.

Pengelolaan uang yang baik adalah dengan melakukan secara bertahap dan tidak terlalu cepat. Sebagai contoh saham XL dibeli dengan harga 100, namun harga aslinya adalah 200.
Lakukan pembelian kedua ketika saham sedang menurun menjadi 70. Lakukan pembelian seterusnya seiring adanya pergerakan yang menurun juga.

Batas Portofolio

Langkah terakhir yang dapat dilakukan ialah jadikan lima hingga delapan emiten dalam pembatasan portofolio. Biasanya kebanyakan dari para investor menabung dalam jumlah besar dan mempunyai lebih dari delapan emiten.

Ketika pasar sedang dalam kondisi bearish, maka hal ini tidak boleh dilakukan. Dompet menjadi syarat pertama yang harus terpenuhi, dan mengelola portofolio yang ada serta memiliki sedikit penerbit juga dapat membantu kamu berkonsentrasi.

Gabungkan seluruh langkah-langkah yang telah disebutkan tadi ketika kamu mengambil keputusan pada saat ingin bermain pasar saham. Hal yang jangan dilupakan juga ialah pertimbangkan lima sampai delapan stok terbaik yang mungkin dianggap paling tahan lama, dan dengan hal tersebut dapat menjadikan kamu untuk bisa lebih fokus dalam mengawasi inventaris kamu.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs.

Download Aplikasi Transfez di Android
Download Aplikasi Transfez di iOs

Penutup

Itulah beberapa pembahasan mengenai Bearish yang mungkin kamu perlu ketahui. Mulai dari pengertian, tkamu atau indikator dan juga cara menyikapinya. Semoga dengan pembahasan ini kamu dapat mengambil manfaatnya dan menjadikan ilmu yang berguna bagi diri kamu sendiri.

Instagram