Piutang Dagang

Menjaga keakuratan pencatatan piutang dagang pada perusahaan dan berusaha untuk mempertahankan arus kas yang sehat adalah hal yang sangat penting. Patut diketahui bahwa keduanya sangat dipengaruhi oleh penanganan piutang yang ada di dalam perusahaan tersebut. Sehingga tentunya melaksanakan manajemen yang efektif sangat diperlukan bagi para pelaku bisnis dalam hal ini.

Baca Juga:

Cara Kirim Uang ke Singapura
Cara Kirim Uang ke Malaysia
Cara Kirim Uang ke Thailand
Cara Kirim Uang ke Jepang
Cara Kirim Uang ke Cina

Jika dilakukan secara efektif, pelaku bisnis akan menerima pembayaran tepat waktu, mampu menjaga hubungan yang positif dengan pelanggan, dan meningkatkan likuiditas perusahaan semaksimal mungkin. Namun sebaliknya, manajemen yang tidak memadai dapat mengakibatkan terbuangnya waktu yang tidak perlu hingga terjadinya resiko kesalahan akuntansi, hilangnya pendapatan, dan arus kas yang buruk.

Maka dari itu manajemen piutang dagang adalah hal yang penting untuk dilakukan. Bagi para pemilik usaha yang tertarik untuk melaksanakan manajemen tersebut secara efektif dan efisien, simak tipsnya berikut di bawah ini.

Manajemen Piutang Dagang Dengan Menggunakan Software Elektronik

Manfaatkan pembayaran online dan penagihan elektronik dalam mengatur seluruh piutang dagang dalam usaha Anda. Kertas, tagihan surat, dan cek kertas semuanya harus ditinggalkan. Karena hal tersebut membutuhkan banyak waktu untuk melacaknya. Sebagai alternatif, pemilik bisnis sebaiknya harus bermigrasi ke sistem faktur elektronik yang memungkinkan pelanggan melakukan pembayaran online dengan mudah.

Satukan proses penagihan dan pembayaran di dalam perusahaan. Jika Anda mengotomatiskan pencatatan, hal-hal yang harus Anda lacak tentu nantinya akan berkurang, sehingga kemungkinan membuat kesalahan karena kesalahan manusia akan berkurang.

Jika pemilik usaha menggunakan software invoice yang memiliki proses pembayaran terintegrasi, tentunya hal ini membantu para pelanggan untuk dapat memulai pembayaran dari tagihan mereka secara otomatis. Lewat sistem tersebut nantinya sistem akan segera mencatat pembayaran untuk pemilik bisnis melalui aplikasi tunai.

Selain itu, hal ini juga memungkinkan para pebisnis untuk menyiapkan alternatif tindak lanjut individual dan metodis jika terjadi keterlambatan pembayaran. Tanpa membuang waktu, pastinya perusahaan Anda dapat mempertahankan kendali atas pengumpulan pembayaran sekaligus menjaga komunikasi yang personal dan pendekatan mendalam untuk setiap konsumen.

Membentuk Kebijakan Terkait Piutang Dagang Yang Tepat

Tetapkan aturan kredit yang jelas sebelumnya agar para pemilik bisnis tidak memberikan terlalu banyak kredit kepada beberapa klien tertentu. Karena beberapa pelanggan tersebut bisa jadi merepotkan dan membuat keuangan perusahaan menjadi kacau. Sebaliknya permudah semua orang di perusahaan Anda untuk memutuskan apakah mereka dapat memberikan kredit kepada pelanggan saat mereka memintanya. Sehingga para konsumen yang tepat bisa mendapatkan kredit sesuai harapan mereka.

Adapun memiliki aturan yang jelas untuk pembayaran yang sudah lewat jatuh tempo memungkinkan perusahaan untuk menanganinya lebih cepat. Lewat kebijakan yang dibuat, nantinya pemilik bisnis dapat bersikap lebih proaktif. Misalnya dengan mengirimkan beberapa pengingat pembayaran sebelum tanggal jatuh tempo.

Katakan pada pelanggan Anda dan beri tahu mereka tentang pembayaran yang akan jatuh tempo. Jangan lupa bahwa setiap kali pelanggan berinteraksi dengan bisnis Anda, sartinya Anda memiliki kesempatan untuk selangkah lebih sukses.

Menggunakan Prosedur Penagihan Yang Tepat Dalam Menagih Piutang Dagang

Perjelas dan upayakan supaya konsisten terkait dengan prosedur pembayaran. Tuliskan langkah-langkahnya sehingga semua orang di perusahaan nantinya akan mengambil langkah yang sama. Adapun berikut ini harus menjadi bagian dari proses pembayaran perusahaan pada umumnya, yaitu:

  • Waktu penagihan dan tanggal pengiriman tagihan.
  • Detail apa yang harus ada pada setiap tagihan, seperti nomor pesanan pembelian, alamat, dan sebagainya?
  • Prosedur untuk menyimpan catatan.
  • Evaluasi rutin dan tindak lanjutnya.

Memastikan Tata Cara Penagihan Piutang Dagang Yang Jatuh Tempo

Berikutnya agar dapat memiliki sistem manajemen piutang dagang yang efektif, sebaiknya tentukan juga tata cara untuk melakukan penagihan pembayaran dalam bisnis Anda. Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk memastikan hal tersebut. Misalnya dengan menyertakan hal berikut dalam tata cara penagihan pada bisnis yang Anda kelola:

  • Cantumkan iinformasi penagihan untuk setiap pelanggan.
  • Dalam hal ini, setiap pelanggan harus memiliki informasi atau langkah pembayaran yang paling mudah untuk dilakukan.
  • Berikan informasi tentang skema pembayaran dan catatan untuk setiap pelanggan terkait dengan penagihan masing-masing.

Baca Juga Artikel Tentang Bisnis Lainnya dari Transfez

Bisnis Jasa Daur Ulang
Bisnis Jasa Instalasi Listrik
Bisnis Jasa Service AC
Bisnis Jasa Setrika
Bisnis Jasa Kebersihan

Pilih Sistem Otomatis Dalam Pembayaran Piutang Dagang Usaha Anda

Berikutnya tidak salah jika memutuskan untuk memiliki sistem otomatisasi terkait dengan pembayaran penagihan terkait dengan piutang dagang dalam usaha yang dijalankan. Melakukan otomatisasi kontak akun dengan para pelanggan Anda dapat membantu mengurangi tugas manual dan tentunya akan menghemat waktu sehingga mampu membuat proses penagihan Anda lebih cepat serta lebih konsisten.

Tentu saja perlu diingat bahwa melakukan tugas otomatis yang dilakukan berulang kali jika secara manual akan memakan banyak waktu, dan di sisi lain tidak menambah banyak nilai. Oleh sebab itu diperlukan solusi yang lebih nyata untuk mengatasi hal tersebut supaya manajemen piutang dagang perusahaan atau bisnis Anda akan berjalan lancar.

Menggunakan bantuan dari perangkat lunak manajemen piutang dagang dapat membantu menangani hal ini. Berkat hal tersebut akan membantu serta memungkinkan Anda mengatur semua email penagihan untuk dikirim tepat waktu saat pembayaran telah lewat jatuh tempo. Selain itu hal-hal informatif lainnya juga bisa dikirimkan secara otomatis pada pelanggan.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs. Download sekarang!

google play store   350px appstore

Dengan melihat informasi yang sudah dijelaskan tadi, rupanya dapat dilihat bahwa manajemen piutang dagang sebenarnya tidak sulit untuk dilakukan. Hanya diperlukan komitmen dari pihak pelaku bisnis dan memastikan bahwa sistem manajemen terpilih akan dilakukan. Entah itu dengan jalan menggunakan aplikasi elektronik yang sesuai, hingga melalui pembuatan kebijakan di perusahaan terkait hal tersebut.

Apabila perusahaan menerapkan sistem manajemen piutang dagang yang efektif dan efisien tadi, tentu saja keuangan perusahaan akan menjadi lebih baik. Pekerjaan terkait keuangan dan utang piutang juga akan menjadi lebih optimal. Sehingga tentu saja tanpa disadari dapat membantu meningkatkan keuntungan perusahaan secara signifikan.