Fungsi Nomor Kartu Debit untuk Menjaga Keamanan Informasi Nasabah

Kartu debit yang dikenal dengan kartu ATM merupakan jenis dari kartu yang dapat digunakan untuk melakukan transaksi perbankan. Nomor kartu debit yang dimiliki oleh setiap orang tentunya tidak akan sama dengan jumlah 16 digit.

Baca Juga Artikel Cara Transfer dan Top Up Lainnya dari Transfez

Cara Transfer Uang Dari DANA Ke Bank
Cara Transfer Uang Lewat Indomaret
Cara Transfer Uang Lewat Alfamart
Cara Transfer Uang Melalui HP
Cara Bayar Shopee di Indomaret
Cara Top Up Dana Lewat BCA
Cara Menonaktifkan Shopee Paylater

Kartu debit mempunyai fungsi untuk transaksi pembayaran ataupun menarik uang tunai dengan sangat mudah melalui mesin ATM. Maka penting sekali untuk kartu debit mempunyai kelengkapan fitur yang digunakan menjaga keamanan dalam transaksi bagi nasabah.

Fungsi Bagian Kartu Debit

Fungsi Nomor Kartu Debit untuk Menjaga Keamanan Informasi Nasabah

Nomor kartu debit memang bukan menjadi satu-satunya sistem keamanan pada kartu ATM. Inilah beberapa fungsi yang dapat diketahui pada setiap bagian pada kartu debit:

1. Nomor Pada Kartu Debit di Bagian Depan

Nomor kartu terdiri atas 16 digit angka yang terletak di bagian depan dan mempunyai fungsi sebagai penunjuk identitas dari kartu tersebut. Pada setiap digit angkanya mempunyai artian sendiri, berikut penjelasannya:

• Apabila digit pertama dengan angka 4 maka artinya kartu menggunakan jaringan Visa
• Apabila digit pertama dengan angka 5 maka artinya kartu menggunakan jaringan MasterCard
• 5 digit sesudah angka pertama sebagai penunjuk identitas bank penerbit pada kartu tersebut
• Sementara untuk 9 digit lain sebagai identitas dari pemilik kartu.

2. Tanggal Masa Berlaku

Pada setiap kartu debit mempunyai masa kadaluwarsa dan biasanya tanggal tersebut di bagian depan kartu. Sebelum masa berlaku dari kartu tersebut habis maka sebaiknya pengguna segera pergi ke bank untuk melakukan penggantian kartu ATM tersebut.

Apabila ingin mengganti kartu ATM 3 bulan dan masa kadaluwarsanya belum berakhir maka akan dikenakan biaya penggantian. Akan tetapi, apabila terlambat untuk mengganti kartu maka tidak bisa menggunakannya untuk melakukan transaksi apapun.

3. Chip Pintar di Bagian Atas Nomor Kartu Debit

Selain tersedia nomor kartu pada ATM juga tersedia chip pintar yang harus dijaga keamanannya dalam melakukan transaksi. Pada chip tersebut menyimpan semua informasi tentang akun rekening pemilik yang harus dijaga keamanan dan kerahasiaannya.

Chip pintar berfungsi untuk menghindari adanya tindak kejahatan khususnya pada skimming. Modus dengan skimming sebagai tindak kejahatan pelaku yang memanfaatkan kartu dalam menggunakan teknologi magnetic stripe.

4. Magnetic Stripe

Meskipun teknologinya sudah mulai ditinggalkan namun masih terdapat beberapa kartu debit yang menggunakan teknologi lama ini. Magnetic Stripe sendiri merupakan bagian kartu debit berupa pita hitam dan di dalamnya menyimpan informasi nasabah berupa nama, nomor kartu debit, tanggal kadaluwarsa dan lainnya. Apabila kartu debit pengguna menggunakan magnetic stripe maka segera menggantinya di kantor bank terkait.

5. Watermark

Hampir semua jenis kartu debit telah dilengkapi dengan adanya watermark logo dari penyedia jaringan kartu. Bagi pengguna yang ingin melihat watermark membutuhkan bantuan dari sinar ultraviolet.

Kartu debit menggunakan jaringan visa dan biasanya ada watermark dengan huruf V. Sedangkan kartu yang telah menggunakan jaringan MasterCard ada huruf M dan C.

6. Hologram di Bagian Atas Nomor Kartu Debit

Setiap kartu debit atau kartu ATM terdapat hologram yang sangat penting untuk dijaga keamanan ketika melakukan transaksi keuangan. Hologram tersebut membuat pedagang ataupun pihak toko bisa mengetahui kartu untuk transaksi tersebut asli ataupun palsu.

7. Kode CVV atau CVC di Belakang Kartu Debit

Apabila melihat belakang kartu debit akan mengetahui 3 digit angka sebagai kode CVV ataupun CVC. Keduanya tersebut mempunyai fungsi yang sama yakni untuk konfirmasi atas transaksi yang telah dilakukan oleh pengguna.

Terdapat perbedaan bahwa CVV ini hanya digunakan oleh kartu dengan menggunakan jaringan Visa, sedangkan CVC digunakan kartu jaringan MasterCard. Maka penting sekali untuk menjaga keamanan dan kerahasiaan 3 digit angka guna memberikan perlindungan atas upaya tindak kejahatan penipuan.

Lihat Juga Video Cara Mudah Transfer Uang Ke Luar Negeri

Cara Menggunakan Kartu Debit

Dalam menggunakan kartu debit untuk melakukan transaksi pembayaran hanya perlu menekan PIN ataupun Personal Identifications Number di toko ataupun pusat perbelanjaan. Dengan menekan tombol hijau serta pembayaran maka bisa langsung transfer menggunakan mesin EDC toko.

Inilah cara yang dapat dilakukan untuk menggunakan kartu debit dalam transaksi pembelian di toko secara offline:

1. Menggunakan PIN

Sudah dijelaskan di atas bahwa untuk melakukan pembayaran harus dengan menekan PIN. Pastikan sudah mengecek kembali nilai yang tercantum pada layar mesin EDC dan pastikan juga jumlah uang yang terpotong sesuai dengan struk belanja.

2. Menggunakan tanda tangan

Dalam melakukan pembayaran non tunai perlu untuk otorisasi selain menggunakan PIN yakni dengan tanda tangan. Meskipun tidak semua toko memberlakukan cara pembayaran ini, dalam hal ini kamu akan dimintai untuk tanda tangan struk yang telah dikeluarkan mesin EDC.

Akan tetapi, kamu pun juga harus tetap menekan PIN pada mesin EDC sebelum menandatangani struk tersebut. Cara yang satu ini lebih banyak karena harus tanda tangan terlebih dahulu.

Kegunaan Nomor Pada Kartu Kredit Hampir Sama dengan Kartu Debit

Nomor kartu debit tersedia dalam 16 digit angka yang mempunyai kegunaan berbeda. Untuk mengetahui lebih jelasnya, berikut inilah beberapa uraian kegunaan dari nomor yang ada pada kartu debit:

• Kombinasi dari algoritma yang telah terenkripsi menjadi identitas yang membuatnya sebagai perbedaan pada satu kartu dengan lainnya. Algoritma di kartu yang sudah terdaftar ini guna menghindari pemalsuan pada kartu debit
• Pembuatan identitas cukup unik serta tidak sama sebagai bentuk pengamanan dari adanya tindak pemalsuan serta kejahatan perbankan
• Deretan angkanya dibuat unik yang berfungsi untuk membantu dalam proses verifikasi keabsahan dari kartu debit dengan nasabah sebagai penggunanya
• Nomor yang tercantum pada kartu debit berisi informasi lengkap berupa identitas dari penerbit kartu, penggunaan mata uang, bank pemroses, dan sebagai identitas akun.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs. Download sekarang!

play store small
app store small

Demikianlah beberapa uraian penjabaran mengenai nomor kartu debit dalam bentuk kartu ATM untuk mendukung melakukan transaksi perbankan. Nomor yang tertera pada kartu debit mempunyai berbagai macam fungsi untuk menjaga keamanan dan kerahasiaan informasi pribadi.

Instagram