Cara Membuat Surat Keterangan Hak Waris yang Sah

Bagaimana cara membuat surat keterangan hak waris? Pembagian warisan adalah hal yang paling sensitif di dunia ini. Oleh karenanya untuk menghindari perselisihan dalam pembagian warisan wajib dibuat surat keterangan waris mulai dari sekarang ketika kamu masih sehat.

Perselisihan karena pembagian warisan ini dapat berdampak sangat buruk sekali hingga terpecahnya hubungan persaudaraan.

Oleh karenanya untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan perlu adanya dokumen yang sah yang menyatakan bahwa orang tersebut adalah ahli waris yang sah berdasarkan hukum yang berlaku. Dokumen tersebut disebut dengan surat keterangan hak waris (SMHW).

Kamu pasti masih bingung bagaimana cara yang benar untuk membuat Surat keterangan hak waris. Silahkan simak pembahasan dibawah ini tentang cara membuat surat keterangan hak waris yang benar dan sah.

Pengertian Surat Keterangan Hak Waris

Cara Membuat Surat Keterangan Hak Waris yang Sah

Sebelum membahas lebih jauh tentang pembuatan surat keterangan hak waris. Kamu harus lebih dulu membahadi pengertian dari surat keterangan hak waris.

Surat Keterangan Hak Waris merupakan akta otentik yang dikeluarkan oleh pejabat yang berhak atau berwenang. Pejabat yang berwenang tersebut adalah Balai Harta Peninggalan (BHP) dan Notaris.

Lihat Juga Video Cara Mudah Kirim Uang Ke Luar Negeri

Isi dari Surat Keterangan Hak Waris yaitu menerangkan tentang keadaan meninggal dunia, harta peninggalan, ahli waris, serta menerangkan hak bagian pada setiap pewaris. Dengan kata lain, surat keterangan hak waris merupakan syarat sah untuk mendapatkan warisan.

Umumnya surat keterangan hak waris ini dibuat unutk menunjuk ahli waris yang sah dan sebagai salah satu persyarat administartif tentang urusan pewarisan. Sedangkan tujuan lain dari surat keterangan hak waris yaitu unutk menghindari kesalahan kewenangan yang dilakukan kemudian hari.

Misalnya seperti perubahan nama pada dokumen penting seperti pada sertifikat tanah diman ahli waris yang sah tidak mengetahuinya. Atau mencairkan rekening tanpa kesepakatan dan sepengetahun ahli waris yang sah.

Surat Keterangan Hak Waris dalam prakteknya dilaksanakan menjadi dua jenis:

1. Surat Keternagna Hak Waris untuk WNI

2. Surat Keterangan Hak Waris Untuk WNA, surat keterangan hak waris ini diperlukan ketika ahli waris memiliki keterkaitan atau bubungan dengan warga negara asing.

Syarat-syarat Dalam Pembuatan Surat Keterangan Hak Waris

Dalam pembuatan surat keterangan hak waris dibutuhkan beberapa persyaratan yang wajib dipenuhi. Dilihat dari fungsi dan tujuannya sebagai syarat sah dalam penerimaan harta warisan, persyaratan dalam pembuatan surat keterangan hak waris sangatlah penting.

Berikut dibawah ini adalah beberapa persyaratan yang wajib dipenuhi ketika membuat Surat Keterangan Hak Waris, yaitu:

1. Surat permohonan 7 rangkap
2. FC KTP ahli waris, menggunakan kertas a4
3. FC Buku nikah pewaris menggunakan kertas A4
4. FC KK pewaris menggunakan A4
5. Surat pengantar dari kelurahan
6. Surat keterangan kematian dari kelurahan
7. Keterangan silsilah keluarga ahli waris dari kelurahan

Apabila kamu memiliki surat warisan yang sebelumnya sudah dibuat serta ditandatangani oleh pewaris sebelumnya. Maka bisa dijadikan pelengkap dokumen dalam mengajukan permohonan surat keterangan hak waris.

Surat warisan merupakan salah satu bukti bahwa orang tersebut atau kamu merupakan ahli waris sah baik di mata hukum, dan sesuai keinginan pewaris.

Cara-cara Membuat Surat Keterangan Hak Waris

Setelah kamu sudah berhasil mengumpulkan seluruh persyaratan dokumen pembuatan surat keterangan hak waris. Selanjutnya kamu harus melakukan beberapa cara dibawah ini untuk menyelesaikan proses pembuatan surat keterangan hak waris tersebut.

Berikut dibawah ini adalah cara-cara membuat surat keterangan hak waris:

– Datang ke RT atau RW di lingkungan kamu dan membuat seluruh dokumen persyaratan
– Minta surat keterangan dari RT atau RW
– Kemudian membuat surat keterangan hak waris bermaterai yang ditambahkan tantangan oleh seluruh ahli waris yang disaksikan RT atau RW sebagai saksi.
– Datang ke bagian pelayanan umum di kelurahan untuk mengajukan permohonan surat keterangan hak waris
– Setelah surat keterangan hak waris selesai pada tingkat kelurahan. Kemudian kami lanjutkan ke pengadilan agama atau pengadilan negeri untuk mengajukan fatwa waris

Dalam mengajukan fatwa waris di pengadilan agama tau pengadilan negeri pastikan seluruh persyaratan sudah diserahkan, dan sudah diberikan materai pada surat keterangan warisnya. Biasanya memerlukan waktu sampai enam bulan untuk pengurusan fatwa waris dan memerlukan biaya administrasi sebesar 150 ribu.

Biaya administrasi yang dibebankan tersebut tertuang dalam UU Peradilan Agama pada Pasal 90 ayat 1.

Cara Mengurus Surat Keterangan Hak Waris untuk WNA

Seperti yang sudah dibahas pada bagian atas, bahwa surat keterangan hak waris bukan hanya untuk Warga Negara Indonesia saja, tetapi WNA pun berhak mengajukan permohonan tersebut.

Dalam melakukan permohonan surat keterangan hak waris untuk orang tua atau pewaris yang berasal dari WNA cara-caranya berbeda dengan persyaratan yang diberlakukan pada WNI.

Berikut dibawah ini adalah cara-cara membuat surat keterangan hak waris untuk WNA, yaitu:

1. WNI Keturunan Tinonghoa dan Eropa

Pengurusan surat keterangan hak waris bisa dilakukan melalui notaris yang sebelumnya sudah dilakukan pengecekan pada data wasiat di Kementerian Hukum dan HAM, atau bisa dilakukan dengan cara mengeceknya dari situs resmi Kementrian Hukum dan HAM.

2. WNI keturunan Timur

Sedangkan untuk WNI keturunan Timur seperti dari negara Arab dan India bisa mengurus surat keterangan hak warisnya di Balai Harta Peninggalan di kota tempat tinggal mereka.

Untuk mendapatkan penetapan ahli waris yang sah. Para WNI keturunan tersebut harus melalui banyak prosedur seperti pengajuan Surat Permohonan Penetapan Ahli Waris ke pengadilan. Catatan lainnya bagi seluruh WNI keturunan yang Beragama Islam dapat melakukan pengajuan permohonan surat keterangan hak warisnya di pengadilan agama.

Sedangkan bagi para WNI keturunan non-muslim bisa mengajukan permohonan surat keterangan hak warisnya di pengadilan negeri setempat.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs. Download sekarang!

play store small
app store small

Demikianlah informasi cara membuat surat keterangan hak waris, mulai dari pengertiannya hingga cara-cara pengajuannya untuk WNI dan WNI keturunan.