wisata religi di malaysia

Malaysia merupakan salah satu negara ASEAN yang sangat bedekatan dengan Indonesia. Negara yang lebih dikenal negeri jiran ini memiliki kesamaan sosial dan budaya dengan Indonesia. Bahkan, hal itu juga berlaku pada bagian wisata religinya.

Pada dasarnya, mayoritas penduduk Malaysia adalah muslim sehingga cukup banyak tempat wisata religi islami. Meskipun begitu, negara ini juga punya tempat lainnya yang tidak kalah menarik. Beberapa rekomendasi wisata religi di Malaysia adalah sebagai berikut.

1. Masjid Negara (National Mosque), Kuala Lumpur

wisata religi di malaysia national mosqueSalah satu tempat wisata religius paling populer di Malaysia adalah Masjid Negara di Kuala Lumpur. Masjid ini terletak di pusat kota Kuala Lumpur. Bahkan, bangunan ini juga merupakan simbol nasional bagi Muslim Malaysia. Masjid tersebut terkenal dengan kubah berbentuk bintang bersegi 16 biru dan menara setinggi 73 meter.

Masjid ini dapat menampung hingga 15.000 orang sekaligus dan memiliki aula utama yang begitu besar. Terdapat juga taman-taman yang indah dan kolam refleksi. Masjid ini bukan hanya tempat ibadah semata. Para wisatawan bisa tertarik dengan arsitektur masjid ini baik sejarah hingga budaya Islamnya.

Masjid Negara terbuka untuk umum, termasuk non-Muslim kecuali saat waktu shalat. Hal Ini membuatnya jadi menarik bagi mereka yang ingin pengalaman religius dan budaya di Kuala Lumpur.

2. Gua Batu, Selangor

goa wisata religi di malaysiaGua Batu adalah salah satu tempat suci Hindu terpenting di Malaysia dan seluruh dunia. Jutaan peziarah dan wisatawan datang ke tempat ini untuk merayakan Thaipusam hingga festival Hindu tahunan. Umat Hindu melakukan prosesi dan persembahan selama festival ini sebagai cara mereka mengabdikan diri kepada dewa, terutama Dewa Murugan.

Patung Dewa Murugan berukuran raksasa, yakni setinggi 42,7 meter. Hal itu merupakan patung Dewa Murugan tertinggi di dunia sehingga menarik pengunjung ke Gua Batu dan merupakan simbol utamanya.

Pengunjung harus menaiki 272 anak tangga yang berwarna-warni untuk mencapai kuil utama di dalam gua. Menaiki tangga ini memberikan pengalaman spiritual yang unik dan menawarkan pemandangan indah dari atas bukit.

Gua Batu terletak di dalam formasi batu kapur alami yang berusia sekitar 400 juta tahun. Bagian gua ini terdiri dari beberapa gua utama dan kecil. Terdapat banyak patung-patung Hindu, kuil, dan altar yang menarik. Selain nilai spiritual, formasi gua ini menawarkan keindahan geologi dan keajaiban alam.

Selain acara keagamaan, Gua Batu tersebut menawarkan banyak aktivitas wisata seperti panjat tebing di tebing batu kapur, menjelajahi gua-gua lebih kecil, dan berinteraksi dengan kera-kera lokal. Semua ini membuat Gua Batu sebagai tempat wisata religi yang menarik bagi banyak pengunjung.

3. Kuil Kek Lok Si, Penang

Kek Lok Si, yang berarti Kuil Kebahagiaan Tertinggi adalah kuil Buddha terbesar di Asia Tenggara. Lokasi Ini menjadi pusat penting bagi umat Buddha di Malaysia dan daerah sekitarnya. Tentunya dapat menarik banyak orang untuk beribadah dan meditasi di sana.

Menggabungkan elemen arsitektur Tiongkok, Burma, dan Thailand, kuil ini sangatlah terkenal. Pagoda Ban Po Thar, pagoda tujuh tingkat yang menggabungkan Mahayana, Theravada, dan Vajrayana, adalah salah satu bangunan utama di kompleks kuil tersebut. Terdapat ribuan patung Buddha dan merupakan representasi dari ketiga aliran Buddhisme yang berbeda.

Patung perunggu Dewi Kuan Yin setinggi 30,2 meter, yang dihormati sebagai dewi welas asih, adalah daya tarik utama kuil ini. Bahkan, kamu bisa melihatnya pada berbagai tempat di Penang.

Kuil ini terletak di Bukit Air Itam dan memiliki pemandangan indah dari seluruh kota George Town dan sekitarnya. Arsitektur dan keindahan alam kuil menciptakan suasana menenangkan dan spiritual bagi para pengunjung.

Selama perayaan Tahun Baru Imlek, Kek Lok Si dihiasi dengan ribuan lampu dan lentera yang mempesona. Selama itu, acara ini menjadi salah satu atraksi utama di daerah Penang.

Kek Lok Si tidak hanya berfungsi sebagai tempat wisata, tetapi juga menawarkan program pelatihan spiritual dan meditasi. Apalagi untuk mereka yang ingin mempelajari lebih lanjut tentang ajaran Buddha. Hal Ini membuat Kek Lok Si jadi tempat ideal bagi mereka yang mencari pengalaman religius.

4. Masjid Kristal, Terengganu

masjid kristal wisata religi di malaysiaSelanjutnya ada Masjid Kristal di Terengganu. Masjid ini menjadi daya tarik utama di kawasan Taman Tamadun Islam Pulau Wan Man. Sebab, desainnya begitu unik dan juga modern.

Masjid Kristal terbuat dari baja, kaca, dan kristal. Hal itu membuatnya berkilauan dan transparan. Masjidnya sendiri memancarkan cahaya yang indah saat sinar matahari atau lampu malam menyentuhnya. Efeknya membuatnya terlihat seperti kristal. Tentunya sangat menarik untuk dikunjungi karena desainnya futuristik dan berbeda dari masjid tradisional.

Masjid ini terletak di tepi Sungai Terengganu dengan pemandangan menakjubkan. Apalagi ketika matahari akan terbenam. Suasana tenang dan tenang di tepi sungai ini adalah tempat bagus untuk berpikir tentang Tuhan dan bermeditasi.

Taman Tamadun Islam menawarkan pengalaman edukatif dan spiritual yang lebih kaya. Para pengunjung bisa melihat replika berbagai bangunan bersejarah Islam dari seluruh dunia, seperti Taj Mahal dan Masjid Nabawi. Dengan fasilitas modern seperti Wi-Fi gratis di Masjid Kristal, pengalaman berwisata menjadi lebih interaktif dan informatif.

5. Kuil Thean Hou, Kuala Lumpur

Kuil Thean Hou terkenal karena arsitekturnya yang unik yang menggabungkan elemen Tiongkok kuno dan modern. Kuil tersebut terdiri dari enam tingkat dan atapnya dihiasi dengan patung dewa-dewi, ornamen naga, dan ukiran yang indah. Setiap bagian dari kuil, dari gerbang hingga ruang utama, menunjukkan budaya dan seni Tiongkok yang megah.

Bangunan ini didedikasikan untuk Dewi Thean Hou, dewi Taoisme yang melindungi nelayan dan pelaut. Selain itu, terdapat patung dari Dewi Kwan Yin (Dewi Kasih Sayang) dan Shui Wei Sheng Niang. Tempat ini sangat penting bagi mereka yang menganut agama Buddha, Konfusianisme, dan Taoisme.

Kuil ini terletak di puncak bukit Robson dan memiliki pemandangan menakjubkan dari kota Kuala Lumpur. Di sana, orang dapat menikmati suasana tenang dan melihat cakrawala kota.

Kuil Thean Hou tidak hanya berfungsi sebagai tempat ibadah, tetapi juga menjadi pusat aktivitas budaya. Di sini sering diadakan meditasi, festival tradisional, pernikahan Tionghoa, dan kelas kaligrafi dan bahasa Mandarin. Kuil tersebut mampu menarik banyak wisatawan lokal dan internasional selama perayaan Tahun Baru Imlek karena lampion-lampion yang indah.

Wisata religi ini sangat disukai oleh wisatawan karena mudah dijangkau dari pusat kota Kuala Lumpur. Untuk menambah kenyamanan pengunjung, kuil ini juga memiliki fasilitas seperti taman, kolam, dan ruang serbaguna.

Baca Artikel Malaysia Lainnya Hanya di Transfez

Info Mudah Tukar Rupiah ke Ringgit
7 Universitas Favorit di Malaysia
12 Pekerjaan Paling Dicari di Malaysia
Mau Kuliah di Malaysia, Apa Saja yang Dibutuhkan?
Biaya Kirim Paket ke Malaysia

Mau kirim uang ke luar negeri? Transfer internasional dari Indonesia menggunakan Transfez

Official Youtube Account Transfez

Bagaimana dengan transfer internasional ke luar negeri dari Indonesia? Ini dia beberapa cara yang bisa kamu lakukan.

Akun Transfez dapat dibuat dengan gratis, serta mampu memfasilitasi pengiriman uang internasional dengan biaya yang lebih hemat, transparan, aman dan cepat ke rekening bank di luar negeri.

Langkah pengiriman dengan Transfez dengan mudah dan sederhana:

1. Daftarkan akun di aplikasi Transfez,
2. Tentuakn jumlah yang akan dikirim,
3. Verifikasi identitas kamu,
4. Masukkan informasi penerima uang,
5. Lakukan pembayaran,
6. Pengiriman uang selesai dilakukan.

Pelajari lebih lengkap tentang cara kirim uang ke luar negeri dengan Transfez di sini, selain itu, kamu juga mungkin tertarik untuk mencoba kalkulator kurs Transfez atau daftar destinasi negara tujuan untuk melihat jumlah uang yang akan diterima oleh penerima ketika menggunakan Transfez.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs. Download sekarang!

google play store   350px appstore