Tips untuk Memulai Bisnis Penitipan Anak yang Aman dan Nyaman

Bisnis penitipan anak sekarang ini marak dijalankan oleh kalangan masyarakat terlebih di kawasan perkotaan karena banyak orang tua yang sibuk untuk bekerja. Dengan demikian mereka akan menitipkan anaknya pada tempat penitipan yang dikenal dengan sebutan day care.

Baca Juga: Cara Mudah Bertransaksi Bisnis Menggunakan Aplikasi Transfez Bisnis

Day care ini memiliki banyak pilihan karena tidak hanya memfokuskan sebagai tempat penitipan anak namun juga sebagai tempat belajar bagi anak-anak tersebut. Bisnis yang satu ini sangat menjanjikan karena memiliki peluang yang besar sehingga berpotensi untuk mendapatkan penghasilan setiap hari.

Tips untuk Memulai Bisnis Penitipan Anak yang Aman dan Nyaman

Tips Membuka Bisnis Penitipan Anak

Dalam menjalankan bisnis day care tentunya harus memiliki persiapan yang matang dan pastikan kamu adalah orang yang sabar untuk menghadapi anak-anak. Berikut ini beberapa tips yang bisa kamu jalankan ketika ingin membuka bisnis tempat penitipan anak dan tempat belajar bagi anak:

1. Riset Pasar

Pada tahap awal yang harus kamu lakukan yaitu memulainya dengan melakukan riset pasar terlebih dahulu. Kamu harus memahami target yang sesungguhnya dan lokasi yang tepat untuk membuka daycare.

Apabila kamu sudah melakukan riset pasar maka akan jauh lebih mudah untuk menentukan beberapa hal yang dibutuhkan. Pertimbangan ini guna mengetahui besaran gaji orang tua untuk kemudahan dalam penentuan harga penitipan anak.

2. Menentukan Lokasi Day Care

Bisnis penitipan anak tentunya para orang tua akan mempertimbangkan lokasi yang tepat supaya bisa menjaga keamanan anak. Lokasi merupakan salah satu faktor penentu dalam menjalankan bisnis usaha day care supaya bisa berjalan dengan baik.

Lihat Juga Video Mudahnya Kirim Uang dengan Transfez ke Lebih dari 50 Negara

Lihat Juga Video Mudahnya Menggunakan Aplikasi Transfez Singapura

Dengan demikian kamu harus memilih lokasi yang tidak terlalu jauh dari jalan dan pastikan lokasi tersebut mempunyai akses yang mudah dijangkau.Pada penentuan lokasi sebaiknya kamu juga harus memastikan bahwa lokasi kegiatan daycare dalam kondisi bersih, baik, nyaman dan layak bagi anak-anak.

3. Memilih Pengasuh yang Kompeten

Ketika menjalankan bisnis tempat penitipan anak tentunya kamu tidak bisa melakukannya sendiri mengingat akan ada banyak anak yang dititipkan pada daycare tersebut. Dengan begitu kamu harus bisa memilih pengasuh yang ahli dan berkompeten untuk mengatasi anak-anak karena pemilik daikara memiliki tanggung jawab yang lebih atas anak yang dititipkan.

Saat proses rekrutmen silahkan kamu memilih pengasuh yang menyayangi anak dan bisa mendidik dengan benar, profesional dan aman. Pastikan tidak membuat orang tua kecewa ketika meninggalkan anaknya di daycare karena kesalahan pengasuh dalam membimbing anak.

4. Menyediakan Perlengkapan Bermain

Bisnis penitipan anak bisa menjadi sarana edukasi dan pembelajaran bagi anak itu sendiri. Dengan kamu membuka bisnis daycare maka harus memperhatikan fasilitas hingga kegiatan anak seperti halnya bermain.

Sehingga kamu bisa menyediakan banyak permainan yang bisa dilakukan oleh beberapa anak dan pastikan perlengkapan sudah aman dan lengkap untuk kamu juga bisa memilih permainan yang lebih edukatif sehingga menjadi media pembelajaran bagi anak.

5. Penentuan Harga yang Tepat

Penentuan harga pada tempat penitipan anak maka harus mempertimbangkan kembali target pasar yang sudah ditentukan di awal. Apabila ternyata target kamu adalah kalangan menengah ke bawah maka harus memberikan harga yang lebih terjangkau.

Hal ini tentunya akan berbeda apabila target kamu adalah kalangan menengah ke atas maka bisa menaikkan harga sedikit lebih tinggi dengan memberikan kelengkapan fasilitas sebagai nilai jual dari day care. Kamu bisa memberikan laporan informasi perkembangan anak pada orang tua secara rutin.

6. Membuat Surat Izin Usaha

Proses memulai bisnis penitipan anak tentunya harus memiliki izin secara legal untuk menjalankan usaha. Dengan demikian bisnis kamu sudah sah di mata hukum dan bisa mengurangi tingkat risiko penggugatan ketika timbul masalah di kemudian hari.

Sementara untuk mendapatkan proses perizinan maka kamu harus melakukan pengurusan secara langsung di dinas terkait. Beberapa dinas yang berhubungan dengan bisnis day care yaitu dinas pendidikan anak usia dini, dinas usaha kecil dan menengah serta yang lainnya.

7. Melakukan Promosi Rutin

Apabila kamu sudah mempersiapkan semuanya dengan matang maka bisa memulai untuk mempromosikan bisnis penitipan anak. Dalam proses promosi awal bisnis usaha dagang tentunya kamu bisa memulai untuk memperkenalkan daycare melalui brosur, spanduk, pamflet dan lain sebagainya.

Baca Juga Artikel Tentang Bisnis Lainnya dari Transfez

Bisnis Jasa Desain Grafis
Bisnis Jasa Rias
Bisnis Jasa Rental Motor
Bisnis Jasa Daur Ulang
Bisnis Jasa Instalasi Listrik

Selain itu kamu juga bisa mempromosikan day care di beberapa sekolah TK ataupun mempromosikan dengan melalui media online atau media sosial yang bisa menjangkau lingkungan lebih luas. Pada promosi bisnis ini silahkan kamu untuk menarik target dengan layanan serta fasilitas yang dimiliki oleh daycare sehingga bisa menarik minat orang tua untuk menitipkan anak pada day car milik kamu.

8. Menentukan Jenis Penitipan Anak

Dalam membuka bisnis daycare terdapat dua jenis penitipan anak sehingga bisa menjadi pertimbangan keinginan dan kemampuan finansial dari orang tua. Pertama dengan membuka penitipan anak rumahan yaitu penitipan anak yang menawarkan lingkungan seperti layaknya rumah untuk anak.

Bisnis yang satu ini biasanya dengan skala kecil dan terbuka bagi anak-anak di lingkungan tetangga, Sehingga untuk cakupan promosinya sendiri tidak perlu terlalu jauh dari lingkungan sekitar karena kamu hanya menargetkan pada anak-anak tetangga.

Kedua yaitu membuka penitipan anak komersial sebagai penitipan anak yang berada di lokasi komersial serta bisa menampung dengan jumlah banyak, dengan begitu kamu akan mendapatkan keuntungan yang lebih banyak namun dari pihak pemilik daycare harus menggaji karyawannya.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs. Download sekarang!

google play store
350px appstore

Demikianlah beberapa pembahasan terkait bisnis penitipan anak yang banyak dibutuhkan oleh kalangan orang tua ketika sibuk bekerja setiap hari. Bisnis tempat penitipan anak dan belajar ini memiliki peluang yang sangat besar di lingkungan perkotaan, mengingat orang tua sangat sibuk untuk bekerja sehingga tidak bisa menjaga anak-anaknya dan bisnis ini sangat menguntungkan dalam jangka panjang jika kamu bisa melakukan manajemen yang baik serta sabar menjaga anak.

Instagram