Tips Peluncuran Produk Baru agar Dikenal Banyak Orang

Tips peluncuran produk baru memang harus diperhatikan supaya bisa dikenal oleh masyarakat luas dan bisa meningkatkan penjualan atas produk tersebut. Tanpa adanya strategi yang matang ketika melakukan peluncuran produk baru hal itu tentunya sangat sia-sia karena sasaran target tidak bisa melihat produk yang kamu jual.

Baca Juga: Cara Mudah Bertransaksi Bisnis Menggunakan Aplikasi Transfez Bisnis

Hal utama yang harus dilakukan ketika peluncuran produk baru maka harus mengenalkan produk tersebut di kalangan masyarakat umum. Launching produk merupakan langkah pertama ketika kamu memulai bisnis dan bisa berpengaruh pada keberhasilan bisnis ke depan.

Tips Peluncuran Produk Baru agar Dikenal Banyak Orang

Tips Peluncuran Produk Baru

Dalam meluncurkan produk baru pertama kalinya bisa menjadi tantangan yang sangat besar yang kemungkinan membuat kamu tidak akan percaya diri. Akan tetapi hal ini bisa diatasi dengan tahapan mulai dari melakukan riset pasar, membuat strategi penjualan, membuat perencanaan konten pemasaran sampai ke tahap persiapan launching produk dengan perhitungan yang matang.
Berikut ini strategi serta tips yang bisa kamu lakukan untuk meluncurkan produk baru di pasaran:

1. Riset Pasar

Langkah pertama yang harus dilakukan sebelum memulai bisnis yaitu dengan riset pasar terlebih dahulu. Riset pasar memiliki tujuan untuk mengkaji produk apa saja yang dibutuhkan dan diinginkan oleh konsumen, mengumpulkan saran, siapa saja yang nantinya menjadi target sasaran pemasaran, melakukan penelitian pada produk hingga bisa berdiskusi secara langsung dengan target konsumen tersebut.

Kegiatan riset pasar tentunya akan memberikan kamu pengetahuan serta indikator mengenai produk apa yang nantinya mampu memenuhi ekspektasi konsumen. Dengan demikian akan menjadi produk unggulan dan favorit dari target konsumen baik dari segi komponen, keunggulan, manfaat, varian hingga harga produk.

2. Memahami Masalah dan Bisa Diselesaikan Dengan Produk

Tips peluncuran produk baru yaitu harus mengetahui apa yang menjadi masalah yang saat ini dialami oleh konsumen dan dengan kehadiran produk tersebut bisa memecahkan masalah. Seperti halnya produk air mineral yang bisa membantu untuk mengatasi masalah haus, kekurangan cairan di dalam tubuh, dehidrasi, kebutuhan tubuh dan lain sebagainya.

Dengan demikian kamu juga harus mempunyai pemahaman yang lebih dalam terkait kegunaan produk serta untuk siapa produk tersebut akan digunakan. Sehingga kamu harus mengetahui bagaimana produk tersebut akan menjawab pertanyaan konsumen terkait kenapa, bagaimana dan siapa secara sempurna dari sudut pandang konsumen.

Lihat Juga Video Mudahnya Kirim Uang dengan Transfez ke Lebih dari 50 Negara

Lihat Juga Video Mudahnya Menggunakan Aplikasi Transfez Singapura

3. Membuat Rancangan Strategi Pasar

Tips peluncuran produk baru tentunya tidak bisa dilakukan secara sembarangan tanpa melihat kondisi dan permintaan pasar. Hal penting yang harus kamu lakukan ketika proses peluncuran produk baru tentunya membuat perancangan strategi pasar yang terdiri dari beberapa komponen sebagai berikut:

  • Produk. Produk apa yang nantinya akan kamu jual.
  • Harga. Dengan menghitung harga jual, biaya pemasaran, margin keuntungan dan lain sebagainya.
  • Tempat. Pertimbangan di mana akan melakukan penjualan produk, marketplace yang dipilih, bisnis online hingga lokasi.
  • Promosi. Penentuan gol yang nantinya ingin dicapai sebagai pelaku bisnis dan dapat mengupayakan dengan kegiatan promosi.
  • Orang. Mengetahui pada siapa atau target pasar yang bisa menggunakan produk jual tersebut.

Langkah berikutnya kamu bisa memulai bisnis dengan berbagai macam kegiatan marketing strategi seperti halnya penggunaan content marketing, melalui media sosial, digital marketing, strategi SEO dan lain sebagainya. Sehingga dapat mematangkan proses peluncuran produk yang ditargetkan pada konsumen dan dapat meningkatkan penjualan.

4. Melakukan Kerjasama yang Solid

Tips peluncuran produk baru tentunya akan membutuhkan tim marketing yang solid dan memahami visi serta misi dari peluncuran produk tersebut. Dari semua tim marketing yang ada tentunya harus terlibat dalam proses pengoptimalan komunikasi, kerjasama, diskusi, memecahkan masalah secara profesional hingga mencari gagasan yang tepat dalam menjalankan peluncuran produk baru.

5. Memahami Kompetitor dan Keunggulan Produk Jual

Tips peluncuran produk baru yang bisa dilakukan yaitu dengan menganalisis kompetitor. Dalam hal ini kamu sebagai pelaku usaha harus mengetahui bagaimana produk milik, kualitasnya, kemasan produknya, harganya, pencapaiannya sampai pada strategi promosi yang biasanya dilakukan oleh kompetitor.

Setelah itu kamu juga harus memunculkan ide inovasi serta meningkatkan kualitas pada produk supaya lebih unggul lagi dibandingkan milik kompetitor. Apabila kamu hanya merilis produk dengan kualitas yang sama atau bahkan kurang dengan nilai kompetitor tentunya konsumen akan cenderung tidak tertarik meskipun produk tersebut di launching.

Baca Juga Artikel Strategi Pemasaran Lainnya dari Transfez

Strategi Pemasaran Furniture yang Tepat Dijamin Terjual Banyak
Strategi Pemasaran Tempat Hiburan dengan Mengoptimalkan Website
Strategi Pemasaran Skincare dan Kosmetik dengan Video Tutorial
Strategi Pemasaran Perusahaan Manufaktur untuk Sukses ke Depannya
Strategi Pemasaran Ritel Bagi Pemula yang Baru Terjun di Dunia Bisnis

6. Memilih Waktu yang Tepat untuk Launching Produk

Proses launching produk baru sebaiknya jangan dilakukan terlalu buru-buru terlebih apabila produk tersebut belum siap rilis karena adanya suatu kendala. Sebelum kamu meluncurkan dan mempromosikan produk baru tentunya kamu harus memastikan terlebih dahulu konsumen saat ini sudah puas dengan penawaran produk yang sebelumnya.

Selain itu kamu juga harus memanfaatkan momen dan trend saat ini guna mendongkrak launching produk baru pada konsumen. Seperti halnya peluncuran produk baru busana muslim setidaknya dilakukan 1 sampai 2 bulan sebelum bulan Ramadan sehingga dapat mendongkrak penjualan.

7. Membuat Konten Promosi yang Menarik

Saat kamu ingin melakukan peluncuran produk baru maka siapkan konten promosi menarik terutama dengan membuat branding di media sosial. Hal ini tentunya akan membantu kamu dalam menjangkau audien yang menjadi target dan bisa meluaskan target tersebut.

Silakan kamu membuat konten yang informatif, menginformasikan keunggulan produk serta melakukan kegiatan interaksi bersama konsumen. Selain itu kamu juga bisa melakukan kerjasama dengan berbagai content creator yang berbeda dari milik kompetitor serta mengikuti trend saat ini namun harus menunjukkan keunikan.

8. Memikirkan Strategi Kampanye Produk

Membuat kampanye promosi atas produk yang lebih komprehensif tentunya bisa membantu dalam meningkatkan minat target konsumen terhadap produk baru dari brand yang kamu jual. Dalam hal ini terdapat beberapa jenis kampanye produk seperti:

• Pemberian diskon, cashback hingga voucher
• Promo launching produk
• Promosi pembelian 1 gratis 1 ataupun produk bundling
• Memberi garansi produk
• Giveaway yang dilakukan di media sosial

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs. Download sekarang!

google play store
350px appstore

Demikianlah beberapa pembahasan terkait tips peluncuran produk baru supaya dikenal oleh masyarakat dengan jangkauan lebih luas. Melalui strategi yang tepat sasaran pada target konsumen tentunya bisa mendongkrak penjualan produk ketika dilakukan peluncuran produk baru.

Instagram