Undang Undang Pajak Penghasilan, Manfaat Serta Cakupannya

Membayar pajak penghasilan merupakan kewajiban bagi sebagian besar masyarakat di Indonesia yang memiliki penghasilan tahunan. Besarnya pajak tersebut bervariasi sesuai besar penghasilan, dimana tarif pajak penghasilan ini sebenarnya telah diatur dalam undang undang pajak penghasilan. Hanya saja banyak yang belum mengetahui secara lengkap seperti apa bunyi dari undang undang tersebut serta undang undang mana yang mengatur terkait dengan pajak penghasilan ini.

Dalam artikel di bawah akan dijelaskan mengenai mana saja undang undang yang membahas tentang pajak penghasilan. Mulai dari kewajiban perhitungan pajak, objek pajak, tarif pajak hingga pelaporan pajak oleh wajib pajak. Untuk memberikan informasi tersebut, berikut ini penjelasan yang lebih detil terkait dengan undang undang pajak penghasilan.

Manfaat Undang Undang Pajak Penghasilan

Sebelum mengenal lebih jauh tentang undang undang pajak penghasilan, tentu saja sangat penting mengetahui secara umum apa saja manfaat dari undang undang tersebut. Penting bagi wajib pajak memahami mengapa undang undang ini dibentuk untuk para wajib pajak di tanah air. Hal tersebut karena pada dasarnya memang undang undang ini dibuat untuk tujuan serta manfaat tertentu. Misalnya seperti yang dijelaskan berikut di bawah ini.

Manfaat Untuk Menentukan Peraturan Perpajakan Terkait Penghasilan

Yang pertama adanya undang undang pajak penghasilan tentu saja bermanfaat untuk menentukan peraturan terkait dengan hal tersebut. Seluruh cakupan yang tertuan dalam undang undang ini menekankan pada apa saja kewajiban yang harus dijalankan oleh wajib pajak, menentukan mana saja objek pajak, serta menentukan besarnya pajak yang dikenakan pada penghasilan.

Selain itu undang undang ini akan mengatur bagaimana wajib pajak harus membayar serta melaporkan besarnya pajak penghasilan setiap tahun. Sehingga dengan demikian maka tidak ada aktivitas yang terlewatkan oleh wajib pajak terkait dengan pajak penghasilan tersebut.

Meningkatkan Kepatuhan Bagi Wajib Pajak

Undang undang ini juga dibuat dalam rangka untuk meningkatkan kepatuhan bagi para wajib pajak khususnya yang merupakan warga negara Indonesia. Dengan adanya undang undang maka terdapat kejelasan mengenai apa yang harus dan wajib dilaksanakan oleh wajib pajak. Sehingga di sisi lain ada juga konsekuensi hukum dari pelanggaran yang dilakukan oleh wajib pajak terhadap undang undang tersebut.

Manfaat Undang Undang Pajak Penghasilan Dalam Mengarahkan Kewajiban Wajib Pajak

Manfaat lain dari adanya undang undang pajak penghasilan yaitu demi membantu untuk mengarahkan kewajiban oleh para wajib pajak di Indonesia. Masih banyak wajib pajak yang tidak mengetahui apa yang menjadi hak serta kewajibannya menurut apa yang diatur oleh negara. Melalui adanya undang undang setidaknya hal ini bisa menjadi arahan yang baik bagi para wajib pajak dalam melaksanakan dan mendapatkan hal tersebut.

Meningkatkan Pelayanan Pada Wajib Pajak

Undang undang pajak penghasilan juga dapat menjadi salah satu sarana untuk meningkatkan pelayanan pada wajib pajak. Dengan arahan yang jelas dalam undang undang maka tentu saja pelayanan pajak dalam negeri bisa dapat ditingkatkan. Bukan hanya itu saja akan tetapi hak para wajib pajak juga bisa didapatkan semaksimal mungkin.

Cakupan Undang Undang Pajak Penghasilan

Hal penting berikutnya yang perlu dipahami oleh wajib pajak terkait dengan undang undang pajak penghasilan yaitu apa saja cakupan di dalam undang undang tersebut. Secara umum ada beberapa bagian yang diatur dan tercakup di dalam undang undang ini. Mulai dari ketentuan umum, subjek pajak, objek pajak dan tarif pajak. Detail informasinya seperti yang dijelaskan berikut ini.

Baca Juga Artikel Tentang Bisnis Lainnya dari Transfez

Bisnis Jasa Daur Ulang
Bisnis Jasa Instalasi Listrik
Bisnis Jasa Service AC
Bisnis Jasa Setrika
Bisnis Jasa Kebersihan

Ketentuan Umum Dalam Undang Undang Pajak Penghasilan

Undang undang pajak penghasilan mengatur berbagai ketentuan umum terkait dengan pajak penghasilan itu sendiri. Yang dimaksud dengan hal ini yaitu termasuk apa saja yang dimaksud dengan definisi dari masing-masing subjek pajak dan objek pajak. Selain itu juga mengatur tentang bagaimana perubahan yang terkait dalam pajak penghasilan tersebut.

Informasi Subjek Pajak

Undang undang pajak penghasilan juga memberikan informasi yang lengkap serta akurat terkait dengan siapa saja yang menjadi subjek pajak. Sehingga sebelum melangkah lebih jauh terkait dengan perhitungan pajak penghasilan, terlebih dahulu wajib pajak memahami mana yang dimaksud dengan subjek pajak. Mana yang merupakan subjek harus terkena pajak dan mana yang tidak akan dikenakan pajak oleh negara.

Informasi Objek Pajak

Informasi penting lainnya yang tertuang di dalam undang undang pajak penghasilan yaitu mengenai apa yang dimaksud dengan objek pajak. Mana saja yang akan dan wajib untuk dikenakan pajak penghasilan. Mulai dari pendapatan wajib pajak hingga perolehan seperti hadiah, dan lain sebagainya. Termasuk juga dijelaskan mana saja objek yang tidak kena pajak atau bebas dari pajak penghasilan.

Tarif Pajak Pada Undang Undang Pajak Penghasilan

Berikut dalam undang undang pajak penghasilan tentu saja membahas mengenai besarnya tarif pajak yang dikenakan kepada objek pajak. Dengan informasi ini maka wajib pajak bisa melakukan perhitungan secara mandiri terkait besarnya pajak yang harus dibayarkan kepada negara dari besarnya penghasilan yang diperolehnya. Dalam tarif tersebut tentunya terdapat batasan besarnya pajak tergantung pada besarnya penghasilan. Makin besar penghasilan wajib pajak maka secara tidak langsung makin besar juga besarnya pajak yang harus dibayarkan.

Melalui informasi yang telah diberikan di atas, tentu sekarang wajib pajak memperoleh pemahaman apa saja hal yang tertera di dalam undang undang pajak penghasilan. Termasuk bagaimana mengetahui apa saja yang menjadi objek pajak, berapa tarif pajak yang dikenakan serta seperti apa kewajiban wajib pajak yang harus dilakukan selain membayarkan pajak tersebut.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs. Download sekarang!

google play store   350px appstore

Dengan demikian setidaknya wajib pajak memiliki wawasan yang lebih tentang undang undang yang mengatur tentang pajak penghasilan tersebut. Sehingga saat melakukan penentuan tarif atau melakukan kewajiban pajak tidak akan bertentangan dengan undang undang yang telah ditetapkan tadi.