Kriteria ART (Asisten Rumah Tangga)

Tidak semua ibu rumah tangga mampu mengurus rumah dengan semua pekerjaan seorang diri. Jika mengalami masalah seperti maka kemungkinan akan membutuhkan jasa orang lain dengan kriteria ART (asisten rumah tangga) sesuai kecocokan pemilik rumah.

Tidak hanya dari pemilik rumah namun juga dari pihak ART terkadang juga tidak cocok dengan pemilik rumah. Terlebih mencari ART bukan suatu hal yang mudah untuk dilakukan dengan beragam sifat dan karakter setiap orang.

Kriteria ART (Asisten Rumah Tangga)

Bagi kamu yang membutuhkan ART maka bisa memilihnya dengan tepat. Apabila pekerjaan ART tidak hanya beberes rumah namun juga mengurus anak maka harus pemilih agar tidak membahayakan anak.

Pasalnya belakangan ini banyak sekali kasus ART yang kurang baik dalam mengurus anak majikan. Inilah beberapa kriteria ART yang banyak dicari oleh tuannya:

Bisa Menjaga dan Menyayangi Anak

Tidak hanya giat dalam bekerja, seorang ART biasanya akan dituntut agar bisa merawat serta menyayangi anak majikannya dengan baik. Sebab semua ART hampir semuanya bisa melakukan pekerjaan rumah dengan baik namun tidak untuk menjaga dan menyayangi anak majikan.

Dengan demikian kecocokan antara ART dan anak menjadi salah satu poin utama dalam memilih ART. Apabila ART memiliki kemampuan dalam mengurus anak maka majikan tidak enggan untuk memberikan gaji lebih.

Jujur

Kriteria ART (Asisten Rumah Tangga) yang lainnya yakni jujur, beberapa orang menginginkan kriteria yang satu ini untuk menjaga rumah tetap aman. Hampir semua ART bisa diajari dengan pekerjaan di dalam rumah namun belum tentu sifat jujur ada pada setiap orang.

Kejujuran menjadi salah satu hal yang sangat diperhatikan oleh pencari ART dalam melakukan pekerjaannya di rumah majikan. Dari kejujuran itulah yang biasanya seseorang mampu bertahan lama dalam menjalankan pekerjaannya tersebut.

Giat

Meskipun memang sudah menjadi tugas ART untuk bisa bekerja keras namun juga banyak di antara ART yang kerja seenaknya sendiri. Sehingga dari pihak yang membutuhkan jasa ART maka biasanya akan mengutarakan kriteria dari ART yang diinginkan pada pihak jasa penyalur.

Jika ART malas-malasan maka akan pekerjaan akan bertambah dan tidak kunjung selesai. Maka dari itu beberapa majikan memiliki kriteria yang satu ini untuk mendapatkan ART.

Ramah

Kriteria ART (Asisten Rumah Tangga) yang paling penting adalah ramah. Hal ini menandakan bahwa ART tersebut orangnya bersahabat dan akan mudah menjalin komunikasi dengan majikannya.

ART yang ramah menjadi idaman para ibu rumah tangga. Dengan sifatnya yang ramah juga anak-anak akan senang diurus oleh ART.

Baca Juga Artikel Lainnya dari Transfez

Cara Cek Mutasi Rekening Bank Syariah Indonesia Lewat BSI Mobile dan ATM
Cara Cek Nomor Rekening BSI Lewat BSI Mobile dan Syarat Pengecekan
Cara Cek Saldo Rekening BSI Lewat BSI Mobile dan Internet Banking
Jenis Tabungan Bank Syariah Indonesia dan Keunggulan Produknya

Menghargai dan Menghormati

Dalam menjalankan pekerjaan sebagai ART artinya akan tinggal bersama majikan dalam waktu lama. Maka dari itu banyak di antara ART ataupun pemilik rumah harus bisa saling menghargai dan menghormati satu dengan lainnya.

Beberapa ART yang berada keyakinan dengan majikan biasanya akan bersikap beda. Dengan demikian sebaiknya kamu mencari ART yang sama keyakinannya agar sejalan untuk saling menghormati.

Memiliki Stamina Prima

Kriteria ART (Asisten Rumah Tangga) harus memiliki stamina yang prima dalam menjalankan pekerjaan rumah. Dalam mengurus pekerjaan rumah tangga bukanlah hal yang ringan karena seharian akan melakukan banyak pekerjaan tentu sangat melelahkan.

Sehingga perlu sekali mencari ART yang mencintai dan menikmati pekerjaannya itu, sebab akan berdampak pada kesehatan fisik. Dengan menyukai pekerjaan rumah tangga maka kecil kemungkinan ART tidak cepat merasakan staminanya turun, hal ini juga diimbangi oleh majikan yang memberikan vitamin pada ART.

Memilih ART Usia Produktif

Usia produktif ART yang dimaksud adalah rentang usia 18 sampai 35 tahun dan jika masih di bawahnya kemungkinan masih labil. Bagi rentang usia di atas 35 tahun sebenarnya tidak menjadi masalah karena sudah berpengalaman di bidangnya sebagai ART.

Akan tetapi dari segi fisik kurang memiliki performa layaknya ART dengan usia yang masih muda. ART usia di atas 35 tahun tentunya mempunyai kesehatan yang tidak stabil lagi sehingga membutuhkan waktu untuk istirahat lebih lama.

Loyalitas Tinggi Kriteria ART (Asisten Rumah Tangga)

Kriteria ART yang ideal yakni memiliki loyalitas tinggi dan ini harus dijadikan sebagai kriteria wajib. Meskipun memang tidak mudah dalam mencari ART dengan kriteria ini namun bukan berarti tidak ada harapan untuk mendapatkannya.

Kamu sebagai ibu rumah tangga bisa menyampaikan kriteria ini pada jasa penyalur agar mengirimkan orang yang tepat. Sehingga kriteria ART nantinya sesuai dengan keinginan kamu, sebab ART akan tinggal bersama dengan kamu dalam waktu yang lama.

Tips Memilih Asisten Rumah Tangga

Selain kamu memiliki kriteria penting pada ART ada baiknya untuk mengetahui tips dalam memilih ART untuk dipekerjakan. Pasalnya belakangan ini memilih ART bukan perkara yang mudah untuk dilakukan.

Berikut inilah beberapa hal yang perlu kamu ketahui dalam memilih ART dengan benar dan tepat agar tidak salah langkah:

  • Usahakan untuk mencari ART yang bisa dipercayai, jika kamu tidak bisa menilai setiap orang bisa memanfaatkan jasa penyalur ART
  • Pikirkan terlebih dahulu budget untuk membayar gaji dari ART yang nanti dipekerjakan sesuai dengan pekerjannya
  • Melakukan wawancara sebagai bentuk pendekatan
  • Mencari tahu pengalaman kerja dari pihak ART tersebut
  • Memberi tahu kriteria ART yang kamu butuhkan
  • Pikirkanlah jam kerja pada asisten rumah tangga
  • Memilih agen penyalur yang terpercaya dan mampu memberikan rekomendasi ART yang tepat
  • Melakukan simulasi kerja pada calon ART yang akan dipekerjakan
  • Membuat kontrak kerja hitam di atas putih untuk menguatkan.

Demikianlah beberapa kriteria ART (Asisten Rumah Tangga) yang dapat kamu pertimbangkan dalam merekrut orang lain untuk mengerjakan pekerjaan rumah tangga. Selain itu ketahui tips memilih ART yang tepat agar tidak salah pilih.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs. Download sekarang!

play store small
app store small

Instagram