Upaya Meningkatkan Ekonomi Kreatif agar Berkembang Di Indonesia

Upaya meningkatkan ekonomi kreatif dapat dilakukan oleh pemerintah ataupun kalangan masyarakat yang berhubungan langsung dengan subsektor dari ekonomi kreatif. Hadirnya ekonomi kreatif memiliki peranan yang sangat penting dalam mendukung pertumbuhan perekonomian Indonesia menjadi lebih berkembang dan mampu bersaing secara internasional.

Baca Juga: Cara Mudah Bertransaksi Bisnis Menggunakan Aplikasi Transfez Bisnis

Maka dari itu dalam meningkatkan ekonomi kreatif juga harus mendapatkan dukungan secara berkesinambungan dari pelaku ekonomi hingga pemerintah itu sendiri. Apabila ada kerjasama yang bagus dalam menjalankan ekonomi kreatif maka bukan suatu hal yang tidak mungkin lagi mampu mengembangkan ekonomi kreatif yang lebih baik lagi.

Upaya Meningkatkan Ekonomi Kreatif agar Berkembang Di Indonesia

Upaya Meningkatkan Ekonomi Kreatif

1. Memberi Insentif Pelaku Ekonomi

Insentif merupakan bonus ataupun kompensasi yang biasanya diberikan oleh pihak tertentu dalam upaya peningkatan ekonomi kreatif maka dari pemerintah sendiri juga harus memberikan insentif. Tujuan dari adanya insentif ini yaitu guna mempermudah para pelaku ekonomi kreatif untuk mengembangkan kegiatan yang dilakukannya.

2. Membuat Road Map Ekonomi Kreatif

Upaya meningkatkan ekonomi kreatif salah satunya bisa dengan membuat road map, produk dari ekonomi kreatif sendiri merupakan produk yang memang rawan untuk ditiru oleh banyak orang. Hal ini dikarenakan produk yang dihasilkan bisa hadir dengan adanya kreativitas, inovasi serta ide yang berasal dari pengetahuan manusia.

Sehingga dalam pembuatan road map itu sendiri tentunya akan mengikutsertakan lembaga pemerintah ataupun kalangan swasta dan dari tugas pemerintah sendiri yaitu menyediakan sebuah road map sehingga ekonomi kreatif bisa berjalan dengan baik untuk menuju ke arah yang berkembang dan maju. Adanya road map ini dibuat dengan cara penyusunan program komprehensif guna menggerakkan ekonomi kreatif ke arah kemajuan dan pengembangan.

3. Pengadaan Pelatihan Ekonomi Kreatif

Upaya meningkatkan ekonomi kreatif salah satunya dengan mengadakan pelatihan ekonomi kreatif yang dilakukan oleh pemerintah. Tujuan dilakukannya pelatihan ekonomi kreatif yaitu untuk memberikan bekal berupa pemahaman serta pendidikan terkait ekonomi kreatif.

Dengan demikian para pelaku ekonomi bisa mengembangkan ide yang dimilikinya secara benar dan tepat untuk menghasilkan produk unggulan yang memiliki nilai jual tinggi. Pengadaan pelatihan ekonomi kreatif pun juga bisa dengan pelatihan penggunaan teknologi melalui program kemitraan ataupun pelatihan kreatif lainnya.

Lihat Juga Video Mudahnya Kirim Uang dengan Transfez ke Lebih dari 50 Negara

Lihat Juga Video Mudahnya Menggunakan Aplikasi Transfez Singapura

4. Memberi Perlindungan Secara Hukum

Upaya meningkatkan ekonomi kreatif yang dapat dilakukan oleh pemerintah salah satunya adalah memberikan perlindungan secara hukum. Produk dari ekonomi kreatif adalah produk yang rawan untuk ditiru oleh orang lain karena memang dihasilkan dari sumber kreativitas dan inovasi pengetahuan manusia.

Maka dalam hal ini pemerintah harus memiliki upaya dalam meningkatkan ekonomi kreatif yaitu memberikan perlindungan hukum pada semua produk yang dihasilkan oleh para pelaku ekonomi kreatif. Perlindungan hukum yang dihasilkan seperti halnya hak atas kekayaan intelektual ataupun hak kekayaan intelektual.

5. Mempersiapkan Investor

Upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan ekonomi kreatif yaitu mempersiapkan investor. Dalam hal ini pada sebuah bidang usaha, investor memiliki peran yang sangat penting sebagai bagian yang sangat dibutuhkan oleh ekonomi kreatif.

Dengan demikian ekonomi kreatif mampu meningkat dengan cepat jika ada investor yang siap mengeluarkan dana untuk membantu pengembangan usaha dari ekonomi kreatif itu sendiri. Pemerintah bisa menarik perhatian para investor yaitu dengan cara melakukan kegiatan strategi promosi usaha secara intensif.

6. Memprioritaskan Akses Seni

Dalam upaya meningkatkan ekonomi kreatif tentunya tidak akan terlepas dari yang namanya seni yang mengingat ekonomi kreatif sendiri mengutamakan ide-ide inovatif dengan kreativitasnya yang cukup tinggi. Kreativitas yang dihadirkan pada produk unggulan dari ekonomi kreatif berasal dari seni setiap orang sehingga harus ada keragaman seni di kalangan masyarakat sehingga setiap orang nantinya mampu meningkatkan ekonomi kreatif yang dimilikinya.

Baca Juga Artikel Tentang Bisnis Lainnya dari Transfez

Bisnis Jasa Desain Grafis
Bisnis Jasa Rias
Bisnis Jasa Digital Marketing
Bisnis Jasa Lukis
Bisnis Jasa Mendengarkan Curhatan

7. Menghadirkan Teknologi Canggih

Mampu membuat teknologi ataupun menciptakan penemuan baru adalah upaya yang bisa dilakukan dalam meningkatkan ekonomi kreatif. Adanya teknologi yang canggih tentunya bisa membuat para konsumen lebih tertarik dari hasil produk ke ekonomi kreatif sehingga mampu mendukung bisnis supaya lebih maju dan ekonomi kreatif pun semakin meningkat di Indonesia.

8. Analisis Faktor Keberhasilan

Sebagai usaha dalam meningkatkan ekonomi kreatif lainnya yaitu harus melakukan analisis faktor yang nantinya bisa menentukan tingkat keberhasilan usaha yang dilakukan termasuk dalam upaya untuk meningkatkan ekonomi kreatif. faktor keberhasilan yang dimaksudkan yaitu ketersediaan dari sumber daya tenaga kerja hingga infrastruktur, adanya undang-undang yang mampu melindungi kekayaan intelektual milik pelaku ekonomi hingga ketersediaan akses pada pasar global untuk melakukan pemasaran hasil dari ekonomi kreatif.

9. Mempelajari Keterampilan Khusus

Dalam hal ini para pelaku ekonomi kreatif cenderung mempunyai pengetahuan yang sudah dimilikinya. Pelaku ekonomi kreatif akan membangun bisnis yang nantinya mampu mengajarkan kreativitas yang sudah mereka pelajari sebelumnya dan kemudian dipraktekkan secara langsung sehingga untuk keterampilan ini juga bisa termasuk soft skill dalam bentuk interaksi, negosiasi ataupun komunikasi.

10. Membuat Produk

Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan ekonomi kreatif yaitu bisa dengan membuat produk dalam bentuk grafik, desain atau yang lain sebagainya. Apabila seorang pelaku ekonomi kreatif ini bisa membuat produk yang menarik maka secara otomatis bisa mengikuti perkembangan zaman yang nantinya mampu meningkatkan ekonomi kreatif itu sendiri, dalam menghadirkan produk ekonomi kreatif sebaiknya juga menggunakan kreativitas serta ide-ide menarik sehingga menghasilkan produk yang unik.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs. Download sekarang!

google play store
350px appstore

Demikianlah beberapa pembahasan terkait upaya meningkatkan ekonomi kreatif supaya membantu dalam mendongkrak pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Banyak cara yang bisa dilakukan dalam meningkatkan ekonomi kreatif baik itu dari segi pemerintah ataupun kalangan masyarakat yang berperan sebagai pelaku ekonomi.