Jenis-Jenis Work Permit Indonesia dan Tahapan Pembuatan Sesuai UU

Dalam mendapatkan work permit Indonesia sebenarnya sangat mudah jika dokumen yang digunakan untuk pengajuannya sudah dilengkapi oleh pihak pemohon. Work permit merupakan ijin kerja yang dibuat dengan mengacu pada undang-undang yang berlaku di Indonesia.

Work permit digunakan untuk memastikan bahwasannya pekerjaan yang telah dilakukan tersebut sudah aman dan efisien. Namun sebelum membuat work permit ketahui terlebih dahulu jenis-jenis dan cara pembuatannya.

Apa Itu Work Permit?

Jenis-Jenis Work Permit Indonesia dan Tahapan Pembuatan Sesuai UU

Work Permit merupakan salah satu sistem untuk ijin kerja yang ditulis dengan menggunakan bahasa formal guna mengontrol jenis pekerjaan yang memiliki potensi berbahaya. Surat work permit berguna untuk mengendalikan adanya potensi bahaya yang langsung berhubungan dengan pekerjaan yang dilakukan oleh setiap orang.

Cara mendapatkan surat yang satu ini mengacu pada regulasi UU Imigrasi di Indonesia yang sering mengalami perubahan, maka dari itu periksa kembali semua peraturan yang ditetapkan dan kebutuhan kelengkapan dokumennya. Dengan mengetahuinya lebih awal maka proses pembuatan work permit Indonesia.

Jenis-Jenis Work Permit

Bagi kamu yang ingin mendapatkan work permit maka penting untuk mengetahui jenis-jenisnya terlebih dahulu. Inilah jenis-jenis dari work permit yang dapat kamu gunakan untuk menjalankan pekerjaan:

1. Hot Work Permit

Salah satu jenis dari work permit atau surat ijin kerja panas yang dibutuhkan pada setiap jenis pekerjaan yang berhubungan langsung dengan penggunaan sumber penyalaan. Dalam hal ini bisa menyalakan bahan yang mudah terbakar.

Surat ijin yang satu ini akan diberikan untuk menjalankan pekerjaan yang membutuhkan api terbuka ataupun bunga api. Sehingga dengan ijin tersebut dapat menjalankan pekerjaan secara sah dan legal.

2. Cold Work Permit

Jenis surat ijin kerja dingin yang dibutuhkan pada pekerjaan dan berhubungan langsung dengan pekerjaan jenis kontruksi, perawatan hingga perbaikan yang sifatnya tidak rutin.

Menjalankan pekerjana ini harus sesuai dengan ketentuan bahwasanya dalam menjalankan pekerjaan tidak menggunakan peralatan yang bisa menimbulkan api ataupun sumber menyala.

3. Entry Permit

Jenis yang satu ini merupakan surat ijin kerja pada saat memasuki ruangan terbatas yang diperlukan jika seseorang baik itu sebagian ataupun seluruh tubuhnya masuk ke dalam ruangan terbatas.

Jenis pekerjaan ini seperti halnya memasuki tangki, separator, vessel, sewer, bak, hingga lubang galian yang memiliki kedalaman 1.3 meter lebih.

4. Excavation Permit

Salah satu work permit Indonesia untuk penggalian guna melakukan setiap pekerjaan penggalian, saluran ataupun semua jenis pekerjaan yang bisa membahayakan pipa yang ada di bawah tanah, kabel telepon, kabel listrik dan lain sebagainya. Ruang lingkup dari jenis pekerjaan semacam ini adalah pekerjaan atau pemasangan pipa, pemancangan dan perbaikan kabel listrik atau telepon.

5. Electric Work Permit

Jenis surat ijin pekerjaan listrik atau instrument yang dibutuhkan guna melakukan semua pekerjaan yang langsung berhubungan dengan sistem kelistrikan atau instrumen yang diperkirakan memiliki tingkat risiko berbahaya dari sengatan listrik.

Pekerjaan ini seperti halnya perbaikan atau pemasangan kontraktor, relay panel, peralatan control, power supply dan electric heater.

6. Radiography Permit

Work permit untuk jenis pekerjaan radiografi yang dibutuhkan guna melakukan berbagai macam yang berkaitan dengan penggunaan peralatan jenis X Ray. Selain itu juga pekerjaan yang membutuhkan zat radio aktif seperti halnya pada pekerjaan non destructive testing.

Lihat Juga Video Mudahnya Melakukan Kirim Uang Ke 60+ Negara

Persyaratan yag Dibutuhkan untuk Work Permit Indonesia

Syarat bagi pengusaha atau pekerja yang ada di Indonesia dengan pekerja negara asing berbeda. Bagi pengusaha ataupun pekerja berkewarganegaraan Indonesia untuk bisa mendapatkan work permit maka mengacu pada Pasal 5 dan 6 Peraturan menteri 12 Tahun 2013 tentang Tata Cara Penggunaan Tenaga Kerja Asing.

Sementara untuk karyawan dari negara asing yang akan bekerja di Indonesia akan mendapatkan surat ijin berbeda. Persyaratan umum yang dibutuhkan pun mengacu padea Pasal 26 PP No. 35 Tahun 2015 yang diatur sebagai berikut:

• Anda memiliki Pendidikan yang memenuhi syarat untuk posisi tersebut
• Memiliki sertifikat kompetensi atau pengalaman kerja minimal lima tahun terkait dengan jabatan tersebut
• Menunjukkan surat pernyataan dan laporan pelatihan yang menunjukkan mengapa transfer pengetahuan dan keterampilan keahlian adalah wajib, dan pengaruhnya terhadap pemberi kerja di Indonesia
• Memiliki bukti asuransi dari perusahaan asuransi di Indonesia (misalnya, Jaminan Kesehatan Nasional Indonesia yang dikelola oleh BPJS)
• Memiliki Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) dan sudah terdaftar di Sistem Jaminan Sosial Nasional (Jaminan Sosial Nasional), jika sudah bekerja di Indonesia lebih dari enam bulan

Baca Juga Artikel Tentang Gaji TKI dan Gaji TKW Lainnya dari Transfez

Gaji TKI dan TKW di Dubai
Gaji TKI dan TKW di Kanada
Gaji TKI dan TKW di Jerman
Gaji TKI dan TKW di Polandia
Gaji TKI dan TKW di Mesir

Kategori WNA yang Tidak Mendapatkan Ijin Kerja

Sesuai dengan UU Imigrasi Indonesia pada Pasal 4, Peraturan Nomor 31 Tahun 2013, di antaranya:

• Kontrol dan inspeksi kualitas
• Sumber daya manusia
• Badan hukum
• Urusan kesehatan, keselamatan dan lingkungan
• Manajerial rantai persediaan

Proses Mendapatkan Work Permit Indonesia

Cara untuk bisa mendapatkan work permit sebenarnya sangat mudah dan memiliki tahapan tersendiri. Tahapan ini memang sangat panjang sehingga memang harus teliti dalam menjalankan setiap prosesnya.

Inilah beberapa tahapan proses yang dapat kamu ketahui untuk mendapatkan work permit:

• Sponsor kamu telah menerima persetujuan RPTKA atau Rencana Pemanfaatan Tenaga Kerja Asing untuk proposalnya yang berasal dari Kementerian Tenaga Kerja Indonesia
• Perusahaan sponsor kamu harus melalui pada tahapan proses pra IMTA atau ijin pra kerja dan memberitahukan lama tinggal dan bekerja di Indonesia
• Pembayaran di awalnya senilai USD 100 per bulan nantinya akan dibayarkan guna DKP-TKA atau Dana Pengembangan sebagai ganti telah mempekerjakan pekerja asing
• Dengan persetujuan atas ijin kerja atau IMTA, kamu saat ini bisa bekerja secara legal di Indonesia
• Dengan ijin kerja kamu mak imigrasi di Indonesia akan memberikan kamu VITAS
• Kamu harus mengubah VITA kamu menjadi KITAS sesudah tiba di Indonesia.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs. Download sekarang!

google play store
350px appstore

Demikianlah beberapa uraian mengenai pembuatan work permit Indonesia dengan mengacu pada UU yang berlaku. Melalui tahapan yang cukup panjang namun dengan ijin untuk keselamatan kerja.

Instagram