tips saat mengajukan working holiday visa singapura

Working Holiday Visa atau WHV Singapura merupakan salah satu program yang diincar para mahasiswa. Sebab, kamu bisa bekerja dan merasakan kehidupan di sana meskipun hanya sementara. Walaupun hanya sebentar, pengalaman yang didapatkan dari Working Holiday Visa Singapura sangat berharga.

Dengan durasi sekitar enam bulan, para peserta bisa merasakan jadi salah satu warga Singapura. Untuk bisa mengajukan Working Holiday Visa Singapura, kamu perlu memahami berbagai tipsnya sebagai berikut.

1. Pahami Jenis Visa Kerja di Singapura

Bagian pertama yang tentu perlu kamu pahami adalah jenis bisa kerja di Singapura. Setiap negara memiliki aturan visanya tersendiri dan itu termasuk Singapura. Bisa dkatakan visa ini lebih dikhususkan pada pekerja dan bukan untuk para wisatawan.

Ada 4 jenis visa yang dapat diajukan ketika berada di Singapura, yakni Employment Visa, EntreVisa, S Visa, dan ONE Visa. Penjelasannya ada di bawah ini:

  • Employment Visa

Jenis visa kerja yang paling umum digunakan oleh orang asing di Singapura adalah Employment Visa. Biasanya ditujukan untuk manajer, eksekutif, dan profesional asing. Untuk memenuhi syarat mendapatkan visa kerja ini, kamu harus memiliki penghasilan minimal SGD 3.600, atau sekitar Rp 42 juta per bulan. Lalu, kamu perlu memenuhi syarat lainnya.

Untuk pemegang visa pertama, masa berlakunya dapat mencapai dua tahun. Bahkan, mampu diperpanjang hingga tiga tahun. Kementerian Ketenagakerjaan (MOM) Singapura dapat menawarkan informasi lebih lanjut tentang Employment Visa.

  • Entrevisa

Kamu dapat mengajukan permohonan untuk EntreVisa. Visa kerja ini digunakan ketika kamu tinggal dan ingin memulai bisnis di Singapura. Tidak ada persyaratan gaji minimum untuk visa kerja ini. Lalu, masa berlakunya selama satu tahun untuk pemegang pertama kali. Untuk perpanjangan berikutnya, visa ini berlaku selama dua tahun lagi.

Lihat situs web Kementerian Tenaga Kerja Singapura untuk informasi lebih lanjut tentang visa kerja ini dan persyaratannya.

  • S Visa

Untuk jenis visa ini berbeda dengan Employment Visa dan EntreVisa. Untuk Employment Visa dan EntreVisa digunakan oleh pekerja terampil dan semi-terampil. Untuk mendapatkan S Visa, kamu harus memenuhi kriteria penilaian dan menghasilkan minimal SGD 2.400 per bulan, atau sekitar Rp28 juta.

S Visa memiliki jangka waktu dua tahun dan agen tenaga kerja atau perusahaan harus mengajukan permohonan atas nama pelamar. Jika seorang karyawan berganti pekerjaan, mereka tidak dapat menggunakan S Visa yang sama lagi. Dengan begitu, dia harus mengajukan izin kerja baru. Para pekerja asing di Singapura lebih sering menggunakan S Visa ini.

  • ONE Visa

Ini adalah jenis visa kerja terbaru yang diberikan pemerintah Singapura pada akhir tahun 2023 lalu. Tujuannya untuk mengisi posisi senior di perusahaan Singapura. Dengan membuka visa ini, pemerintah Singapura dapat memperbaiki keadaan perekonomian negara tersebut, yang sempat merosot selama pandemi COVID-19.

Jika kamu pernah mendengar tentang visa individu dengan potensi tinggi di Inggris, visa kerja Overseas Networks & Expertise (ONE) Visa Singapura ini memiliki ide yang mirip. Para ekspatriat bergaji tinggi dan bakat terbaik dari berbagai belahan dunia tertarik dengan visa ini.

Visa ONE Visa ini lebih fleksibel daripada visa kerja lainnya di Singapura. Sebab, memungkinkan pemegangnya untuk mendirikan, mengoperasikan, dan bekerja untuk berbagai perusahaan sekaligus. Selain itu, mereka tidak perlu melaporkan jika mereka ingin berpindah kantor.

Selain itu, pemegang visa ONE Visa tidak perlu melewati Fair Consideration Framework dan Complementarity Assessment Framework (COMVISA). Tentunya berbeda dengan kaum profesional asing lainnya di Singapura.

2. Lengkapi Persyaratan Working Holiday Visa Singapura

Tidak jauh berbeda dengan negara lainnya, kamu perlu melengkapi berbagai persyaratan untuk mengajukan Working Holliday Visa Singapura. Saat mengajukan aplikasi, pemohon biasanya berusia antara 18 hingga 25 tahun.

Untuk mahasiswa harus kuliah penuh waktu atau telah lulus. Lulusan harus memiliki gelar S1 atau S2 dari universitas yang diakui. Selain itu, universitas harus diakui oleh pemerintah setiap sepuluh negara atau wilayah.

melengkapi persyaratan working holiday visa singapuraSelanjutnya, pemohon harus menunjukkan bukti bahwa mereka memiliki sumber daya keuangan yang cukup untuk menopang hidup selama di Singapura. Jumlah spesifiknya dapat berbeda-beda. Tapi secara umum, pemohon mungkin perlu menunjukkan bukti keuangan sebesar SGD 2.500 hingga SGD 5.000 bahkan lebih. Hal ini diproyeksikan untuk menutupi biaya akomodasi, makan, transportasi, dan kebutuhan sehari-hari lainnya.

Pemohon juga harus memiliki asuransi kesehatan yang berlaku dan akan membayar risiko medis utama selama tinggal di Singapura. Kemudian, pemohon mungkin perlu menyediakan jadwal perjalanan atau kegiatan yang ingin dilakukan selama berada di Singapura. Bagian itu termasuk jika mereka berencana untuk bekerja.

3. Ikuti Proses Pengajuan Aplikasi Working Holiday Visa Singapura

Selanjutnya, kamu perlu mengikuti proses pengajuan aplikasi Working Holiday visa Singapura. Sebelum mengajukan, pelajari dengan teliti semua persyaratan dan kriteria kelayakan WHV dari sumber resmi. Contohnya seperti situs web Kementerian Tenaga Kerja (MOM) Singapura. Pastikan kamu memenuhi semua kriteria dan memiliki semua dokumen yang diperlukan.

Untuk memulai proses aplikasi, formulir aplikasi WHV harus diakses melalui situs web resmi MOM dan diisi dengan informasi yang relevan. kamu mungkin perlu membuat akun online atau masuk ke portal yang sudah ada.

follow the process flow for the working holiday visa singaporeSemua dokumen pendukung yang diperlukan, termasuk foto terbaru, paspor, bukti pendidikan, bukti keuangan, dan asuransi kesehatan, harus disiapkan dalam format yang diminta. Jika diperlukan, semuanya diterjemahkan ke dalam Bahasa Inggris.

Kirimkan aplikasimu dan semua dokumen pendukung yang telah disiapkan melalui portal MOM. Beberapa aplikasi mungkin menuntut wawancara atau dokumen fisik sebagai bagian dari proses seleksi.

Saat mengajukan aplikasi WHV, biasanya ada biaya aplikasi yang harus dibayar. Informasi tentang biaya dan metode pembayaran dapat ditemukan pada situs web resminya. Proses seleksi akan dimulai setelah aplikasi dan semua dokumen dikirim. Karena waktu tunggu keputusan dapat berbeda-beda, penting untuk memeriksa estimasi waktu proses yang diberikan oleh MOM.

Pastikan untuk memahami semua kondisi yang terkait dengan WHV, termasuk batasan pekerjaan dan durasi tinggal. Setelah mendapatkan WHV, siapkan keberangkatanmu ke Singapura, termasuk akomodasi awal, transportasi, dan kebutuhan lain untuk masa tinggal.

Baca Artikel Menarik dari Transfez Lainnya Seputar Singapura

Cara Kerja Di Singapura Tanpa Ijazah
5 Wisata Religi di Singapura
Pulau Terbesar di Singapura dan Pulau Hasil Proses Reklamasi
Mengenal Tradisi Singapura yang Masih Rutin Diterapkan Sampai Sekarang
Perbandingan Biaya Hidup Tinggal di Jakarta Vs Singapura

Mau kirim uang ke luar negeri? Transfer internasional dari Indonesia menggunakan Transfez

Official Youtube Account Transfez

Bagaimana dengan transfer internasional ke luar negeri dari Indonesia? Ini dia beberapa cara yang bisa kamu lakukan.

Akun Transfez dapat dibuat dengan gratis, serta mampu memfasilitasi pengiriman uang internasional dengan biaya yang lebih hemat, transparan, aman dan cepat ke rekening bank di luar negeri.

Langkah pengiriman dengan Transfez dengan mudah dan sederhana:

1. Daftarkan akun di aplikasi Transfez,
2. Tentukan jumlah yang akan dikirim,
3. Verifikasi identitas kamu,
4. Masukkan informasi penerima uang,
5. Lakukan pembayaran,
6. Pengiriman uang selesai dilakukan.

Pelajari lebih lengkap tentang cara kirim uang ke luar negeri dengan Transfez di sini, selain itu, kamu juga mungkin tertarik untuk mencoba kalkulator kurs Transfez atau daftar destinasi negara tujuan untuk melihat jumlah uang yang akan diterima oleh penerima ketika menggunakan Transfez.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs.

google play store   350px appstore