Kelebihan dan Risiko Pinjaman Multiguna dengan Jaminan Aset Berharga

Pinjaman multiguna merupakan jenis dari kredit yang menggunakan jaminan untuk mendapatkannya. Pinjaman ini menjadi salah satu alternatif yang dapat digunakan terlebih bagi mereka yang sedang membutuhkan dana dengan jumlah banyak namun pencairannya memakan waktu sangat singkat.

Kehadiran kredit Multiguna memberikan banyak manfaat bagi masyarakat untuk mengambil pinjaman sejumlah dana. Biasanya dana ini diajukan oleh nasabah ketika membutuhkan dana cepat dan pencairannya dapat dilakukan dengan segera.

Pengertian Pinjaman Multiguna

Kelebihan dan Risiko Pinjaman Multiguna dengan Jaminan Aset Berharga

Pinjaman multiguna merupakan pembiayaan yang diambil oleh orang dengan kebutuhan mendesak dan butuh dana banyak. Kredit Multiguna ini dapat dilakukan kapan saja dengan kelengkapan persyaratan yang dibutuhkan dari penyedia layanan dana dan biasanya cukup menggunakan jaminan berupa BPKB kendaraan atau sertifikat rumah.

Baca Juga Artikel Cara Transfer dan Top Up Lainnya dari Transfez

Cara Transfer Uang Dari DANA Ke Bank
Cara Top Up Dana Lewat BCA
Cara Menonaktifkan Shopee Paylater

Di era digital sudah banyak fintech yang memberikan tawaran pada nasabahnya mengenai kemudahan dalam mengambil kredit multiguna melalui cara konvensional dan online. Tidak hanya pengambilannya yang mudah namun perlu diketahui produk pada kredit multiguna sebelum mengambilnya.

Kelebihan Pinjaman Multiguna

Pembiayaan dengan pencairan cepat memang menjadi incaran masyarakat yang membutuhkan. Terlebih ketika kebutuhannya sangat mendadak maka akan kredit multiguna ini akan sangat membantu.

Berikut inilah beberapa kelebihan yang bisa dirasakan masyarakat ketika menggunakan pembiayaan Multiguna:

1. Limit Pinjaman Sangat Tinggi

Kelebihan yang bisa dirasakan oleh masyarakat dengan menggunakan pembiayaan Multiguna yakni tersedianya limit pinjaman yang tinggi. Kredit Multiguna memiliki limit atau plafon pinjaman yang tinggi dengan rentang limit kredit multiguna ini antara 2 juta hingga 2 miliar.

Namun pinjaman ini hanya bisa diambil apabila memiliki jaminan berupa aset yang berharga, sehingga dari jaminan tersebut dari pihak yang memberikan pinjaman bisa mengurangi tingkat risiko kerugian saat nasabah tidak dapat melunasinya. Kelebihan ini menjadi alasan mendasar bagi masyarakat yang menginginkan kredit multiguna karena cepat cair.

2. Tenor yang Cukup Panjang

Tidak hanya limit yang tinggi dari penawaran pembiayaan untuk Multiguna. Kredit ini juga mempunyai tenor yang terbilang sangat lama atau panjang.

Nasabah juga bisa mendapatkan keringanan dalam melakukan pelunasan atas yang telah diambilnya karena kisaran tenor yang dimiliki sekitar 5 hingga 10 tahun. Hal ini juga bisa membuat nasabah untuk menghindari risiko kredit yang macet di kemudian hari.

3. Jumlah Dana Pinjaman Multiguna Lebih Besar

Dalam melakukan pinjaman ini terdapat jaminan aset yang berharga yang membuat jumlah dana kredit yang dipinjam menjadi lebih besar. Jika dibandingkan dengan Kredit Tanpa Angunan maka kredit Multiguna lebih berani memberikan sejumlah dana yang besar.

Adanya kredit Multiguna memberikan banyak kemudahan bagi orang lain terlebih bagi sejumlah orang yang membutuhkan dana dalam jumlah banyak. Dana pinjaman dalam jumlah besar sangat cocok bagi nasabah yang butuh suntikan dana untuk pengembangan bisnis ataupun untuk investasi masa depan khususnya untuk pendidikan.

Risiko Pembiayaan Kredit Multiguna

Selain terdapat kelebihan dari peminjaman Multiguna juga terdapat beberapa kekurangan dengan menggunakan jenis kredit ini. Dengan demikian perlu adanya pertimbangan yang matang pada peminjaman ini mengingat harus menggunakan jaminan aset yang cukup berharga.

Inilah beberapa risiko yang harus siap dihadapi oleh pihak peminjam dana dengan menggunakan pembiayaan multiguna:

1. Kehilangan Aset Berharga

Setiap pilihan dan keputusan yang diambil tentunya akan memiliki tingkat risikonya masing-masing. Jika memilih kredit Multiguna ini harus siap dengan risiko yang nantinya akan dihadapi ke depannya, salah satunya pada aset berharga yang telah dijaminkan.

Bagi nasabah yang nantinya tidak mampu membayarkan sejumlah dana untuk melunasi hutang yang dipinjam sebelumnya maka harus siap dengan penyitaan jaminan tersebut. Hal ini merupakan risiko yang harus dipikirkan dengan matang dan usahakan agar mempertimbangkan terlebih dahulu mengenai kemampuan melunasi hutang tersebut sebelum menjaminkan aset berharga.

2. Proses Pengajuan Lebih Lama

Menggunakan jaminan aset yang berharga tentunya memiliki nilai yang sangat besar dan berpengaruh pada pengajuan kredit sehingga pengajuannya lebih lama dibandingkan dengan Kredit Tanpa Angunan. Hal ini dikarenakan lembaga keuangan butuh waktu dalam melakukan pemeriksaan aset berharga yang telah dijaminkan dengan hati-hati, detail dan teliti.

Lihat Daftar Kode Swift Bank di Indonesia

Kode Swift Bank BCA
Kode Swift Bank Mandiri
Kode Swift Bank BNI
Kode Swift Bank BRI

Dalam melakukan pemeriksaan aset harus menyesuaikan dengan kriteria serta persyaratan yang digunakan lembaga keuangan sehingga pastikan sebisa mungkin mengajukan jaminan jauh-jauh hari agar segera diproses. Namun guna menghindari risiko di masa depan maka perlu dipertimbangkan terlebih dahulu sebelum mengajukan jaminan untuk pinjaman Multiguna.

Lihat Juga Video Cara Mudah Mengirim Uang Ke Luar Negeri

Tips Mengajukan Kredit Multiguna Agar Aman

Dalam melakukan pengajuan kredit Multiguna harus mempertimbangkan banyak hal berupa jaminan aset berharga hingga keamanan layanan yang diberikan oleh jasa peminjam. Sebab semua data pribadi akan masuk pada jasa saat memproses pengajuan pinjaman kredit Multiguna.

Supaya keamanan data pribadi tetap terjaga dengan baik maka perhatikan beberapa tips di bawah ini:

1. Menjaga Kerahasiaan Kode OTP

Janganlah kamu memberikan kode OTP yang masuk melalui SMS ataupun email kepada siapa pun. Hal ini juga termasuk pihak yang mengatasnamakan dirinya sebagai jasa pemberi pinjaman.

2. Jangan Berkomentar Sembarangan

Maraknya penggunaan media sosial harus dijaga dengan baik agar tidak mempublikasi data pribadi. Selain itu jangan berkomentar sembarangan pada setiap media sosial agar tidak memicu kebocoran data pribadi kamu.

3. Jangan Sembarangan Memberikan Data Pribadi

Tips ini sangat penting untuk diperhatikan agar tidak memberikan informasi pribadi pada siapapun baik itu yang mengatasnamakan pihak pemberi pinjaman. Data diri yang dimaksudkan adalah kata sandi, identitas diri KTP, foto selfie, NPWP dan lain sebagainya.

4. Waspada Dengan Akun Media Sosial Palsu

Dalam hal ini perlu diwaspadai apabila menemukan akun media sosial palsu. Jangan langsung percaya apabila ada pihak yang mengatasnamakan jasa pemberi pinjaman.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs. Download sekarang!

play store small
app store small

Demikianlah beberapa uraian mengenai kelebihan dan kekurangan dari pinjaman Multiguna meskipun menawarkan banyak dana. Perlu adanya pertimbangan terkait jaminan aset berharga yang akan diajukan pada kredit.

Instagram