6 Cara Menghitung Penghasilan Kena Pajak Bagi Karyawan

Cara menghitung penghasilan kena pajak bagi setiap orang yang sudah bekerja mungkin termasuk hal penting. Terlebih lagi hal ini berhubungan pula dengan keuangan atau kondisi finansial seseorang. Maka dari itu perhitungannya harus dilakukan secara detail dan tepat sehingga terhindar dari berbagai macam kesalahan.

Untuk itu perlu diketahui berbagai langkah dan cara untuk melakukan perhitungan penghasilan kena pajak. Cara ini pastinya terdiri atas beberapa langkah yang perlu dilakukan secara berurutan. Apa saja langkah yang harus dilakukan bisa dilihat di keterangan dan penjelasan di bawah ini.

Buat Daftar Penghasilan Dalam Langkah Awal Cara Menghitung Penghasikan Kena Pajak

Pada dasarnya pajak penghasilan atau yang biasa disebut PPh hanya dikenakan pada wajib pajak yang bekerja. Atau bisa juga wajib pajak berpenghasilan dengan kriteria tertentu. Pajak penghasilan sendiri umumnya dikenakan pada penghasilan seluruhnya yang diterima oleh wajib pajak dalam masa pajak satu tahun.

Untuk itu siapa saja yang berpenghasilan perlu mengetahui cara menghitung penghasilan kena pajak. Hal pertama yang sebaiknya dilakukan untuk menghitung pajak atas penghasilan adalah dengan membuat daftar penghasilan. Hal ini lebih dianjurkan pada wajib pajak yang berpenghasilan tetap. Besaran gaji yang dimasukkan ke dalam daftar penghasilan ini meliputi gaji pokok serta seluruh tunjangan yang diperoleh di tiap bulan.

Ketahui Bruto Dengan Tepat

Seluruh penghasilan yang diterima baik gaji pokok maupun tunjangan umumnya disebut dengan istilah bruto. Istilah bruto ini juga biasa disebut dengan istilah lainnya yaitu penghasilan kotor. Penghasilan bruto ini pada dasarnya meliputi seluruh penghasilan yang diterima oleh pekerja dari awal hingga akhir bulan. Maka setiap wajib pajak bisa memasukkan penghasilan bruto yang diterimanya ke dalam daftar penghasilan.

Penghasilan bruto ini nantinya berkurang karena adanya beban lainnya yang harus dipenuhi. Beberapa hal memang bisa menyebabkan penghasilan bruto berkurang. Misalnya saja hutang pada perusahaan atau lembaga tempat bekerja atau juga bisa lainnya. Untuk itu perhitungan bruto sendiri sebaiknya juga dilakukan dengan tepat.

Baca Juga Artikel Tentang Bisnis Lainnya dari Transfez

Bisnis Jasa Daur Ulang
Bisnis Jasa Instalasi Listrik
Bisnis Jasa Service AC
Bisnis Jasa Setrika
Bisnis Jasa Kebersihan

Dapatkan Netto Dalam Cara Menghitung Penghasilan Kena Pajak

Setelah penghasilan bruto dikurangi beban-beban lainnya maka setiap wajib pajak akan mendapatkan netto. Bisa dibilang bahwa pendapatan atau penghasilan netto ini memiliki istilah lain yaitu penghasilan bersih.

Umumnya dalam cara menghitung penghasilan kena pajak, nantinya pendapatan atau penghasilan netto ini merupakan jumlah dari gaji pokok dan tunjangan yang diterima oleh wajib pajak di setiap bulannya.

Penghasilan netto ini kemudian dapat digunakan oleh wajib pajak untuk melakukan berbagai kegiatan pemenuhan kebutuhan hidup sehari-hari. Sebenarnya penghasilan netto yang diterima oleh wajib pajak ini turut berpengaruh pada pembayaran pajak penghasilan. Maka pajak penghasilan tiap wajib pajak juga akan berbeda.

Cari PTKP Sebagai Bagian Dari Cara Menghitung Penghasilan Kena Pajak

Dari perhitungan netto selanjutnya para wajib pajak bisa melakukan perhitungan PTKP. Apa yang dimaksud PTKP pada dasarnya merupakan Penghasilan Tidak Kena Pajak. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa besaran penghasilan netto tiap wajib pajak adalah berbeda. Maka PTKP tiap wajib pajak tentunya juga akan berbeda.

Hal ini terjadi karena adanya perbedaan besaran penghasilan netto yang diterima oleh masing-masing wajib pajak. Di samping itu beban dan tanggungan masing-masing wajib pajak juga berbeda. Oleh karena itu dari netto ini nantinya turut ditentukan cara menghitung penghasilan kena pajak tiap wajib pajak.

Untuk besaran PTKP sendiri bisa dihitung dengan mengacu pada aturan yang berlaku di negeri ini yaitu Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2021 yang berisikan Peraturan Perpajakan Seragam atau UU HPP. Menurut aturan ini disimpulkan bahwa pekerja dengan penghasilan 54 juta rupiah ke atas dalam satu tahunlah yang dikenakan pajak. Jadi bisa dibilang bahwa setiap orang yang mendapatkan besaran gaji di bawah 4,5 juta rupiah per bulan tidak wajib membayar pajak atas penghasilannya. Sedangkan pekerja dengan penghasilan bruto di atas 54 juta rupiah dalam setahun tentunya perlu menyampaikan SPT untuk melakukan pembayaran pajak.

Cara Menghitung Penghasilan Kena Pajak Melalui Hitung PPh

Wajib pajak yang memiliki penghasilan dnegan jumlah lebih dari 4,5 juta per bulan sudah seharusnya membayar PPh. Tentunya hitungan PPh atau Pajak Penghasilan ini bisa dilakukan baik secara manual maupun dengan bantuan ahli atau konsultan pajak.

Namun untuk melakukan hitungan ini sebenarnya tiap wajib pajak bisa melakukannya sendiri dengan cara yang sangat sederhana. Pertama-tama penghasilan netto yang telah dimasukkan ke dalam list penghasilan. Selanjutnya penghasilan netto ini bisa mulai dikurangi dengan besaran PTKP atau Penghasilan Tak Kena Pajak.

Yang harus diperhatikan dalam hal ini adalah ketepatan perhitungan. Dari perhitungan yang telah dijabarkan di atas nantinya akan ditemukan PKP atau Penghasilan Kena Pajak. Barulah kemudian wajib pajak bisa menentukan PPh yang menjadi kewajibannya untuk dibayarkan.

Selanjutnya PPh ini dihitung dengan beberapa ketentuan. Sebab tarif PPh bervariasi dan bergantung pada besaran penghasilan seseorang. Variasi tarif PPh ini dimulai dari 5% hingga sampai 35% dari besarnya penghasilan wajib pajak dalam setahun.

Lakukan Pembayaran Pajak

Setelah mengetahui dengan pasti besar PPh yang harus dibayarkan lewat cara menghitung penghasilan kena pajak, maka tak perlu lagi bingung mengenai apa yang harus dilakukan. Jika PPh telah diketahui dengan pasti maka setiap wajib pajak sudah seharusnya melakukan pembayaran pajak penghasilan ini.

Pembayaran pajak pastinya bisa dilakukan dimana saja sesuai dengan keinginan wajib pajak. Beberapa wajib pajak mungkin merasa lebih mudah untuk melakukan pembayaran pajak di lembaga keuangan bank tertentu. Atau bisa saja pembayaran PPh ini dilakukan di tempat lainnya.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs. Download sekarang!

google play store   350px appstore

Cara menghitung penghasilan kena pajak bisa dilakukan dengan langkah-langkah di atas. pastinya setiap wajib pajak nantinya bisa mendapatkan hitungan pajak yang tepat. Kini melakukan perhitungan pajak atas penghasilan rupanya lebih mudah dan praktis. Sebab perhitungan pajak penghasilan ini bisa dilakukan dengan menggunakan aplikasi canggih yang tersedia.