bank terbesar di dunia

Mengenal bank terbesar di dunia dengan melihat aset total yang dimilikinya. Bank yang ada di dunia ini sebenarnya sangat banyak dengan pendapatan yang tidak sedikit.

Namun ternyata ada daftar bank yang menjadi terbesar di dunia yang perlu kamu ketahui. Berikut beberapa bank terbesar yang ada di dunia menurut aset milik.

Industrial and Commercial Bank of China

Bank terbesar kali ini jatuh pada ICBC yang menjadi salah satu dari 4 besar bank Kerajaan Surgawi Tiping serta mengandalkan adanya hampir 1/5 seluruh kegiatan perbankan yang ada di China. ICBC mempunyai aset total mencapai $4.913 miliar dengan total kapasitasnya pasar hingga $231 miliar.

Bank ICBC sudah berdiri sejak lama dari tahun 1984 dan sekarang ini mempunyai karyawan dengan jumlah 450.000 lebih karyawan. ICBC mempunyai kantor pusat yang berada di Peking dan terdapat 70 persen saham bank milik pemerintah.

Agricultural Bank of China atau ABoC

Bank yang berada di China ini sudah berdiri sejak tahun 1951 oleh Mao zedong guna membantu para petani kolektif serta petani biasa hingga para pekerja. Sekarang ini bank bercokol bersama perusahaan keuangan serta komersial yang ada di China bahkan seluruh dunia.

Kantor pusat dari bank berada di Peking serta mempunyai 2.400 repersentatif di China itu sendiri sampai luar negeri. ABoC memiliki aset total mencapai $4.008 miliar lebih serta kapitalisasi pasarnya sebesar $133 miliar.

China Construction Bank Corporation, Salah Satu Bank Terbesar di Dunia

Bank ini berada pada posisi ketiga dalam peringkatan ini dan berada pada peringkat kedua dari China menurut ukuran yang telah didirikan tahun 1945 dan sering disebut dengan CCB. Bank mempunyai aset total sebanyak $3.652 miliar dengan total kapasitasnya pasar mencapai $211 miliar lebih.

Pada mulanya, CCB merupakan bank yang diciptakan guna melakukan pertukaran pada pemerintah dan dilakukan pengembangan secara ulang sebagai bank komersial. Perusahaan mempunyai 14.000 lebih cabang yang ada di seluruh dengan karyawannya mencapai 372.00 karyawan.

Bank of China ltd

Bank yang merupakan salah satu kategori tertua dan diklaim sangat handal di China. Bank of China telah berdiri pada tahun 1912 serta masih memimpin sektor perbankan nasional.

Saham dengan jumlah 70 persen masih milik pemerintah China dan mempunyai kantor yang berada di 20 negara. Aset total yang dimiliki oleh Bank of China yakni sebesar $3.627 miliar dengan kapasitas pasar hingga $108 miliar.

Baca Juga Cara Kirim Uang dengan Mudah ke Berbagai Negara

Cara Kirim Uang ke United Kingdom
Cara Kirim Uang ke Rusia
Cara Kirim Uang ke Jerman
Cara Kirim Uang ke Belanda
Cara Kirim Uang ke Prancis
Cara Kirim Uang ke Spanyol
Cara Kirim Uang ke Amerika Serikat
Cara Kirim Uang ke Singapura
Cara Kirim Uang ke Cina

Mitsubishi UFJ Financial Group

Salah satu bank yang merupakan perusahaan induk Jepang mempunyai aset total mencapai $3.354 triliun. Sehingga tidak heran lagi sebagai bank terbesar di dunia dan terbaik di Jepang.

Selain itu jaringan departemen MUFG terbesar yang ada di seluruh dunia dan memungkinkan MUFG dapat beroperasi di 40 negara berbeda. Perusahaan telah berdiri pada tahun 2005 dari penggabungan dua bank besar yang ada di Jepang dan kantor pusatnya berada di Osaka.

JP Morgan Chase

Salah satu bank yang paling terkenal dan keberadaannya sangat populer di Amerika Serikat. Perusahaan telah didirikan pada tahun 2000 hasil dari penggabungan dari banyak bank besar.

JPMorgan Chase memiliki kantor pusat yang berada di Manhattan, New York City dan menjadi perusahaan investasi terbaik di dunia. Aset total yang dimilikinya mencapai $3.246 miliar dengan kapasitas pasar hingga $423 miliar lebih dan membuatnya menjadi bank termahal di dunia.

HSBC Holdings plc Bank Terbesar di Dunia

Bank HSBC London menjadi salah satu bank terbesar yang ada di Eropa. Sampai sekarang ini bank mempunyai aset hingga $2.956 triliun.

Pada awalnya tujuan dari berdirinya bank guna pertukaran antara pihak Eropa dan China dan bank masih tetap penting dalam melakukan kegiatan tersebut. HSBC mempunyai 10 lebih anak perusahaan yang mampu melaksanakan semua operasinya pada sektor ini.

BNP Paribas

Bank ini berdiri pada tahun 1999 dan menjadi peringkat fiskal, asuransi hingga perbankan. Bank terbesar di dunia dari segi aset totalnya ini mempunyai representatif di dunia.

Kantor pusat dari BNP Paribas berada di Jenewa, Paris dan juga London. BNP Paribas memiliki aset total hingga $2.946 miliar dan kapasitas pasarnya mencapai $68 miliar.

Bank of America atau BoA

Bank of America merupakan salah satu bank terbesar nomor dua di Amerika Serikat. Bank mempunyai rentang layanan fiskal yang mana luasnya di Amerika Serikat hingga luar negeri.

Bank ini mempunyai kantor pusat yang letaknya di Charlotte City, North Carolina. Dari neraca keuangan BoA tercatat mempunyai aset total hingga $2.738 miliar dengan kapasitas pasar hingga $286 miliar.

Credit Agricole

Bank yang telah menutup daftar sebagi TOP 10 bank terbesar di dunia yakni Credit Agricole. Neraca keuangan yang dimilikinya telah tercatat dengan angka $2.386 miliar.

Bank ini merupakan salah satu perusahaan terbesar yang ada di Prancis. Bank juga telah berhasil dalam mengendalikan sebagian dari besarnya sektor perbankan di negara itu.

Japan Post Holdings Co. Ltd atau JPHLF

Revenue atau pendapatan yang berasal dari JPHLF ini sebanyak $112.3 miliar dan menjadikan bank Jepang berada di posisi ketiga. Japan Post Holdings Co. Ltd. menjalankan operasinya di bidang perbankan.

Namun tidak hanya itu saja, JPHLF juga bergerak di bidang asuransi jiwa, logistik hingga bisnis lain. Perusahaan juga terkenal dengan cabangnya yang ikut terlibat dalam proses pengiriman surat serta manajemen kantor pos yang berada di Jepang.

Demikianlah beberapa daftar dari bank terbesar di dunia yang dapat kamu ketahui sebagai pengetahuan tambahan. Bank terbesar yang ada di dunia di dominasi oleh negara China dengan banyaknya kegiatan perbankan dari saham milik pemerintah China.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs. Download sekarang!

play store small
app store small

Instagram