Cara Sukses Mengubah Rumah Menjadi Bisnis Homestay yang Menghasilkan

Bisnis homestay belakangan ini sangat marak dan ini bisa menjadi pekerjaan sampingan untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Beberapa kota yang mempunyai banyak destinasi wisata tentunya terbilang lebih maju untuk sektor penginapan seperti halnya Jogja, Bali dan Bandung.

Baca Juga: Cara Mudah Bertransaksi Bisnis Menggunakan Aplikasi Transfez Bisnis

Dalam hal ini kamu bisa menyewakan rumah yang bisa dijadikan sebagai homestay untuk masyarakat lokal ataupun turis mancanegara dan menjadi bisnis yang sangat menjanjikan karena mendapatkan penghasilan lebih. Meskipun bisnis ini terbilang cukup mudah ketika menjalankannya namun terkadang cukup tricky ketika harus mengubah rumah untuk menjadi homestay karena kamu harus menyediakan kamar serta kebutuhan tamu guna memberikan pelayanan terbaik bagi tamu yang hadir.

Cara Sukses Mengubah Rumah Menjadi Bisnis Homestay yang Menghasilkan

Cara Mudah untuk Mengubah Rumah Sebagai Bisnis Homestay

Setiap konsep homestay pada umumnya tetap diminati oleh kalangan wisatawan karena tidak hanya menawarkan harga yang murah namun bisa memberikan pengalaman yang unik. Para wisatawan bisa merasakan pengalaman sebagai warga lokal yang tinggal langsung di kawasan rumah penduduk.

Berikut ini beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengubah rumah kamu sebagai bisnis untuk menyediakan homestay bagi wisatawan:

1. Melakukan Riset Lokasi Usaha Homestay

Sekarang ini sudah banyak pemilik properti yang mendapatkan keuntungan besar karena bisa memilih lokasi yang strategis yang dapat dijadikan sebagai usaha homestay. Hari ini dikarenakan lokasi homestay yang sangat strategis tentunya memiliki peminat wisatawan yang sangat tinggi dan jika lokasi homestay cukup jauh dari jalan cenderung sepi peminat.

Dengan demikian sebelum kamu memutuskan untuk menjadikan rumah tinggal sebagai usaha homestay maka harus memastikan terlebih dahulu lokasi area bisnis tersebut memiliki potensi diri wisatawan ataupun tidak. Kamu bisa mencari informasi mengenai tempat wisata menarik yang ada di area usaha homestay kamu dan lokasi kebutuhan tamu seperti halnya supermarket, restoran hingga ATM.

2. Memastikan Bisnis Homestay Dijalankan Secara Legal

Cara lain yang dapat dilakukan untuk menjalankan usaha homestay yaitu harus melakukan pemeriksaan kembali terkait dokumen penting guna memastikan bahwasanya bisnis yang akan dijalankan tersebut beroperasi secara legal. Dalam hal ini kamu juga harus memenuhi semua persyaratan sebagai pemilik usaha homestay yang ada di wilayah tersebut dan semua persyaratan harus terpenuhi.

Dengan begitu kamu harus datang ke kantor daerah setempat guna melakukan pengurusan beberapa dokumen serta mendaftarkan bisnis tersebut dan ini bisa menyelamatkan dari adanya risiko yang tidak diinginkan di kemudian hari.

Apabila kamu memiliki dokumen persyaratan legal dalam menjalankan usaha homestay maka besar kemungkinan wisatawan percaya dengan bisnis yang kamu jalankan dan berpotensi membuat wisatawan tinggal di homestay.

3. Merapikan Rumah untuk Homestay

Bagi setiap penghuni rumah tentunya merasa bahwa rumah milik sendiri itu sudah rapi akan tetapi belum tentu para wisatawan berpikiran hal sama dengan kamu. Dengan demikian sebelum memutuskan untuk menjadikan rumah sebagai bisnis homestay dan menyewakan pada wisatawan sebaiknya kamu merapikan, membersihkan dan membuat rumah semenarik mungkin sehingga bisa menarik minat wisatawan untuk tinggal di homestay kamu.

Lihat Juga Video Mudahnya Kirim Uang dengan Transfez ke Lebih dari 50 Negara

Lihat Juga Video Mudahnya Menggunakan Aplikasi Transfez Singapura

Silakan kamu memikirkan konsep untuk usaha homestay yang akan dibangun seperti halnya balinese homestay, joglo homestay, eko living homestay dan lainnya. Dengan membuat konsep homestay yang unik dan menarik maka bisa membantu bisnis penginapan tampak lebih menonjol dan berbeda dengan homestay milik yang lainnya.

4. Memberikan Fasilitas Lengkap dan Berkualitas

Memberikan pengalaman merupakan kunci kesuksesan dalam menjalankan bisnis homestay sehingga kamu harus memastikan untuk melakukan investasi uang pada ketersediaan fasilitas yang lengkap dan berkualitas. Setidaknya kamu memberikan fasilitas wi-fi dan bisa menjangkau pada semua ruangan di homestay tersebut.

Selain itu kamu juga bisa menyediakan peralatan berkualitas yang ada di kamar tidur hingga kamar mandi ataupun beberapa perlengkapan lainnya. Seperti yang kita ketahui bahwasanya fasilitas tamu memiliki tren tersendiri yang terus mengalami perubahan seiring berjalannya waktu dan tergantung dari kebutuhan tamu itu sendiri sehingga kamu harus selalu update dengan tren kebutuhan dari tamu wisatawan.

5. Melakukan Promosi Homestay

Promosi usaha homestay harus tetap dilakukan supaya bisa dikenal oleh kalangan lebih luas dan terlihat lebih unggul dibandingkan dengan usaha homestay yang lainnya.maka dari itu kamu akan membutuhkan strategi marketing yang tepat dan dapat kamu sesuaikan dengan properti yang akan kamu tawarkan pada wisatawan.

Baca Juga Artikel Tentang Bisnis Lainnya dari Transfez

Bisnis Jasa Desain Grafis
Bisnis Jasa Rias
Bisnis Jasa Rental Motor
Bisnis Jasa Daur Ulang
Bisnis Jasa Instalasi Listrik

Sebelum kamu memutuskan untuk melakukan pemasaran bisnis homestay tentunya terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan. Hal ini berhubungan dengan demand area, target market, pemilihan platform untuk promosi serta media pemasaran yang nantinya akan digunakan untuk menawarkan homestay kamu.

6. Menuliskan Deskripsi yang Menarik Dan Detail

Ketika menjalankan bisnis home stay maka kamu harus menuliskan deskripsi yang dapat menarik perhatian dari tamu wisatawan mulai dari deskripsi terkait properti, judul properti, lokasi homestay, fasilitas dan area sekitarnya. Guna mendapatkan judul yang menarik maka kamu bisa menonjolkan keunikan dari usaha homestay yang kamu jalankan dan berbeda dengan homestay milik orang lain.

Kamu bisa menuliskan deskripsi usaha homestay dengan memuat informasi yang lengkap dan detail sehingga mudah dibaca oleh para tamu wisatawan. Selain itu kamu juga bisa menjelaskan kelengkapan fasilitas yang disediakan oleh homestay, tempat wisata lokal yang berdekatan dengan homestay hingga lokasi bisnis ini secara lengkap dan aktual.

7. Perbaikan Homestay Secara Berkala

Sebagai upaya untuk melindungi homestay agar mampu bertahan dalam jangka panjang maka harus dilakukan perawatan secara berkala guna menghindari resiko timbulnya kerusakan. Pastikan kamu memilih jasa perawatan properti yang terpercaya supaya bisa memberikan hasil perawatan homestay yang berkualitas

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs. Download sekarang!

google play store
350px appstore

Demikianlah terkait penjabaran cara mudah untuk mengubah rumah menjadi bisnis homestay sehingga bisa mendapatkan keuntungan yang menjanjikan. Ketika memiliki rumah di area tempat wisata bisa menjadi peluang yang sangat besar untuk memperoleh penghasilan tambahan.

Instagram