Pembukaan PCPM Bank Indonesia untuk Mendaftar Sebagai Pegawai

PCPM Bank Indonesia merupakan salah satu jalur untuk proses rekrutmen yang dilakukan oleh Bank Indonesia. Tujuan dilakukannya PCPM dari Bank Indonesia ini guna kaderisasi future leaders dalam rangka menjalankan pengisian posisi yang sangat strategis di dalam Bank Indonesia.

Apabila ingin mengikuti PCPM dari Bank Indonesia ini terdapat dua jalur bagi calon pegawai. Namun bisa dipastikan untuk bisa tergabung menjadi pegawai Bank Indonesia akan melalui proses yang cukup panjang mengingat posisi yang dibutuhkan juga sangat strategis.

Pembukaan PCPM Bank Indonesia

Pembukaan PCPM Bank Indonesia untuk Mendaftar Sebagai Pegawai

Belum lama ini Bank Indonesia sudah membuka penerimaan calon pegawai asisten manager dengan proses rekrutmen melalui jalur PCPM. Adanya pembukaan PCPM dari Bank Indonesia ini diperuntukkan bagi pelamar yang memang sudah mempunyai integritas serta dedikasi yang cukup tinggi.

Tidak hanya itu saja, Bank Indonesia juga menginginkan calon pegawai yang memiliki semangat inovasi, komitmen dalam bekerja yang dilakukan secara profesional hingga kolaborasi untuk bisa menjaga stabilitas perekonomian dalam negeri melalui rekrutmen yang dilakukannya.

Baca juga artikel tentang Bank Indonesia lainnya di Blog Transfez

Cara Mendaftar Beasiswa Bank Indonesia Dan Persyaratannya
Tujuan Didirikannya Museum Bank Indonesia dan Program Utamanya
Pembukaan PCPM Bank Indonesia untuk Mendaftar Sebagai Pegawai
Tugas dan Wewenang Bank Indonesia dalam Peranannya Sebagai Bank Sentral

Sementara itu untuk periode dalam pengisian lamaran secara online telah dimulai sejak 20 Agustus 2022 sampai 25 Agustus 2022.

Persyaratan PCPM Bank Indonesia

Bank Indonesia memberikan peluang untuk siapa saja tergabung menjadi pegawai Bank Indonesia yang memang memiliki integritas dan dedikasi yang tinggi. Adapun untuk beberapa persyaratan supaya tergabung pada PCPM di Bank Indonesia sebagai berikut:

– Pendaftar merupakan seorang warga negara Indonesia atau WNI
– Pendaftar sudah dipastikan atau dinyatakan telah lulus dalam menempuh strata pendidikan S1 atau s2
– Pendaftar memiliki nilai IPK atau indeks persentase kumulatif dengan nilai minimal 3.0 dari skala 4.0 dan program studi yang sudah ada di website pendaftaran
– Pendaftar untuk strata pendidikan S1 harus memiliki usia maksimal 26 tahun
– Pendaftar untuk strata pendidikan S2 harus memiliki usia maksimal 28 tahun.

Download Aplikasi Transfez di Googe Play Store dan App Store sekarang juga, GRATIS!

Peluang Berkarir Di Bank Indonesia

Apabila mengikuti PCPM Bank Indonesia tentunya akan mendapatkan peluang karir yang cukup bagus karena Bank Indonesia sendiri telah memberikan kesempatan untuk semua warga negara Indonesia terbaik bangsa yang telah memiliki integritas tinggi dalam memberikan kontribusi secara nyata. Khususnya untuk membantu dalam proses pembangunan perekonomian Indonesia yang nantinya akan menjadi the central bankers.

Adanya peluang yang cukup luas tersebut berguna untuk bekerja sama dengan talent profesional dunia yang memiliki keterbukaan cukup luas dan tidak hanya berputar dengan pengembangan kompetensi namun juga perluasan networking.

Bank Indonesia juga menjadi the center of learning untuk para generasi muda yang nantinya mampu menciptakan ide yang kreatif dan inovatif pada bidang moneter, sistem pembayaran, stabilitas sistem keuangan serta pengelolaan uang rupiah yang nantinya bisa menjadi Bank terbaik diantara negara emerging markets.

Jalur PCPM Bank Indonesia

Bank Indonesia telah membuka adanya lowongan kerja bagi lulusan pendidikan S1 dan S2 dengan jalur penerimaan PCPM. PCPM sendiri merupakan sebuah jalur rekrutmen yang dilakukan oleh Bank Indonesia dengan tujuan untuk kaderisasi future leaders yang berguna dalam menjalankan rangka pengisian posisi strategis pada bank.

Dalam hal ini terdapat dua jalur yang dapat diikuti yakni campus hiring dan open recruitment. Hadirnya PCPM ini terbuka bagi siapa saja yang baru lulus ataupun telah memiliki pengalaman kerja selama memang memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan, adapun untuk uraian dari dua jalur PCPM Bank Indonesia sebagai berikut:

1. Recruitment campus hiring

Campus hiring merupakan salah satu jalur rekrutmen yang dilakukan oleh Bank Indonesia supaya nantinya bisa memperoleh alumni terbaik pada setiap perguruan tinggi yang memang sudah menjalankan kerjasama baik dengan Bank Indonesia.

Adanya jalur pendaftaran melalui campus hiring ini akan dilakukan dengan cara berkoordinasi terlebih dahulu dengan career development Center yang ada di setiap perguruan tinggi di Indonesia.

Dengan demikian para pendaftar bisa mengikuti semua persyaratan yang ditetapkan oleh Bank Indonesia supaya dapat mengikuti proses seleksi yang dilakukan. Hal ini menjadi peluang yang cukup besar bagi para lulusan S1 atau S2 untuk tergabung pada recruitment campus hiring yang diselenggarakan oleh Bank Indonesia.

Cara Mendaftarkan Akun Jack untuk Kemudahan Finansial Perusahaan Anda

2. Open recruitment

Jalur pendaftaran yang bisa diikuti untuk seleksi adalah open recruitment. Jalur open recruitment ini merupakan salah satu jalur untuk mencari kandidat yang nantinya akan dilakukan secara massal dan biasanya akan diumumkan melalui beberapa media.

Bank Indonesia akan bekerja sama dengan beberapa media seperti halnya media cetak, media sosial hingga media lain untuk menginformasikan pengumuman pembukaan PCPM. Dengan demikian setiap mahasiswa yang sudah lulus dari perguruan tinggi mana saja dan memenuhi persyaratan hingga ketentuan dari Bank Indonesia memiliki kesempatan yang sangat besar untuk bisa mengikuti seleksi dengan menggunakan jalur open recruitment.

Tahapan Seleksi PCPM dari Bank Indonesia

Ketika ingin mengikuti seleksi yang kandidat PCPM yang dibuka oleh Bank Indonesia maka harus mengikuti adanya 6 tahapan jika memang lolos pada setiap tahapan tersebut maka memiliki peluang untuk bisa menjadi pegawai di Bank Indonesia. Akan tetapi tidak semua dari para peserta tersebut akan lolos ke setiap tahapannya dan hanya peserta yang lolos saja yang bisa mengikuti setiap tahapan sampai ke tahapan seleksi keenam.

Adapun untuk beberapa tahapan seleksi PCPM yang diadakan oleh Bank Indonesia guna mencari pegawai potensial sebagai berikut:

– Tahapan pertama yakni seleksi administrasi yang nantinya di tahapan ini akan dilakukan filter atas kesesuaian serta kelompok kapan administrasi milik peserta dengan kualifikasi yang memang diterapkan oleh Bank Indonesia
– Tahapan kedua yaitu seleksi tes potensi dasar dan passion organization fit dengan seleksinya dari aspek intelegensi hingga kesesuaian dari peserta mengenai value yang dimiliki oleh Bank Indonesia
– Tahapan ketiga dengan tes pengetahuan umum yang berhubungan dengan bank sentral dan bahasa Inggris
– Tahapan keempat dengan tes psikologi, tes leaders group discussion, serta melakukan tahapan wawancara psikologi yang berhubungan dengan psikologi serta kompetensi perilaku dari peserta yang nantinya akan dinilai oleh asesor bersertifikat
– Tahapan kelima dengan tes kesehatan baik itu fisik secara psikis dan mental
– Tahapan keenam dengan wawancara pada setiap kandidat yang akan bertemu secara langsung bersama pejabat tinggi Bank Indonesia.

Gunakan Transfez dengan Jack untuk kebutuhan bisnis Anda

ID CTA 1

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs. Download sekarang!

google play store   350px appstore

Demikian beberapa uraian yang perlu kamu ketahui ketika daftar PCPM Bank Indonesia. Terdapat beberapa persyaratan dan jalur pendaftaran yang perlu diketahui ketika ingin menjadi pegawai Bank Indonesia.