Konglomerat Bank Swasta di Indonesia

Ngomongin soal banking, siapakah konglomerat bank swasta terkaya di Indonesia? Konglomerat di Indonesia beberapa diantaranya yaitu merupakan pemilik dari bank swasta di Indonesia. Bahkan beberapa nama mereka tertulis di Forbes Real Time Billionaires yang berada di posisi pertama dan kedua orang terkaya di Indonesia.

Salah satunya pemilik PT Bank Central Asia Tbk yaitu Hartono bersaudara yang berada di peringkat pertama dan kedua yang posisinya hampir selalu bertahan. Selain pemilik PT Bank Central Asia TBk, komisaris Utama PT Bank Jago Tbk yaitu Jerry Ng namanya masuk ke dalam daftar orang terkaya di Indonesia yang memiliki bank.

Konglomerat Bank Swasta di Indonesia

Nah buat kamu yang penasaran dengan para konglomerat bank swasta ini. Yuk simak biografi singkat mereka dibawah ini!

1. Hartono Bersaudara

Hartono Bersaudara
Hartono Bersaudara

Hartomo bersaudara yang merupakan R. Budi Hartono dan Michael Hartono memiliki kekayaan masing-masing yang jumlahnya sangat banyak. R Budi Hartono memiliki kekayaan sebesar Rp 261 T, dan Michael hartono memiliki kekuasaan sekitar Rp 250,85 T.

Kekayaan mereka berasal dari kepemilikan Bank BCA dengan kepemilikan saham 54,94% melalui PT Dwimuria Investama Andalan. R Budi Hartono dan Michael Hartono merupakan pemilik saham utama pada Dwimuria Investama Andalan, yang artinya mereka adalah pengendali terakhir BCA.

Kekayaan lainnya berasal dari komposis saham masyarakat yang 2,49%nya dimiliki oleh pihak yang terafiliasi dengan Dwimuria Investama Andalan, dan Anthoni Salim memiliki saham sebesar 1,76%.

2. Jerry Ng

Jerry Ng
Jerry Ng

Konglomerat bank swasta selanjutnya yaitu Jerry Ng yang memiliki kekayaan sebesar Rp. 66,70 T bahkan ia masuk peringkat 5 pada Forbes Real Time Billionaires. Kekayaannya berasal dari saham Bank Jago yang dikendalikan dari PT Metamorfosis Ekosistem Indonesia dengan kepemilikan 29,80%, selain itu ia juga merupakan Komisaris Utama Bank Jago.

3. Chairul Tanjung

Chairul Tanjung
Chairul Tanjung

Chairul Tanjung terkenal dari bukunya yang berjudul Anak Singkong. Ia merupakan konglomerat bank swasta yang memiliki banyak usaha lainnya yang tergabung pada CT Corp. Chairul Tanjung memiliki kekayaan hingga Rp 58 T dan masuk pada peringkat 6 sebagai orang terkaya di Indonesia.

Bisnis yang Chairul Tanjung jalankan banyak jenisnya mulai dari ritel, makanan, minum, media, dan finansial, serta keuangan. Chairul Tanjung merupakan pemilik dari PT Bank Mega yang berhasil mengakuisisi PT Bank Harga Internasional, kemudian diubah menjadi PT Allo Bank Indonesia.

Selain itu kekayaan lainnya dari konglomerat bank swasta ini adalah Bank Mega belakangan ini telah membeli saham Bank Bengkulu.

4. Sri Dato Tahir

Sri Dato Tahir
Sri Dato Tahir

Sri Dato merupakan pemilik Grup Mayapada yang membawahi PT Bank Mayapada, ia memiliki kekayaan Rp. 4,3 T. Dengan kekayaan sebesar itu Tahir merupakan orang terkaya ke 8 di Indonesia dan orang terkaya di dunia pada posisi 957.

Sejak Maret 2014 Sri Dato Tahir menjabat sebagai komisaris Utama Bank Mayapada. Data ini didapatkan dari situs resmi perseroan.

5. Mochtar Riady

Mochtar Riady
Mochtar Riady

Konglomerat bank swasta berikutnya yaitu Mochtar Riady pemilik sekaligus pendiri Lippo Group yang telah berhasil mengubah lanskap perbankan di Indonesia. Banyak bank besar yang telah ia bangun seperti Bank Panin, BCA, Bank Buam dan Lippo Bank.

Roady memiliki kekayaan sebanyak Rp. 30,45 T yang membuatnya berada pada peringkat 10 orang terkaya di Indonesia. Lippo Group sendiri bergerak pada sektor beberapa sektor yaitu ritel, real estate, layanan kesehatan, media, finansial, pendidikan, dan lainnya, dan saat ini Lippo Group membawahi PT Bank Nationalnobu Tbk.

6. Hary Tanoesodibjo

Hary Tanoesodibjo
Hary Tanoesodibjo

Konglomerat bank swasta selanjutnya adalah pemilik dari PT Bank MNC Internasional yang merupakan satu bendera dengan MNC Group. Sosok ini adalah Hary Tanoesoedibjo yang memiliki kekayaan hingga 15,95T yang masuk kedalam orang terkaya di Indonesia urutan 20.

MNC group memiliki banyak investasi pada sektor media, layanan, keuangan, hiburan. E-commerce, dan kini sedang terus bertransformasi ke dalam digital untuk semakin mengembangkan ekosistem MNC Group.

7. Eka Tjipta Widjaja

Eka Tjipta Widjaja
Eka Tjipta Widjaja

Eka Tjipta merupakan salah satu konglomerat di Indonesia yang memiliki bank Sinarmas. Bank Sinarmas sendiri merupakan kepemilikan dari keluarga Widjaja yang terkenal akan konglomeratnya.

Aset total dari Bank sinarmas yaitu Rp. 47,93 T yang dihitung per 31 Maret 2021 lalu. Sedangkan kekayaan dari Eka Tjipta Widjaja sebesar RP 171,32 T.
Kekayaan yang dimiliki oleh Eka Tjipta bukan hanya berasal dari bank Sinarmas saja tapi juga berasal dari usaha lainnya salah satunnya adalah kelapa sawit, dimana kelapa sawit mereka memiliki lahan yang sangat besar di beberapa daerah di Indonesia.

8. Tomy Winata

Tomy Winata
Tomy Winata

Tomy Winata merupakan pemilik dari Grup Artha Graha, yang perusahaan induknya menaungi banyak perusahaan besar, salah satunya adalah Bank Artha Graha. Tomy Winata lebih dikenal pengusaha pemilik kawasan bisnis elit di SCBD Jakarta Selatan.

Lihat Juga Video Cara Mudah Kirim Uang Ke Luar Negeri

9. Mukmin Ali

Mukmin Ali
Mukmin Ali

Mukin Ali Gunawan mulai terjun ke industri perbankan di Indonesia sejak 1966. Ia merupakan konglomerat bank swasta Indonesia sebagai pemilik dari Bank Panin.

Pada 17 Agustus 1971 Mukmin Ali Gunawan mendirikan Bank Panin atau yang nama aslinya adalah PT Pan Indonesia Bank. Mu’min Ali Gunawan beberapa kali berhasil masuk ke dalam deretan orang kaya di Indonesia.

10. Putera Sampoerna

Putra Sampurna
Putra Sampurna

Putera Sampoerna merupakan konglomerat bank swasta Indonesia yang membuatnya masuk sebagai orang terkaya di Indonesia urutan ke 13. Ia melepaskan harta kekayaannya dengan melepas saham mayoritasnya di perusahaan rokok Sampoerna ke Philip Morris.

Oleh karenanya kini Putera lebih berfokus pada bisnis investasinya pada Sampoerna Strategic. Sekarang bisnis yang dimiliki Putera sangat luas mulai dari perkebunan sawit, kayu, keuangan, properti, telekomunikasi, dan perbankan. Kini ia merupakan pemilik dari Bank Sahabat Sampoerna atau lebih dikenal Bank Sampoerna.

11. Anthony Salim

Anthony SalimAnthony Salim
Anthony Salim

Anthony Salim terkenal karena pemilik dari Indofood yang merajai pasar mie. Dari usahanya tersebut ia menduduki peringkat 4 sebagai orang terkaya di Indonesia dengan kekayaan sebesar $5,9 miliar.

Bisnis yang dimiliki Anthony Salim sangat banyak mulai dari waralaba KFC, Indomaret, Sari Roti, hingga menguasai saham PT bank Ina Perdana di bawah afiliasi PT Indolife Pensiontama.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs. Download sekarang!

play store small
app store small

Nah, sekarang kamu sudah tahukan 11 orang konglomerat bank swasta di Indonesia. Siapkah kamu menjadi penerus mereka di masa yang akan datang? Semangat untuk kita semua!

Instagram