Bisnis Penitipan Hewan yang Mudah dan Perlengkapan yang Dibutuhkan

Bisnis penitipan hewan sekarang ini sudah marah dilakukan dan menjadi tren ketika musim liburan hingga lebaran. Dalam membuka bisnis untuk penitipan hewan peliharaan tentunya kamu juga harus memiliki bekal supaya bisa menjaga hewan peliharaan tersebut tetap aman dan sehat.

Bisnis yang satu ini memiliki peluang yang sangat luas dan besar mengingat belum banyak pebisnis yang berpikiran untuk menjalankan jasa penitipan hewan. Dengan adanya perencanaan yang matang tidak menutup kemungkinan kamu bisa memperoleh keuntungan yang besar hanya dengan menjalankan bisnis untuk menyediakan penitipan hewan peliharaan.

Bisnis Penitipan Hewan yang Mudah dan Perlengkapan yang Dibutuhkan

1. Cara Memulai Bisnis Penitipan Hewan

Dalam membuka sebuah bisnis untuk menyediakan jasa penitipan hewan tentunya terdapat cara yang harus dilakukan. Berikut ini beberapa cara yang perlu kamu perhatikan ketika ingin membuka bisnis jasa penitipan hewan peliharaan:

1. Mengurus Legalitas Badan Hukum

Proses untuk memulai jasa penitipan hewan tentunya tidak bisa dilakukan begitu saja. Hal ini dikarenakan kamu juga harus melakukan pengurusan legalitas serta jenis struktur bisnis yang nantinya akan dijalankan.

Adanya jenis struktur bisnis ini bisa meliputi kepemilikan secara tunggal, kemitraan, perseroan terbatas, korporasi ataupun CV. Adanya legalitas ini bertujuan untuk memberikan perlindungan pada bisnis yang dijalankan dari adanya gugatan ataupun konflik yang berhubungan dengan hak cipta, merk atau yang lainnya.

2. Membuat Perencanaan Dalam Bisnis

Ketika memulai bisnis penitipan hewan maka sebaiknya kamu membuat perencanaan bisnis terlebih dahulu. Adanya perencanaan bisnis ini akan membantu kamu dalam membuat pemetaan secara spesifik terkait peluang bisnis yang dijalankan.

Hal ini mulai dari biaya awal, biaya berkelanjutan, target sasaran pasar sampai pemberian nama pada bisnis jasa penitipan hewan yang akan kamu kelola. Dengan perencanaan yang matang tentunya memberikan kemudahan dalam menjalankan bisnis sesuai harapan.

3. Mendaftarkan Pajak

Cara untuk memulai bisnis jasa penitipan hewan tidak hanya mengurus legalitas saja namun juga kamu wajib mendaftarkan pajak. Hal ini dikarenakan meskipun hanya sebagai jasa penitipan hewan peliharaan akan tetapi bisnis yang satu ini tetaplah bisnis sehingga harus didaftarkan pada kantor pajak.

Lihat Juga Video Mudahnya Kirim Uang dengan Transfez ke Lebih dari 50 Negara

Lihat Juga Video Mudahnya Menggunakan Aplikasi Transfez Singapura

4. Menyediakan Rekening Bisnis

Cara menjalankan bisnis jasa penitipan hewan peliharaan tentunya harus melakukan manajemen yang baik dan struktur khususnya pada manajemen keuangan. Supaya manajemen keuangan pribadi dan bisnis tidak tercampur menjadi satu sebaiknya kamu membuka rekening bisnis tersendiri untuk melakukan pengelolaan manajemen keuangan pada bisnis yang dijalankan.

Selain cara yang satu ini membuat uang kamu tidak tercampur, kamu juga bisa mengetahui pemasukan serta pengeluaran yang dilakukan. Dengan demikian akan terlihat secara jelas transaksi yang dilakukan selama menjalankan bisnis jasa penitipan hewan peliharaan.

5. Mengurus Izin dan Lisensi

Bisnis penitipan hewan banyak yang tutup karena tidak memiliki izin dan lisensi. Dengan demikian kamu harus mengurus izin dan lisensi terlebih dahulu supaya bisnis yang akan dijalankan bisa beroperasi dan tidak berpotensi dilakukan penutupan oleh pihak yang berwenang.

6. Menyiapkan Akuntansi Bisnis

Dalam hal ini akuntansi bisnis memiliki peranan yang sangat penting dalam melakukan pencatatan pengeluaran dan sumber pendapatan dari bisnis jasa penitipan hewan peliharaan. Hari ini bertujuan guna memahami sistem kinerja keuangan bisnis untuk jasa penitipan hewan yang kamu jalankan.

7. Menggunakan Asuransi Bisnis

Dalam memulai bisnis penitipan hewan peliharaan kamu bisa menggunakan asuransi bisnis guna mengantisipasi adanya kejadian yang tidak terduga. Asuransi bisnis ini memiliki peranan penting untuk melindungi kesejahteraan secara finansial dari bisnis yang saat ini kamu jalankan.

Baca Juga Artikel Tentang Bisnis Lainnya dari Transfez

Bisnis Jasa Desain Grafis
Bisnis Jasa Rias
Bisnis Jasa Rental Motor
Bisnis Jasa Daur Ulang

Terdapat beberapa macam asuransi bisnis yang dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan bisnis. Akan tetapi ketika kamu memutuskan untuk memilih asuransi bisnis sebaiknya mengenali terlebih dahulu adanya berbagai macam risiko asuransi yang ditawarkan.

8. Mendefinisikan Merek Bisnis Kamu

Pada sebuah bisnis yang akan dijalankan tentunya dari pemilik bisnis juga harus memahami nilai unit dari bisnis jasa penitipan hewan peliharaan yang akan dibuat. Silakan kamu mencari tahu terlebih dahulu apa saja yang membedakan jasa penitipan hewan milik kamu dengan penitipan hewan milik orang lain.

Apabila kamu sudah mempelajarinya silakan ketahui apa saja kelebihan dan kekurangan dari bisnis yang kamu jalankan. Dengan demikian kamu akan mengetahui keunggulan dari bisnis jasa penitipan hewan peliharaan yang unik dibandingkan dengan milik kompetitor.

2. Perlengkapan yang Dibutuhkan untuk Bisnis Penitipan Hewan

1. AC dan Exhaust Fan

Perlengkapan AC dan exhaust fan berfungsi untuk melancarkan sirkulasi udara pada tempat penitipan hewan supaya kondisinya tetap segar dan sehat. Dengan demikian pemilik bisnis akan membutuhkan modal yang lebih besar apabila menambahkan AC pada tempat penitipan hewan.

Namun jika ternyata dalam menjalankan bisnis ini mempunyai keterbatasan modal maka bisa memilih untuk menambahkan exhaust fan atau kipas angin. Sehingga tetap bisa membantu dalam menjaga kestabilan pada suhu ruangan.

2. Kandang

Jasa penitipan hewan peliharaan tentunya harus menyiapkan kandang dengan berbagai macam ukuran. Hal ini dikarenakan kamu tidak akan pernah tahu usia serta ukuran dari kucing yang nantinya akan dititipkan.

Selain itu juga kandang harus ditata dengan sedemikian rupa yang diperuntukkan pada kandang kucing kitten dan dewasa. Apabila kamu mempunyai keterbatasan pada tempat tentunya kamu bisa membuat kandang kucing dengan desain bertingkat.

3. Little Box

Menyediakan jasa penitipan hewan tentunya juga harus melengkapi leather box atau tempat buang air yang harus disediakan. Kamu bisa menyediakan leather box sesuai dengan jumlah dari kuota penitipan hewan peliharaan.

Dalam 1 liter box bisa dipastikan tidak digunakan untuk lebih dari satu kucing. Hal ini dikarenakan kita tidak pernah tahu adanya virus ataupun bakteri yang bisa menular antara kucing satu dengan yang lainnya.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs. Download sekarang!

google play store   350px appstore

Demikianlah beberapa uraian terkait penjabaran cara menjalankan bisnis penitipan hewan. Melalui bisnis yang satu ini memberikan peluang yang sangat luas dan menuntun kamu untuk mendapatkan keuntungan yang besar.