Strategi Pemasaran Asuransi untuk Meningkatkan Prospek Penjualan

Bagaimana strategi pemasaran asuransi yang tepat? Dalam setiap penjualan produk tentunya tidak lepas dengan strategi pemasaran untuk mengenalkan serta meningkatkan jumlah omset. Banyak cara yang dapat ditempuh oleh paa pebisnis guna memasarkan produk yang dijualnya.

Salah satunya pada produk asuransi yang sekarang ini sedang ramai dipilih oleh kalangan masyarakat sebagai investasi jangka panjang. Asuransi menggunakan sistem pembayaran premi yang mana bisa melindungi keuangan kamu.

Apa Itu Strategi Pemasaran Asuransi?

Strategi Pemasaran Asuransi untuk Meningkatkan Prospek Penjualan

Salah satu bentuk dari kegiatan penjualan yang mana masih banyak diminati oleh masyarakat. Asuransi sendiri merupakan nilai ekonomi yang dikumpulkan oleh seseorang ataupun corporate.

Asuransi ini menawarkan produk yang mana sifatnya maya atau bersifat tidak terlihat seperti halnya dengan instrumen investasi seperti produk pasar uang, obligasi, saham dan yang serupa. Maka dari itu dalam pemilihannya tidak bisa asal-asalan dan perlunya kamu menyesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi keuangan.

Kekurangan Penggunaan Asuransi

Asuransi merupakan aset yang tidak berwujud dan pastinya menjadi kekurangan bagi asuransi itu sendiri. Kekurangan itu berupa besaran nilai uang yang tidak bisa dilakukan prediksi secara konsisten untuk masa depan.

Inilah yang menjadikan kamu tidak boleh asal dalam memilih produk asuransi, sebab terdiri dari banyak produk yang dijual oleh asuransi. Seperti halnya asuransi pensiun atau hari tua, asuransi kendaraan, asuransi jiwa, asuransi kesehatan dan masih banyak sekali pilihannya.

Strategi Pemasaran untuk Produk Asuransi

Di tengah kondisi pandemi seperti sekarang ini pihak asuransi lebih gencar untuk menawarkan berbagai macam produknya. Hal ini dilakukan guna meningkatkan jumlah penjualan dari yang sebelumnya tidak stabil mengingat kondisi ekonomi masyarakat kurang baik.

Inilah beberapa strategi pemasaran guna menarik pada pelanggan agar mau bergabung dengan asuransi:

1. Mempelajari secara lengkap produk asuransi

Sebelum kamu menjual produk asuransi kepada masyarakat maka penting bagi kamu mempelajarinya terlebih dahulu sampai paham. Sebab produk asuransi itu mempunyai banyak jenis yang kemungkinan setiap orang membutuhkan produk yang berbeda pula.

Dan tidak mungkin saat kamu menawarkan produk dan salah satu klien bertanya kamu tidak bisa menjelaskannya dengan detail. Hal ini akan memperburuk citra asuransi dan klien tidak mau bergabung karena kesannya hanya membohonginya saja, maka penting memahami setiap produknya.

2. Membuat daftar nama klien yang akan dikunjungi

Strategi pemasaran pembuatan daftar nama secara lengkap dengan data penunjangnya akan memudahkan kamu dalam menjangkau klien dan mengajaknya bergabung bersama asuransi. Maka dari itu pembuatan daftar nama harus kamu lakukan dengan detail siapa saja yang akan menjadi target sasaran produk kamu.

Lihat Juga Video Cara Mudah Transfer Uang Ke Luar Negeri

Carilah daftar nama yang kemungkinan besar mempunyai keuangan yang stabil sehingga bisa rutin membayarkan premi. Jangkau orang di sekitar kamu dulu untuk diajak gabung pada produk asuransi.

3. Membuat proposal ilustrasi produk

Dalam perusahaan asuransi hampir semuanya mempunyai proposal ilustrasi produk. Banyaknya produk yang dijual membuat proposal itu penting untuk dibawa ketika akan menawarkan asuransi kepada klien.

Hal ini akan berpengaruh pada minat kalangan masyarakat terhadap tawaran produk asuransinya. Dengan membawa proposal potensi untuk terjualnya jauh lebih tinggi daripada kamu hanya menjelaskannya saja dengan tangan kosong.

Baca Juga Artikel Strategi Pemasaran Lainnya dari Transfez

Strategi Pemasaran Digital Lebih Menguntungkan dan Hemat Biaya
Strategi Pemasaran Farmasi dan Persaingan dengan Kompetitor
Strategi Pemasaran Furniture yang Tepat Dijamin Terjual Banyak
Strategi Pemasaran Tempat Hiburan dengan Mengoptimalkan Website
Strategi Pemasaran Skincare dan Kosmetik dengan Video Tutorial
Strategi Pemasaran Handpone untuk Membuat Konsumen Jadi Pelanggan
Strategi Pemasaran UMKM Agar Mampu Bersaing dengan Kompetitor
Strategi Pemasaran Perusahaan Jasa agar Dikenal Oleh Publik
Strategi Pemasaran Perusahaan Manufaktur untuk Sukses ke Depannya
Strategi Pemasaran Ritel Bagi Pemula yang Baru Terjun di Dunia Bisnis

4. Membuat janji temu terlebih dahulu

Strategi pemasaran yang lainnya untuk mendapatkan klien dengan membuat janji temu terlebih dahulu. Jangan tiba-tiba langsung datang dan hal itu membuat anda akan di tolak oleh pemilik rumah.

Dalam membuat janji bisa kamu lakukan via telepon yang telah tercantum pada daftar nama. Namun tidak menutup kemungkinan juga ada yang datang langsung, hal ini akan tergantung dari pihak calon klien siap menemui kamu tanpa janji atau tidak.

5. Melakukan aktivitas prospek minimal 2 kali dalam 1 hari

Dalam melakukan kunjungan untuk menawarkan produk asuransi jangan hanya mendatangi 1 daftar calon klien saja. Lakukanlah sehari minimal 2 kali atau bahkan bisa lebih untuk meningkatkan prospek kerja dan kesempatan.

Dengan kamu melakukannya lebih sering maka potensi klien untuk mengambil produk asuransi juga akan semakin besar. Jika yang satu tidak mau daftar, bisa jadi calon klien yang satunya lagi mau daftar salah satu produk asuransi sehingga jangan mengabaikan satu kesempatan yang ada.

6. Strategi pemasaran meningkatkan prospek di dunia online

Penawaran produk asuransi tidak hanya bisa kamu lakukan dengan bertemu secara langsung pada target sasaran. Penting bagi kamu meningkatkan prospek penjualan dengan melakukan dua sistem, cara yakni bertemu secara langsung dan online.

Di era digital ini banyak kemudahan yang dapat kamu manfaatkan secara maksimal, salah satunya untuk menawarkan penjualan produk asuransi. Terdapat berbagai macam jenis media online yang dapat kamu gunakan seperti halnya chatting, facebook, instagram, whatsapp dam masih banyak lagi pilihan lainnya.

7. Jangan to the poin saat bertemu klien secara langsung

Strategi pemasaran yang harus kamu perhatikan ketika bertemu dan bertatap muka secara langsung dengan klien jangan langsung menawarkan produk. Mengobrollah terlebih dahulu dan sedikit masukkan obrolan dengan pemaparan produk asuransi yang akan kamu tawarkan.

Berikanlah calon klien tentang wawasan seputar asuransi lebih dulu dan jelaskan pentingnya asuransi untuk masa depan. Selain itu penting bagi kamu meminta referensi daftar nama orang lain yang berpotensi mau untuk diajak bergabung.

8. Memberikan paparan secara jelas kepada calon klien

Saat kamu menjelaskan produk maka paparkan produk yang kemungkinan besarnya bisa bermanfaat bagi klien. Salah satunya jangan memberikan tawaran produk asuransi kendaraan bagi mereka yang terlihat tidak mempunyai kendaraan di rumahnya, hal ini justru akan membuang waktu kamu saja.

Tawarkan produk kesehatan, pensiun atau hari tua, dan jiwa yang potensi terpilihnya jauh lebih besar. Sehingga bisa menjadi pertimbangan dari calon klien untuk memilih salah satu produk asuransi.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs.

Download Aplikasi Transfez di Android
Download Aplikasi Transfez di iOs

Demikianlah uraian mengenai strategi pemasaran dalam menawarkan produk asuransi. Keberadaan asuransi mempunyai beragam pilihan yang banyak maka pastikan tepat sasaran.

Instagram