Apa Itu Jaminan Pensiun

Jaminan pensiun ini bisa kamu dapatkan apabila sudah menjadi bagian dari anggota BPJS ketenagakerjaan. Adanya jaminan ini harus dengan melalui iuran yang dibayarkan setiap bulan oleh para karyawan yang sudah tergabung dalam program dari BPJS ketenagakerjaan.

Apabila kamu sudah ikut serta dalam program BPJS ketenagakerjaan maka bisa mendapatkan uang tunai setiap bulan ketika sudah memasuki masa pensiun. Selain itu untuk jaminan ini tidak hanya diterima oleh peserta tersebut namun juga memiliki manfaat yang dapat dirasakan dari keluarga di rumah seperti halnya suami atau istri sah hingga anak dan bahkan beberapa juga memberikan pada satu orang tua peserta.

Apa Itu Jaminan Pensiun BPJS

Program yang dihadirkan oleh BPJS ketenagakerjaan ini akan memberikan adanya jaminan sosial supaya nantinya peserta ataupun dari pihak ahli waris dapat memperoleh penghasilan bulanan ketika dari peserta itu sendiri sudah memasuki usia pensiun, mengalami cacat total ataupun meninggal dunia. Pada program yang dihadirkan ini dapat diikuti oleh beberapa pekerja yang memang menjadi karyawan pada sebuah perusahaan perseorangan ataupun swasta.

Dari pihak pemberi kerja harus mendaftarkan setiap karyawannya maksimal satu bulan sebelum memasuki usia pensiun supaya nantinya bisa mendapatkan jaminan sosial. Sekarang ini BPJS ketenagakerjaan sudah menetapkan bahwasanya untuk usia pensiun bagi setiap pekerja itu adalah 58 tahun.

Apa Itu Jaminan Pensiun, Manfaat, dan Cara Menghitungnya

Manfaat Jaminan Pensiun BPJS Ketenagakerjaan

Adanya jaminan di usia pensiun bagi BPJS ketenagakerjaan tentunya memberikan manfaat yang cukup besar bagi peserta yang tergabung. Berikut inilah beberapa manfaat yang dapat dirasakan sebagai peserta BPJS ketenagakerjaan:

Pensiun Hari Tua

Ketika sudah memasuki usia masa pensiun tentunya dari pihak peserta memiliki hak untuk memperoleh adanya uang tunai setiap bulan hingga masanya ia meninggal dunia. Akan tetapi untuk manfaat yang satu ini bisa diperoleh apabila dari pihak peserta sudah memenuhi masa iurannya dalam pembayaran jaminan usia pensiun dalam waktu 15 tahun ataupun 180 tahun.

Pensiun Cacat

Salah satu program jaminan usia pensiun yang dihadirkan oleh BPJS ketenagakerjaan ini memberikan sejumlah uang tunai bulanan bagi setiap peserta yang mengalami cacat total dikarenakan penyakit ataupun kecelakaan. Pada uang tunai yang diberikan setiap bulan ini bisa diperoleh sampai peserta tersebut meninggal dunia atau memang tidak bisa bekerja kembali ke perusahaan.

Akan tetapi manfaat yang bisa dirasakan ini akan didapatkan oleh pihak peserta yang sudah terdaftar di dalam program jaminan usia pensiun. Waktu masa supaya peserta memperoleh jaminan sosial ini minimal 1 bulan dan density rate minimal 80%.

Lihat Juga Cara Bayar Tagihan dari Singapura

Pensiun Anak

Apabila peserta jaminan pensiun BPJS kesehatan sudah meninggal dunia sebelum usia masa pensiun tanpa mempunyai janda ataupun duda yang dijadikan sebagai ahli warisnya. Maka untuk pembayaran iuran setiap bulan bisa diberikan pada anak sampai usianya 23 tahun atau memang sudah bekerja atau sudah menikah.

Manfaat yang satu ini dapat diberikan apabila dari pihak peserta sudah menjadi kepesertaan minimal dalam waktu 1 tahun dengan memenuhi density rate hingga 80%. Dengan demikian akan lebih mudah bagi anggota peserta jaminan usia pensiun untuk memperoleh jaminan sosial atas iuran yang sudah dibayarkannya.

Baca juga artikel lainnya di Blog Transfez

Pilihan Tabungan Pendidikan Anak yang Menguntungkan
Pentingnya Tabungan Pendidikan Anak
Rekomendasi Bank Dengan Layanan Tabungan Anak Sekolahan
Apa Itu Tabungan Anak BRI, Jenis dan Keuntungannya

Pensiun Janda Atau Duda

Apabila peserta sudah meninggal dunia tentunya uang tunai bulanan bisa diberikan pada janda ataupun duda yang termasuk daftar sebagai ahli waris. Ada manfaat yang satu ini akan diberikan sampai ahli waris tersebut meninggal dunia atau memang menikah lagi.

Syarat yang nantinya harus dipenuhi untuk memperoleh manfaat yang satu ini yaitu dari peserta sendiri harus terdaftar di dalam program jaminan usia pensiun BPJS ketenagakerjaan. Masa waktu untuk kepesertaan BPJS ketenagakerjaan ini minimal 1 tahun dengan mencapai density rate 80 %.

Pensiun Orang Tua

Jika kepesertaan dari jaminan pensiun BPJS ketenagakerjaan ini masih lajang tentunya uang tunai bulanan bisa diberikan pada orang tua dari pihak peserta tersebut. Akan tetapi untuk ketentuan ini hanya berlaku apabila dari pihak peserta sudah terdaftar di dalam program dengan minimal 1 tahun serta density rate 80%.

Manfaat Lumpsum

Manfaat dari lumpsum yang diberikan pada setiap peserta yang tidak memiliki hak untuk memperoleh manfaat pensiunan bulanan. Dengan demikian peserta ini akan memperoleh akumulasi dari iuran yang sudah ditambahkan dengan hasil dari pengembangannya.

Sementara itu untuk manfaat yang dapat diberikan pada setiap peserta pada kondisi itu sebagai berikut:

  • Peserta tengah mengalami cacat total sebelum 1 bulan ketika menjadi peserta dan tidak mencapai density rate hingga 80%
  • Peserta sudah memasuki usia pensiun akan tetapi belum memasuki untuk masa iuran pembayaran minimal 15 tahun
  • Peserta sudah meninggal dunia dan tidak memenuhi adanya ketentuan masa kepesertaan minimal 1 tahun dan ketentuan density rate minimal 80%.

Cara untuk Menghitung Iuran BPJS Jaminan Pensiun

Jika kamu memang sudah tergabung menjadi kepesertaan dari BPJS jaminan usia pensiun ini maka harus membayarkan iuran secara rutin yang memang dibebankan yaitu dengan besarannya 3% sesuai dengan perincian berikut ini:

  • Iuran dengan pembayaran sebesar 2% dari jumlah gaji yang didapatkan akan ditanggung oleh pihak yang memberi kerja
  • Iuran dengan pembayaran sebesar 1% dari jumlah gaji yang didapatkan dan ditanggung oleh pihak yang memberi kerja.

Sementara itu untuk gaji maksimal yang nantinya akan digunakan sebagai dasar dalam pemotongan pembayaran iuran bulanan yaitu sebesar Rp 8.512.400. dengan artinya bahwasanya dari pihak pekerja yang bekerja di perusahaan perorangan ataupun swasta ini akan mempunyai gaji di atas dari jumlah tersebut sehingga harus tetap memiliki kewajiban untuk melakukan pembayaran pelunasan iuran setiap bulan dari angka gaji maksimal yang memang sudah ditentukan sebelumnya.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs. Download sekarang!

google play store   350px appstore

Demikianlah beberapa uraian terkait manfaat yang diberikan ketika menjadi peserta jaminan pensiun BPJS ketenagakerjaan. Apabila sudah menjadi kepesertaan dengan pembayaran iuran rutin setiap bulan tentunya akan mendapatkan jaminan sosial apabila sudah memasuki usia masa pensiun atau memang sudah tidak bekerja lagi di perusahaan yang bersangkutan.

Instagram