objek pajak penghasilan

Berbicara tentang wajib pajak maka akan berbicara juga mengenai tarif pajak yang dikenakan hingga apa saja objek pajak penghasilan tersebut. Kebanyakan masyarakat atau wajib pajak di Indonesia memahami secara umum besaran dan nilai potongan pajak penghasilan yang dikenakan setiap tahunnya. Akan tetapi masih banyak yang belum mengetahui sebenarnya apa saja jenis objek pajak penghasilan yang wajib dibayarkan pajaknya.

Pengertian Objek Pajak Penghasilan

Sebelum mengetahui apa saja jenis objek pajak penghasilan, maka pertama yang perlu dipahami yaitu terkait degnan pengertian dari objek pajak penghasilan itu sendiri. Mengetahui pengertian hal tersebut akan mempermudah wajib pajak menentukan apa saja kategori penghasilan yang akan terkena pajak nantinya.

Adapun yang dimaksud dengan objek pajak penghasilan yaitu setiap pendapatan yang didapatkan oleh wajib pajak dari aktivitas ekonomi yang dilakukan. Baik itu dari aktivitas jual beli, pemberian jasa, dan lain sebagainya yang dilakukan di dalam negeri. Dimana aktivitas ini akan membantu penambahan kekayaan secara berkala maupun secara temporer bagi wajib pajak yang bersangkutan.

Melalui pengertian di atas, maka objek pajak penghasilan juga bisa dikatakan sebagai seluruh besaran penghasilan yang diterima oleh wajib pajak. Tentunya nilai atau besarnya pajak tersebut akan disesuaikan dengan peraturan yang berlaku terkait dengan tarif pajak penghasilan wajib pajak pribadi.

Jenis Objek Pajak Penghasilan di Indonesia

Dari pengertian tentang objek pajak penghasilan di atas, tentunya lebih mudah menentukan apa saja yang akan termasuk di dalam objek pajak tersebut. Terutama bagi para wajib pajak yang tinggal di Indonesia. Secara umum, dikatakan tadi bahwa objek pajak umumnya berupa penghasilan yang diterima. Oleh karena itu secara spesifik maka yang dimaksud dengan objek pajak biasanya akan meliputi hal-hal berikut di bawah ini.

Objek Pajak Penghasilan Dari Penghasilan Bulanan Tetap Maupun Tidak Tetap

Setiap wajib pajak yang menerima penghasilan dari suatu badan usaha baik sifatnya tetap maupun tidak tetap akan membuat penghasilan tersebut menjadi objek pajak penghasilan. Sehingga dengan kata lain gaji yang diterima setiap bulannya merupakan salah satu hal yang akan dikenakan pajak oleh pemerintah.

Tentu saja ada banyak macam pendapatan yang diperoleh wajib pajak, terutama terkait tentang pendapatan gaji seseorang. Bisa saja pendapatan yang diterima karena jasanya di suatu usaha, atau bisa juga penghasilan yang didapatkan karena aktivitas bisnis atau usaha milik sendiri.

Oleh karena itu besarnya penghasilan tersebut harus dibayarkan pajaknya secara berkala serta dilaporkan menurut aturan yang berlaku di Indonesia. Terutama untuk para pemilik bisnis harus bisa melaporkan keuntungan pendapatan yang diperoleh secara berkala setiap tahunnya.

Baca Juga Artikel Tentang Bisnis Lainnya dari Transfez

Bisnis Jasa Daur Ulang
Bisnis Jasa Instalasi Listrik
Bisnis Jasa Service AC
Bisnis Jasa Setrika
Bisnis Jasa Kebersihan

Objek Pajak Penghasilan Dari Bunga Deposito Ataupun Bunga Tabungan

Berikutnya yang menjadi objek pajak penghasilan bagi wajib pajak juga termasuk besarnya bunga deposito maupun bunga tabungan yang diterima oleh wajib pajak secara berkala. Seluruh keuntungan yang didapatkan oleh wajib pajak berupa bunga tersebut merupakan tambahan penghasilan yang harus dilaporkan dan dihitung besar pajaknya. Oleh sebab itu maka pemilik tabungan maupun deposito umumnya akan dikenakan pajak penghasilan secara langsung saat melakukan pelaporan pajak terhadap penghasilan yang diperolehnya tersebut.

Objek Pajak Penghasilan Berupa Hadiah Undian Maupun Penghargaan

Patut diketahui bahwa saat wajib pajak memperoleh hadiah dalam bentuk apapun, maka hadiah tersebut merupakan salah satu objek pajak penghasilan yang wajib dibayarkan pajaknya. Sangat umum bagi seseorang untuk menerima hadiah dari lomba, hadiah dari undian yang diadakan oleh pihak tertentu, ataupun menerima hadiah karena bentuk penghargaan dari pekerjaan maupun dari hal yang lain.

Besarnya hadiah tersebut harus disebutkan dalam laporan pajak dan kemudian dihitung nilai pajak penghasilannya. Sehingga bisa dibayarkan besaran pajak terkait dengan penerimaan hadiah tersebut.

Objek Pajak Penghasilan Dari Keuntungan Penjualan

Untuk para pelaku bisnis, maka dalam setiap keuntungan penjualan pada aktivitas jual beli juga termasuk salah satu dari objek pajak penghasilan. Oleh sebab itu besarnya keuntungan penjualan ini harus selalu dihitung serta dilaporkan secara resmi. Kemudian setelahnya akan dihitung komponen pajak yang wajib dibayarkan sebagai bagian dari pajak penghasilan wajib pajak tersebut.

Objek Pajak Penghasilan Berupa Dividen

Kemudian bagi wajib pajak yang memiliki saham dan berhak atas suatu dividen, maka besarnya dividen ini juga merupakan salah satu dari objek pajak penghasilan di Indonesia. Baik itu dividen dalam bentuk hasil pembelian saham, maupun dividen dari perusahaan asuransi atau dari pembagian sisa hasil usaha koperasi. Seluruh dividen yang diterima harus dilaporkan sebagai salah satu penghasilan dan nantinya akan dihitung nilai pajak yang dikenakan atas dividen tersebut.

Pengecualian Objek Pajak di Indonesia

Selain dari objek pajak penghasilan yang harus dibayarkan pajaknya, tentu saja ada pengecualian terhadap hal tersebut. Sebaiknya wajib pajak memahami mana saja penghasilan yang bebas dan tidak terkena pajak. Adapun beberapa di antaranya yaitu objek pajak sebagai berikut.

  • Bantuan atau sumbangan yang diterima dari pihak tertentu misalnya sumbangan keagamaan maupun sumbangan dari pribadi ataupun yayasan.
  • Harta hibahan yang diberikan secara cuma-cuma dari suatu pihak kepada wajib pajak.
  • Harta warisan yang diberikan baik oleh keluarga maupun oleh non keluarga dari wajib pajak.
  • Pembayaran yang dilakukan oleh perusahaan asuransi baik itu asuransi untuk kesehatan maupun asuransi untuk pendidikan dan sebagainya.
  • Iuran yang diterima dari dana pensiun yang sah.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs. Download sekarang!

google play store   350px appstore

Dengan mengetahui apa saja objek pajak penghasilan, tentu para wajib pajak sudah dapat menduga sejak awal mana saja komponen pajak penghasilan yang harus dibayarkan pajaknya. Jika wajib pajak menentukan besarnya pajak secara tepat serta membayar dan melaporkan sesuai aturan, hal ini akan membantu untuk mendukung negara agar bisa memberikan kesejahteraan pada masyarakat menjadi lebih baik lagi.