cara gadai bpkb

Alternatif cara untuk bisa mendapatkan pinjaman kredit dengan menggadaikan apa yang dimiliki sebagai aset berharga, salah satunya motor. Cara gadai BPKB motor di pegadaian harus dengan kelengkapan syarat agar bisa disetujui.

Pegadaian merupakan salah satu lembaga keuangan secara resmi yang mana statusnya aadalah BUMN dan memberikan penyaluran dana ataupun pembiayaan kepada masyarakat dengan dasar hukum yang ada di Indonesia. Karena pegadaian dibuat secara langsung oleh pemerintah maka tidak perlu meragukan lagi kredibilitas yang ada dan akan menghindarkan kamu dari kerugian atau bahkan penipuan.

Persyaratan Gadai BPKB Motor di Pegadaian

Sebelum kamu mengetahui bagaimana cara gadai BPKB motor di Pegadaian maka penting sekali untuk memenuhi persyaratan terlebih dahulu. Berikut inilah beberapa persyaratan yang dibutuhkan oleh pegadaian untuk masyarakat yang ingin gadai BPKB Motor dalam mengajukan pinjaman dana:

  • Sebagai warna negara Indonesia
  • Usinya 21 tahun sampai 60 tahun
  • Sudah bekerja minimal 1 tahun
  • Membawa dokumen pelengkapnya
  • Fotokopi KTP dan asli
  • Fotokopi KK dan asli
  • Fotokopi STNK dan asli
  • Fotokopi BPKB motor dan asli

Syarat Gadai BPKB Motor Pinjaman Fidusia

Sementara itu inilah syarat dokumen yang harus dilengkapi dalam bentuk fotokopi dan asli untuk pinjaman sistem fidusia:

  • KTP
  • KK
  • Surat keterangan usaha
  • BPKB
  • STNK
  • Surat nikah
  • Faktur pembelian

Baca Juga Cara Kirim Uang dengan Mudah ke Berbagai Negara

Cara Kirim Uang ke United Kingdom
Cara Kirim Uang ke Rusia
Cara Kirim Uang ke Jerman
Cara Kirim Uang ke Belanda
Cara Kirim Uang ke Prancis
Cara Kirim Uang ke Spanyol
Cara Kirim Uang ke Amerika Serikat
Cara Kirim Uang ke Singapura
Cara Kirim Uang ke Cina

Sistem Gadai pada Cara Gadai BPKB Motor di Pegadaian

Sistem gadai sebagai sistem untuk pemberian pinjaman kredit ataupun jenis pinjaman dengan cara menyerahkan barang dengan adanya jaminan asli yakni BPKB dan juga STNK serta wujud fisiknya motor. Sementara untuk pembiayaan menggunakan sistem gadai sifatnya umum dan berlaku bagi semua masyarakat.

Prosesnya sangat mudah dan tidak akan memakan waktu yang cukup lama sampai mencairkan dana tersebut. Inilah cara untuk gadai BPKB motor di pegadaian:

Membawa persyaratan yang dibutuhkan

Datanglah ke kantor pegadaian dan membawa dokumen pelengkapnya yang menjadi syarat utama yakni KK, KTP, STNK, BPKB dan kendaraan yang akan dijadikan sebagai bahan jaminan peminjaman. Kendaraan tersebut harus milik sendiri jika ingin dijaminkan ke pegadaian.

Apabila ada ketidak sesuaian atas nama STNK dan BPKB di KTP pihak yang mengajukan peminjaman maka tidak dapat diproses oleh pegadaian. Selain itu juga motor tetap dapat digadai meskipun mempunyai pajak mati namun prosesnya nanti akan cukup sulit dan lebih lama.

Mengisikan formulir di pegadaian

Cara gadai BPKB motor di pegadaian dengan mengisikan formulir terlebih dahulu yang telah tersedia di kantor pegadaian. Pengisian formulir untuk melakukan pengajuan pinjaman di pegadaian dengan kelengkapan persyaratan dokumen tersebut.

Setelahnya kamu dapat memberikan BPKB dan juga STNK yang asli pada pihak petugas yang menaksir nilai jual jaminan tersebut. Kamu juga perlu memperlihatkan wujud fisik dari motor yang akan kamu jaminannya suratnya pada pegadaian.

Menaksir nilai dari kendaraan

Di pegadaian akan ada petugas yang akan menaksir nilai dari kendaraan kamu. Hasil atas taksiran maksimalnya barang bisa menjadi plafon pinjaman yang nantinya akan disampaikan pada pihak nasabah.

Apabila nasabah telah menyetujui nilai dari plafon pinjaman yang sudah diinformasikan tersebut. Maka dengan begitu petugas akan melakukan proses lebih lanjut atas permohonan pinjaman nasabahnya.

Membuat surat bukti kredit

Petugas pegadaian akan membuatkan surat bukti kredit yang mana akan memakan proses pembuatan sampai 15 menit. Setelahnya kamu akan dipanggil serta diberikan penjelasan atas batas jatuh tempo serta waktu pelelangan jaminan pengaju pinjaman.

Membayar biaya administrasi

Cara gadai BPKB motor di Pegadaian pada langkah terakhirnya dengan membayarkan biaya administrasi. Nasabah akan dimintai untuk tanda tangan pada SKB serta membayarkan biaya administrasinya kurang lebih 10 persen dari plafon peminjaman.

Sementara itu untuk biaya administrasi bisa dibayarkan langsung ataupun memotong plafon pinjaman. Dengan begitu nasabah dapat membawa pulang kembali STNK asli dan kendaraan, sementara meninggalkan BPKB di pegadaian sebagai bahan jaminan.

Cara Gadai BPKB di Pegadaian dengan Sistem Fidusia

Inilah beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk mengajukan pinjaman dengan menggunakan sistem fidusia:

Mengajukan pinjaman fidusia

Datang langsung ke kantor pegadaian untuk mengajukan pinjaman sistem fidusia. Kamu perlu juga membawa dokumen persyaratan yang dibutuhkan nantinya untuk pengajuan.

Dengan membawa dokumen lengkap maka akan jauh lebih mudah bagi kamu mengajukan peminjaman kredit menggunakan BPKB motor pada sistem fidusia. Selain itu proses untuk melakukan pencairan dana pun juga lebih mudah dilakukan dan tidak rumit karena dokumen persyaratan sudah lengkap.

Mengisikan formulir cara gadai BPKB motor di pegadaian

Mengisi formulir lalu berikan semua persyaratan dokumen pada petugas yang ada di tempat. Apabila syaratnya kamu sudah lengkap maka akan masuk pada tahap proses dengan waktu 3 hari.

Nasabahnya ini juga akan melalui pengecekan kriteria kelayakan yang dilakukan oleh pihak petugas pegadaian. Apabila telah memenuhi maka petugas akan menghubungi nasabahnya serta memberikan informasi pencairan dana pinjaman.

Mengajukan pinjaman

Dengan informasi yang sudah diberikan maka nasabah bisa datang kembali ke kantor pegadaian untuk mengajukan pinjaman serta membawa BPKB aslinya. Sebelum melakukan pencairan dana maka nasabah harus tanda tangan perjanjian atas pinjaman kredit dengan sistem fidusia serta menyerahkan BPKB aslinya untuk dijadikan sebagai jaminan.

Membayarkan biaya administrasi

Langkah terakhir yang harus dilakukan oleh nasabah yakni dengan membayarkan biaya administrasi dalam bentuk tunai ataupun dipotong dari plafon pinjaman tersebut. Apabila prosesnya sudah selesai maka nasabah akan mendapatkan dana pinjaman tunai serta kendaraan yang digadaikan tersebut masih tetap digunakan untuk kepentingan usaha.

Demikianlah beberapa uraian penjabaran mengenai cara gadai BPKB motor di pegadaian. Dengan mengikuti langkah yang tepat maka mudah bagi kamu untu segera diproses dan melakukan pencairan dana pinjaman.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs. Download sekarang!

play store small
app store small

Instagram