cara mendapatkan working holiday visa belanda

Belanda merupakan salah satu negara Eropa yang memiliki kedekatan sejarah dengan Indonesia. Untuk para mahasiswa, tentunya sangat menarik jika berhasil mendapatkan Working Holiday Visa (WHV) Belanda. Sebab, mereka bisa bekerja sekaligus tinggal sementara di sana.

Tentunya akan sangat menarik jika kita bisa tinggal di luar negeri meskipun hanya sementara. Untuk bisa mendapatkan Working Holiday Visa (WHV) Belanda ini, kamu perlu memahi langkahnya sebagai berikut.

1. Periksa jenis Visa yang Digunakan

Pertama, kamu harus memahami terlebih dahulu tentang Visanya bernama Schengen. Visa ini khusus diberikan untuk perjalanan bisnis atau wisata ke negara-negara yang termasuk dalam Area Schengen.

Dengan visa Schengen, kamu dapat menetap selama 90 hari dalam jangka waktu 180 hari. Misalnya, jika kamu tiba di Belanda pada 1 Januari 2022 dan ingin menetap 10 hari, maka bisa tiba di Swedia pada 1 Maret 2022 dan menghabiskan 40 hari tinggal di sana.

Selain itu, untuk rute penerbangan yang melintasi dua bandara yang berada di dalam area Schengen, kamu juga membutuhkan Visa Schengen. Sebagai contoh, kamu berangkat dari Edmonton ke Amsterdam, kemudian ke Paris, dan kemudian ke Durban. Saat kamu tiba di Amsterdam, maka akan melewati Terminal Schengen.

Visa Shengen ini juga memiliki dua jenis, yakni single entry dan multiple entry. Untuk pemegang visa single entry, berarti memiliki kemampuan untuk masuk ke salah satu negara Schengen sekaligus. Jika seseorang telah keluar dari salah satu negara di area Schengen, maka mereka tidak akan dapat lagi menggunakan visa yang sama.

Untuk orang-orang yang memiliki visa multiple entry, maka memiliki akses untuk keluar dan masuk wilayah Schengen dan non-Schengen. Masa berlaku visa berulang adalah sembilan puluh hari selama enam bulan dalam jangka waktu satu, tiga, atau lima tahun.

2. Cek Persyaratan Umum untuk Working Holiday Visa Belanda

cek persyaratan umum untuk working holiday visa belandaBerikutnya, kamu perlu melihat persyaratan umum saat mengajukan Working Holiday Visa Belanda. Untuk persyaratannya sendiri biasanya standar dan tidak jauh berbeda dengan negara lainnya. Contohnya sebagai berikut:

  • Berusia antara 18 dan 30 tahun.
  • Memiliki paspor yang masih berlaku dari negara-negara yang memiliki perjanjian WHV dengan Belanda, termasuk Indonesia.
  • Tidak pernah terlibat dalam program WHV sebelumnya di Belanda.
  • Memenuhi kebutuhan keuangan untuk biaya hidup sementara di Belanda.

Setelah memahami persyaratan umum tersebut, maka bisa beralih ke poin berikutnya.

3. Siapkan Dokumen yang Diperlukan

Kamu dapat melengkapi informasi dengan mengisi formulir permohonan yang tersedia di situs web resmi Kedutaan Besar Belanda. Unduh formulirnya dan isi semua informasi yang diperlukan sebagai pemohon yang akan mengajukan visa.

Untuk pas foto visa, kamu harus menyiapkan dua lembar foto terbaru berukuran 3,5 x 4,5 cm, sesuai dengan persyaratan berikut:

  • kepala foto 70%–80% dari seluruh foto
  • Foto diambil dengan latar belakang warna cerah dan polos (disarankan abu-abu terang tanpa pola)
  • Ekspresi netral (tidak tersenyum atau mulut tertutup)
  • Tidak mengenakan pakaian atau seragam yang warnanya sama dengan background foto.

Selanjutnya masuk ke bagian paspor. Untuk masa berlaku paspor tidak boleh lebih dari tiga bulan dan tidak boleh dikeluarkan lebih dari sepuluh tahun sejak pengajuan. Tentu saja dokumen paspor ini sangat penting karena akan membantu membuktikan bahwa kamu adalah pemohon selama berada di Belanda.

Semua tiket penerbangan yang digunakan untuk keberangkatan dan kepulangan dari negara asal harus dilampirkan. Pastikan tanggal dan nomor penerbangan tercantum di dokumen yang menjadi lampiran bukti.

Sebagai pemohon visa ke negara Schengen seperti Belanda, kamu juga harus memiliki asuransi perjalanan dengan nilai minimum 30 ribu Euro. Asuransi ini harus membayar risiko penyakit, kecelakaan, dan pemulangan jenazah jika meninggal dunia.

Selama berada di Belanda, kamu juga harus memiliki bukti akomodasi. Bagian Ini bisa berupa pemesanan hotel, hostel, atau apartemen. Bisa juga surat undangan dari tuan rumah tempat kamu menginap.

Untuk mengajukan Visa Schengen, kamu juga harus melengkapi dokumen kelengkapan dengan bukti keuangan, seperti rekening koran tiga bulan terakhir. Setiap negara tujuan biasanya memiliki saldo tabungan minimalnya sendiri.

Selain itu, kamu dapat surat sponsor dari seseorang yang menyatakan bahwa mereka akan mendukung perjalananmu ke Belanda. Pernyataan dan bukti keuangan ini diperlukan untuk menunjukkan bahwa kamu secara finansial layak sebagai pemohon visa.

4. Lakukan Pendaftaran ke Kedutaan Besar Belanda

Anda dapat mengunjungi Kedutaan Besar Belanda atau agen VFS Global. Jika pergi melalui agen, kamu dapat mengatur janji temu dan mendapatkan nomor antrean.

Lengkapi dokumen yang diperlukan pada poin sebelumnya. Pahami ketentuan khusus Belanda, seperti sertifikasi vaksinasi dan hasil tes kesehatan tertentu.

datang ke kedutaan besar untuk mengurus working holiday visa belandaSetelah kamu menyelesaikan semua dokumen persyaratan, maka harus mempersiapkan biaya untuk mendapatkan visa. Biaya untuk mendapatkan visa berkisar mulai dari Rp600.000 hingga Rp1.200.000.

Sebagai pemohon visa, kamu juga akan mengikuti proses wawancara visa, yang dapat dilakukan melalui agen atau kedutaan. Jika mengajukan visa melalui agen seperti VFS global, kamu tetap akan menghadiri wawancara di kantor kedutaan.

5. Tunggu Persetujuan Visa

Lamanya proses visa Schengen berkisar antara 3 hingga 15 hari. Jadi, pastikan kamu memiliki semua dokumen yang diperlukan agar tidak perlu mengajukan visa ulang. Jika dokumen tidak lengkap, maka akan diminta untuk melengkapinya dalam waktu paling lama 10 hari.

Setelah mengajukan permohonan visa, Kedutaan atau VFS Global akan memeriksa semua dokumen yang diperlukan. Lalu, mereka akan memberikan keputusan tentang visa yang kamu ajukan.

Setelah semua dokumenmu sudah dianggap sah, maka visa dapat dikirim ke lokasi yang kamu masukan melalui kurir. Pastikan untuk memperhatikan cara mendapatkan Working Holuday Visa Belanda ini dan melengkapi semua syaratnya. Jika dokumennya tidak lengkap, prosesnya akan lebih lama lagi.

Lagi Cari Kerjaan di Luar Negeri? Baca Artikel-Artikel ini!

Pekerjaan Paling Dicari di Korea
Pekerjaan Paling Dicari di Filipina
Pekerjaan Paling Dicari di Hong Kong
Pekerjaan Paling Dicari di India
Pekerjaan Paling Dicari di Thailand

download Transfez

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs. Download sekarang!

google play store   350px appstore