Inilah Cara Membedakan Uang Asli dan Palsu

Hampir semua negara mempunyai uang yang dijadikan sebagai alat tukar sah dalam melakukan transaksi jual beli. Meskipun begitu harus tetap hati-hati dengan keberadaan uang palsu, kamu pun harus mengetahui cara membedakan uang asli dan palsu agar tidak kena tipu.

Kabar mengenai keberadaan uang palsu sekarang ini sudah bukan rahasia umum lagi dan banyak oknum melakukan itu untuk mendapatkan keuntungan. Jika uang tersebut terdeteksi uang palsu maka tidak dapat digunakan sebagai alat tukar secara resmi untuk melakukan transaksi kamu.

Cara Membedakan Uang Asli dan Palsu

Sebenarnya uang asli dan palsu mempunyai banyak perbedaan yang sangat khas dan tidak dapat ditiru. Akan tetapi bagi mereka yang tidak paham atau kurang jeli tidak akan mengetahui itu uang palsu.

Berikut inilah beberapa cara untuk mengetahui bahwa uang tersebut asli ataupun palsu:

Melihat dari segi warna uang

Bagi uang asli dan palsu memang sekilas terlihat sama namun jika kamu sudah mengetahuinya dengan jelas maka keduanya sangat berbeda. Terlebih dalam perbedaan pada warna uang pada keduanya, jika kamu memperhatikan uang pecahan pasti akan mudah menemukan perbedaan dari segi warnanya.

Salah satunya uang Rp 100 ribu asli memiliki warna keemasan yang tidak dapat dijiplak oleh uang palsu. Akan tetapi jika kamu melihat dari sudut yang berbeda maka warna dari uang asli akan berubah seperti kehijauan.

Mempunyai gambar tersembunyi pada uang

Tips melihat perbedaan pada uang asli dan juga uang palsu dengan melihat gambar tersembunyi. Uang asli mempunyai 2 gambar tersembunyi yakni gambar dengan multi warna dan juga gambar satu warna.

Contohnya uang pecahan Rp 10 ribu yang mempunyai gambar tersembunyi dan dapat kamu lihat berupa angka 10 serta adanya kombinasi warna biru, ungu serta kuning. Tidak hanya itu saja, gambar satu warna yang ada pada semua pecahan uang kertas.

Menggunakan sinar ultra violet

Cara membedakan uang asli dan palsu dengan menggunakan sinar ultra violet. Caranya dengan kamu menyinari uang pecahan menggunakan sinar ultraviolet yang sangat efektif untuk mengetahui perbedaan dari uang asli ataupun palsu.

Saat uang pecahan tersebut disinari oleh ultraviolet maka uang asli akan berpendar sementara uang palsu tidak akan mengalami hal itu. Dengan begitu kamu dapat mengetahui perbedaan uang pecahan sangat mudah agar tidak mudah tertipu.

Rectoverso

Cara melihat fitur ini dengan menerawang uang pecahan kertas yang sedang kamu bawa. Perhatikanlah lambang dari BI yang semula tidak beraturan dan jika diterawang akan membentuk lambangnya BI sangat jelas.

Baca Juga Cara Kirim Uang dengan Mudah ke Berbagai Negara

Cara Kirim Uang ke United Kingdom
Cara Kirim Uang ke Rusia
Cara Kirim Uang ke Jerman
Cara Kirim Uang ke Belanda
Cara Kirim Uang ke Prancis
Cara Kirim Uang ke Spanyol
Cara Kirim Uang ke Amerika Serikat
Cara Kirim Uang ke Singapura
Cara Kirim Uang ke Cina

Kode penyandang tuna netra

Cara membedakan uang asli dan palsu sekarang ini bukan suatu hal sulit untuk dilakukan, akan tetapi banyak di antara mereka yang menganggapnya tidak penting. Padahal dengan memahaminya maka kecil kemungkinan tertipu oleh adanya uang palsu.

Uang pecahan bentuk kertas asli mempunyai sepasang garis yang timbul di bagian sisi kanan dan juga sisi kiri. Hal ini merupakan kode yang dapat digunakan untuk mereka penyandang tuna netra agar bisa mengetahui jumlah dari uang yang dipegangnya itu.

Uang asli mempunyai Rasi Eurion

Beredarnya uang palsu yang semakin marak tetap tidak bisa membuatnya sama persis dengan uang asli. Uang asli mempunyai Rasi Eurion merupakan gambaran lingkaran berbentuk kecil di uang kertas tersebut.

Fitur ini sebagai salah satu fitur canggih yang ada di uang asli dan tidak akan bisa ditiru. Teknologi canggih apapun tidak akan bisa membuat Rasi Eurion untuk uang palsu.

Bakan baku uang pecahan asli dan palsu

Selain melihat berbagai macam fitur, cara membedakan uang asli dan palsu akan terlihat dari bahan yang digunakan. Uang asli dan palsu menggunakan bahan baku yang mana keduanya akan  berbeda.

Harus kamu ketahui bahwa uang asli menggunakan bahan baku yang berasal dari serat kapas. Selain itu uang asli juga telah dilengkapi dengan adanya benang pengaman warnanya akan berubah di sudut pandang tertentu.

Melihat tekstur uang asli dan palsu

Uang asli dan uang palsu bisa dibedakan dengan cara yang sangat mudah salah satunya melihat tekstur dari uang pecahan kertas tersebut. Uang asli mempunyai tekstur kertas yang cukup kasar terlebih pada bagian lambang negara.

Sedangkan uang palsu lebih mempunyai tekstur kertas yang cukup halus. Tidak hanya itu saja, uang palsu akan lebih mudah lecek sebab lapisan kertasnya sangat tipis jika dibandingkan dengan uang asli.

Watermark gambar pahlawan cara membedakan uang asli dan palsu

Uang asli dan palsu mempunyai banyak perbedaan yang haus dipahami oleh semua orang agar tidak terkena tipu terlebih jika kamu sedang berdagang. Uang pecahan kertas yang asli memiliki watermark dengan gambar pahlawan untuk semua jenis pecahan.

Dengan begitu kamu bisa menghafal apa saja gambar yang ada pada setiap pecahan uang guna menghindari penipuan. Banyak di antara uang kertas yang tidak memiliki watermark pada lembar pecahan uangnya.

Desain spesifik pada uang kertas asli

Pembuatan uang asli menggunakan desain yang mempunyai ukuran, desain hingga warna sangat jelas. Penampilan dari uang asli tampak sangat terang, jelas dan bahkan spesifik, ini dapat kamu jadikan sebagai cara membedakan uang asli dan palsu.

Bahkan uang palsu pun tidak akan bisa menyamainya meskipun dengan beragam cara sekalipun. Sebab uang asli mempunyai ciri yang sangat menonjol khususnya uang pecahan kertas.

Menggunakan metode 3D

Dalam melakukan pengecekan apakah itu uang asli ataupun palsu bisa dengan menggunakan metode 3D. 3D merupakan metode dilihat, diraba, diterawang yang sudah cukup umum diketahui oleh banyak orang.

Demikianlah beberapa uraian mengenai cara membedakan uang asli dana palsu dengan mudah. Setiap cara harus kamu perhatikan dengan jelas guna menghindari penipuan uang palsu.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs. Download sekarang!

play store small
app store small

Instagram