Investasi Pertanian

Pernah dengar investasi pertanian? Keberadaan investasi menjadi suatu hal yang sangat diincar oleh kebanyakan orang khususnya kaum muda. Di mana mereka bukan hanya tergiur oleh keuntungan yang akan didapatkan namun bisa mengamankan finansial dengan baik untuk sekarang dan masa depan.

Makin tingginya minat masyarakat dalam hal penanaman modal maka instrumen yang dapat dipilih pun juga tersedia begitu luas. Jika sebelumnya hanya ada saham, obligasi, emas namun sekarang sudah ada pertanian.

Pengertian Investasi Pertanian

Investasi Pertanian

Sebuah jenis penanaman modal yang tidak mengharuskan kita terjun langsung menjadi petani dan mengolah bibit hingga masa panen. Melainkan kegiatan untuk menanamkan uang yang kamu miliki pada sektor pertanian.

Kecanggihan teknologi telah memberikan kemudahan untuk kamu mencari lembaga penanamn modal khusus pertanian. Dengan begitu kamu dapat menyetorkan modalnya secara online yang mudah untuk dilakukan oleh masyarakat kapan saja dan dimana saja.

Investasi Bidang Pertanian di Indonesia

Belum banyak yang mengenal jenis penanaman modal bidang pertanian untuk di negara Indonesia. Penanaman modal ini berawal dari warga negara Indonesia yang menjalankan profesinya sebagai petani 41 persen, meskipun jumlahnya banyak namun belum bisa mengolahnya secara maksimal.

Maka dari itu kehadiran dari penanaman modal pertanian yang ada di Indonesia untuk pemanfaatan pertanian menjadi lebih maksimal. Sehingga para petani dan juga investor bisa mendapatkan keuntungan lebih dari kegiatan ini.

Lihat Juga Video Cara Mudah Transfer Uang Ke Luar Negeri

Keuntungan Menanam Modal di Pertanian Online

Bagi kamu yang tertarik untuk menanamkan modal pertanian secara online, terdapat beberapa keuntungan yang bisa kamu dapatkan dengan mudah, di antaranya:

1. Harga pendapatannya cenderung lebih stabil

Penanaman modal pertanian memberikan penawaran untuk investor di atas 5 persen untuk setiap tahunnya. Meksipun tidak selalu memberikan keuntungan yang besar namun kamu tetap bisa menikmati penghasilan dengan stabil dari penanaman modal yang telah dilakukan.

Penanaman modal pada bidang pertanian secara online juga memberikan penawaran atas potensi pertumbuhan modal yang cukup kuat serta penyewanya juga tinggi. Sehingga kamu tidak perlu ragu lagi untuk memulai penanaman modal pada bidang pertanian ini.

2. Berjalan posistif dengan adanya inflasi

Investasi pada bidang pertanian dapat berjalan secara positif dengan datangnya inflasi. Hal tersebut telah terbukti dari nilai tanahnya pertanian yang lebih menunjukkan peningkatan lebih cepat jika dibandingkan dengan inflasi.

Sehingga menjadikan penanaman modal untuk bidang pertanian sebagai pilihan yang terbaik untuk para investor tanpa takut dengan adanya inflasi. Sebab pertanian menujukkan peningkatan yang cukup tinggi dan bisa mengalahkan inflasi.

3. Tingkat keamanan modal tinggi dan resiko lebih rendah

Melakukan penanaman modal pada bidang pertanian tidak perlu diragukan lagi terlebih dengan menggunakan sistem online sekali pun. Modal yang telah kamu tanamkan pada bidang pertanian akan tetap aman dalam jangka waktu periode yang lama.

Tidak hanya itu saja, penanaman modal pertanian juga didukung dengan adanya aset yang cukup solid. Selain itu juga pasokannya pertanian yang cukup terbatas namun nilainya tidak pernah turun dan terus naik, maka dapat dipastikan jika penanaman modal untuk petanian mempunyai tingkat resiko rendah.

4. Sebagai income tambahan saat keuntungan lainnya rendah

Dalam mendapatkan keuntungan dari pertanian tidak hanya berasal dari hasil panennya saja namun juga penyewa lahan pertanian. Sehingga penanaman modal petanian ini yang paling memiliki sifat pendapatan stabil.

Hal itu menjadikan instrumen pada income tambahan yang lebih tepat saat penanaman modal lainnya cendeung lebih rendah. Dengan begitu pendapatan atau keuntungan bisa diperoleh dari sisi lain pertanian.

5. Memberikan pengembalian total yang cukup tinggi untuk investasi

Penanaman modal dalam bidang pertanian dapat memberikan pengembalian total yang cukup tinggi. Hal tersebut dikarenakan pertanian mampu mengasilkan keuntungan dari beberapa hal.

Seperti halnya hasil panen dari para petani, apresiasi tanah, ekuitas paksa hingga penghasilan yang lainnya. Tidak heran jika keuntungan dari menamam modal pada pertanian begitu tinggi tanpa disadari oleh banyak orang.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs.

Download Aplikasi Transfez di Android
Download Aplikasi Transfez di iOs

Penanaman Modal Syariah

Tidak jauh berbeda dengan instrumen penanaman modal yang lainnya, namun kali ini lebih bergerak pada sistem syariah. Pengelolaan dana penanaman modalnya pertanian dari pembagian keuntungan untuk investor dilakukan sesuai dengan ketentuan syariat Islam.

Untuk kamu yang berminat terjun pada bidang ini bisa memilih platform penanaman modal pertanian di mana menjalankan sistem syariah. Sehingga keuntungan sudah terhindar dari hal yang kurang baik.

Platform untuk Menanam Modal Pertanian

Terdapat beberapa platform untuk investasi pertanian yang dapat kamu jadikan sebagai pertimbangan untuk ikut serta. Pada umumnya platform yang ada di Indonesia ini menggunakan sistem dari P2P Lending.

Berikut platform yang dapat kamu gunakan dan sudah terdaftar pada OJK, di antaranya:

1. TaniFund

Platform P2P Lending yang mana fokusnya dalam bidang industri agrikultur di Indonesia. Platform ini akan mempertemukan petani lokal melalui dana pinjaman modal produktif yang mana resikonya terukur dengan dampak sosial.

Dengan platform ini kamu dapat membantu dalam pembangunan akses permodalan agar bisa mensejahterakan petani lokal. Kamu dapat memulai penanaman modal minimal 5 juta.

2. Investasi Vestifarm

Penanaman modal di Vestifarm dapat membantu pendanaan proyek budidaya tani. Keuntungan yang dapat kamu peroleh dari bagi hasil panen ketika sudah dijual.

Tidak hanya pertanian saja namun Vestifarm juga melakukan kerjasama dengan penanaman modal di peternakan. Hingga sekarang ini jumlah investor sudah mencapai 2888 jiwa.

3. Crowde

Sebagai investor pertanian untuk membantu kesejahteraan petani dengan menggunakan platform Crowde. Dengan demikian bisa membantu meningkatkan taraf hidup pertani dan juga pertumbuhan ekonomi yang ada di Indonesia.

Cara melakukan penanaman modal di Crowde mulai dari 10 ribu saja. Sementara itu tingkat bunga yang akan kamu dapatkan sekitar 6 hingga 18 persen dengan waktu pengembaliannya 1 hingga 12 bulan.

Itulah tadi beberapa penjabaran tentang investasi bidang pertanian. Cara memulainya cukup mudah hanya dengan menanamkan modal ke aplikasi yang tersedia di atas.

Instagram