gambaran biaya hidup di australia selama sebulan

Australia adalah salah satu negara yang sering dijadikan tujuan bagi para pelajar, pekerja, dan wisatawan. Namun, biaya hidup di Australia selama sebulan bisa menjadi tantangan tersendiri, terutama bagi mereka yang baru pertama kali tinggal di negara ini.

Ada banyak biaya yang harus menjadi bahan pertimbangan saat ingin menetap di negara tersebut. Sehingga nantinya tidak mengalami kesulitan saat harus memenuhi kebutuhan biaya sehari-hari selama berada di Australia.

Bagi yang hendak merencanakan perjalanan atau bahkan menetap di Australia, artikel ini adalah tempat yang tepat untuk memperoleh informasi. Karena di dalam artikel berikut ini akan dibahas mengenai perkiraan biaya hidup di Australia selama sebulan.

Bukan hanya itu saja, akan tetapi juga terdapat informasi mengenai beberapa tips untuk mengatur keuangan dengan bijak saat tinggal di Australia. Sebaiknya segera simak informasinya supaya bisa mendapatkan gambaran terbaik mengenai hal tersebut.

Perkiraan Biaya Hidup di Australia Selama Sebulan

Biaya hidup di Australia bervariasi tergantung pada lokasi, gaya hidup, dan kebutuhan individu. Setiap kota di area negara tersebut tentu saja memberikan tantangan kehidupan yang berbeda termasuk juga dengan biaya yang dibutuhkan.

Bukan hanya itu saja, akan tetapi profesi yang dijalani juga bisa menentukan seberapa besar biaya yang harus dikeluarkan setiap harinya. Lebih jelas mengenai hal ini, berikut adalah perkiraan biaya hidup bulanan di beberapa kota besar seperti Sydney, Melbourne, dan Brisbane.

biaya hidup di australia selama sebulan

Biaya Akomodasi di Australia

Dari semua biaya yang harus dipertimbangkan saat memutuskan utnuk menetap di Australia, maka biaya sewa tempat tinggal adalah salah satu pengeluaran yang bisa dikatakan terbesar. Di Sydney, sewa apartemen satu kamar di pusat kota bisa mencapai AUD 2,500, sementara di Melbourne dan Brisbane, biayanya bisa berkisar antara AUD 1,800 hingga AUD 2,200.

Oleh sebab itu hal pertama yang harus menjadi bahan untuk diperhitungkan saat hendak tinggal di Australia adalah besarnya biaya untuk tempat tinggal tersebut. Pastikan pemasukan yang dimiliki atau didapatkan nantinya mencukupi untuk menutup biaya kebutuhan tempat tinggal ini.

Baca juga: Gaji TKI dan TKW di Australia

Biaya Makanan Sehari-Hari

Biaya makanan di berbagai negara bagian di Australia rupanya juga bervariasi. Jika berencana untuk memasak di rumah, anggaran untuk belanja bahan makanan bisa sekitar AUD 300 hingga AUD 600 per bulan.

Namun, berbeda lagi jika memutuskan untuk membeli makan dari luar atau tidak memasak makanan sendiri. Bagi yang memilih untuk sering makan di luar, maka biaya ini bisa meningkat menjadi AUD 600 hingga AUD 1,000 per bulannya.

Baca juga: Cara Membuat Akun Bank untuk Pelajar di Australia

Biaya Transportasi

Biaya transportasi umum seperti bus dan kereta api di kota-kota besar biasanya berkisar antara AUD 100 hingga AUD 200 per bulan. Jika memiliki mobil, maka perlu juga untuk mempertimbangkan biaya bahan bakar, asuransi, dan perawatan.

Biaya Utilitas

Biaya utilitas seperti listrik, air, dan internet dapat berkisar antara AUD 150 hingga AUD 300 per bulan, tergantung pada penggunaan. Meski sekilas terlihat sepele, namun biaya ini sebaiknya diperhitungkan sebagai pengeluaran bulanan karena termasuk pada kebutuhan primer selama di Australia.

Biaya Hiburan dan Lain-lain

Untuk hiburan, seperti menonton film, berolahraga, atau pergi ke restoran, kemungkinan besar perlu menganggarkan sekitar AUD 200 hingga AUD 400 per bulan. Tentu saja bagi yang tinggal di negara Australia juga tetap membutuhkan hiburan, terutama saat akhir pekan tiba untuk mengisi waktu luang.

Adapun dapat disimpulkan bahwa secara keseluruhan, total biaya hidup di Australia selama sebulan bisa berkisar antara AUD 3,000 hingga AUD 5,000, tergantung pada gaya hidup dan lokasi. Maka dari itu sebaiknya pertimbangkan berbagai macam hal mulai dari pendapatan hingga kebutuhan untuk memastikan bahwa kehidupan di Australian pasti akan terjamin sehari-harinya.

Baca juga: Tips Traveling ke Australia Irit Biaya

Gunakan Transfez dengan Jack untuk kebutuhan bisnis Anda

ID CTA 1

5 Tips Mengatur Keuangan Saat Hidup di Australia

Mengatur keuangan dengan bijak sangat penting untuk memastikan kalian agar nantinya dapat hidup nyaman di Australia. Maka dari itu diperlukan tips yang tepat agar tidak salah dalam mengatur keuangan selama berada di Australia nanti.

Untuk yang penasaran, ada beberapa tips menarik yang bisa diterapkan. Lebih jelasnya, berikut adalah lima tips yang dapat membantu mengelola keuangan secara optimal saat berada di Australia.

Buat Anggaran Bulanan

biaya hidup di australia selama sebulan

Langkah pertama dalam mengatur keuangan adalah membuat anggaran bulanan. Catat semua pengeluaran dan pendapatan setiap hari dan bulannya. Dengan anggaran yang jelas, maka kalian nanti dapat melihat kemana uang tersebut digunakan dan sekaligus dapat mengidentifikasi area di mana kalian bisa melakukan penghematan.

Pilih Akomodasi yang Tepat

Biaya sewa adalah pengeluaran terbesar bagi banyak orang. Pertimbangkan untuk berbagi apartemen dengan teman atau mencari tempat tinggal di pinggiran kota yang lebih terjangkau.

Hal ini bisa membantu untuk menghemat banyak uang. Sehingga hal pertama yang harus diperhatikan dengan cermat adalah memilih Lokasi tempat tinggal.

Lihat Juga Video Mudahnya Transfer Uang ke Luar Negeri dengan Transfez

Memasak di Rumah

Makan di luar terutama di Australia bisa jadi sangat mahal. Karena itu sebaiknya cobalah untuk memasak di rumah sebanyak mungkin.

Rencanakan menu mingguan dan belanja bahan makanan dengan bijak. Hal ini tidak hanya lebih hemat, tetapi juga lebih sehat.

Baca juga: Rekomendasi Makanan Khas Australia yang Lezat

Manfaatkan Transportasi Umum

biaya hidup di australia selama sebulan

Jika memutuskan untuk tinggal di kota besar, sebaiknya gunakan transportasi umum daripada menggunakan kendaraan pribadi. Keputusan ini bisa menghemat biaya bahan bakar dan sekaligus biaya parkir.

Cari Diskon dan Promo

Selalu cari diskon atau promo saat berbelanja. Banyak supermarket dan restoran menawarkan diskon untuk pelajar atau saat jam-jam tertentu.

Manfaatkan aplikasi dan situs web yang memberikan informasi tentang penawaran terbaik. Sehingga biaya belanja bulanan bisa jadi lebih ekonomis.

Baca juga: Tradisi Lebaran di Australia

download Transfez

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs. Download sekarang!

google play store   350px appstore

Biaya hidup di Australia bisa cukup tinggi, tetapi dengan perencanaan dan pengelolaan keuangan yang baik, kalian dapat hidup dengan nyaman tanpa harus pusing memikirkan tentang uang. Dengan mengikuti tips yang telah disebutkan, kalian pasti dapat mengatur keuangan dengan lebih baik dan menikmati pengalaman tinggal di Australia.