Dunia Investasi

Bagaimana dunia investasi saat ini? Seiring perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin canggih ini memberikan peluang kalangan masyarakat sebagai investor. Mengingat investasi atau penanaman modal menjadi salah satu kegiatan yang cukup menguntungkan bagi para investor untuk mendapatkan penghasilan stabil.

Sebagai investor sangat penting untuk mempelajari dan memahami dunia investasi agar bisa berjalan dengan lancar. Sebab kegiatan yang satu ini tidak hanya mendatangkan keuntungan besar, jika salah dalam mengambil keputusan maka akan hancur dan kehilangan dana.

Pengertian Investasi

Dunia Investasi

Pada umumnya sebagai kegiatan yang menguntungkan untuk masa depan dari modal awal di mana sudah ditanamkan ketika memulainya pada lembaga terpercaya. Keuntungan dari kegiatan ini tidak hanya untuk mendapatkan penghasilan ratusan ribu saja.

Jika dilakukan dengan menggunakan strategi khusus maka investor bisa mendapatkan keuntungan hingga miliaran rupiah. Tidak jarang, kegiatan ini justru dilakukan untuk mewujudkan tujuan dari finansial lebih cepat dan mudah.

Instrumen Penanaman Modal

Pada kegiatan untuk menanamkan modal mempunyai instrumen yang sangat beragam. Setiap jenisnya memiliki tingkat keuntungan dan juga resiko yang berbeda pula, pada umumnya semakin tinggi bunga keuntungan maka resiko juga lebih tinggi.

Bagi investor pemula sangat diwajibkan untuk menentukan pilihan dari penanaman modal yang sesuai dengan kemampuannya dari segi finansial ataupun wawasan. Inilah beberapa jenis dari penanaman modal yang dapat kamu ketahui:

1. Reksadana

Salah satu kumpulan dana yang dilakukan pengelolaan oleh manajer investasi dalam melakukan penanaman modal seperti halnya pembelian obligasi, saham ataupun instrumen yang lainnya.

2. Deposito

Produk dari perbankan yang dapat kamu jadikan sebagai bentuk penanaman modal dengan melakukan pencairan dana dalam jangka waktu tertentu. Sehingga tidak bisa melakukan pengambilan dana diluar waktu yang sudah ditentukan dan menjadi kesepakatan di awal.

3. Saham

Penanaman modal pada pasar modal caranya dengan memberikan tingkat keuntungan yang begitu tinggi. Tidak heran jika banyak yang memilih instrumen ini untuk mengalokasikan finansialnya.

4. Obligasi

Surat utang yang mana penerbitannya dari pihak berutang pada pihak berpiutang. Obligasi ini merupakan surat utang yang dapat dibeli dan pembelinya juga akan mendapatkan keuntungan berupa kupon ataupun bunga.

5. Emas

Salah satu instrumen yang cocok untuk dimanfaatkan dalam jangka panjang. Kamu dapat menginvestasikan sejumlah modal yang dimiliki dengan emas logam mulia.

6. Properti

Jenis lain dari penanaman modal yakni dalam bidang properti yang mempunyai keuntungan menjanjikan untuk masa depan. Pembelian properti real estate dapat ditunjukkan agar bisa mendapatkan Return o Investment atau ROI baik dalam melalui sewa, penjualan kembali ataupun gabungan dai keduanya.

Pada umumnya melakukan penanaman modal properti ini diperuntukkan bagi investor yang sudah mempunyai modal begitu besar. Sehingga bisa memilih properti dengan budget yang sudah ia miliki sebelumnya.

7. Peer to peer Lending atau P2P Lending

Salah satu bentuk instrumen dari investasi di financial technology atau fintech dengan mempertemukan orang yang membutuhkan dana pinjaman. Sehingga bisa menjembatani orang yang membutuhkan dana pada mereka yang siap untuk meminjamkan dananya.

Saham Menjadi Penanaman Modal Paling Populer

Meskipun memang bentuk dari instrumen penanaman modal cukup bervariasi namun keberadaan saham menjadi paling populer belakangan ini. Tidak hanya untuk kalangan dewasa saja atau khusus orang sukses, anak muda juga bisa terjun langsung dalam dunia penanaman modal jika sudah berani memainkan saham.

Terdapat beberapa alasan yang membuat posisi dari saham menjadi begitu populer dan banyak diminati, berikut alasannya:

• Memberikan 2 jenis keuntungan capital gain dan dividen
• Memberikan nilai hasil tinggi
• Transaksinya juga mudah
• Harga dari saham sangat terjangkau
• Modal untuk melakukan penanaman bisa dimulai dari 100 ribu
• Dapat dijadikan sebagai tabungan jangka panjang
• Pergerakan dari saham mengikuti lajunya inflasi
• Sifatnya transparan dan likuid
• Pajak saham sederhana
• Penanaman modalnya aman untuk dilakukan

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs.

Download Aplikasi Transfez di Android
Download Aplikasi Transfez di iOs

Tips Sukses Pada Dunia Investasi

Bagi kamu yang tertarik untuk gabung pada dunia penanaman modal ini terdapat tips sukses agar kamu bisa menjalankannya secara maksimal. Berikut tips sukses yang tidak hanya berlaku untuk penanaman modal saham saja namun juga untuk yang lainnya:

1. Mengelola keuangan secara bijak

Jika kamu ingin memulai kegiatan penanaman modal maka haus mampu mengelola keuangan dengan bijak. Apabila ternyata keuangan kamu sedang berantakan maka sudah dapat dipastikan kegiatan penanaman modal tidak akan berjalan dengan lancar.

Dengan begitu kamu juga harus memiliki pengelolaan keuangan dengan cara yang baik. Aturlah pos dari pengeluaran dengan bijak dari kebutuhan setiap hari maupun bulanan, langkah kecil ini akan menentukan kesuksesan kamu dalam menanam modal.

2. Memilih investasi yang sudah dipahami

Terjun pada dunia penanaman modal memang tidak begitu mudah, makanya perlu bagi kamu memilih jenis yang tepat. Jangan hanya berdasarkan saran saja, hal palin penting adalah kamu benar-benar bisa menjalankannya.

Selain itu juga jangan lupa untuk memilih jenis penanaman modal yang sesuai dengan kemampuan dari finansial serta tujuan dari keuangan kamu. Contohnya sebagai pemula memilih modal terjangkau dan resiko rendah seperti halnya reksadana, obligasi dan lainnya.

Lihat Juga Video Cara Mudah Transfer Uang Ke Luar Negeri

3. Memisahkan dana untuk penanaman modal

Seperti halnya dengan cara menabung, kamu juga perlu memisahkan dana untuk penanaman modal dan juga kebutuhan dengan memiliki rekening khusus. Tujuannya agar dana yang ada tidak digunakan untuk kepentingan yang lainnya.

4. Waspada terhadap penanaman modal ilegal

Makin banyak orang tergiur dengan penanaman modal maka hal ini akan dimanfaatkan oleh para oknum yang tidak bertanggungjawab. Banyak dari mereka yang akan melakukan penipuan dengan mendapatkan uang dari cara curang.

Kamu harus waspada dalam kejadian seperti ini apalagi terdapat oknum yang menawarkan penanaman modal dengan bunga tidak jelas. Pastikan kamu melakukan pengecekan terlebih dahulu pada Otoritas Jasa Keuangan.

Demikianlah beberapa uraian tentang investasi yang banyak digunakan oleh kalangan. Kegiatan bermanfaat ini memiliki banyak instrumen yang dapat dipilih.