Investasi Saham

Pernah mendengar soal investasi saham? Sekarang ini sudah marak minat kalangan masyarakat dengan investasi dari berbagai jenis. Salah satunya yang paling populer dan digemari yakni investasi saham.

Keberadaannya makin dikenal termasuk anak muda karena dapat dilakukan secara online. Saham mempunyai potensi return yang cukup tinggi dan menjadi daya tarik utama untuk kalangan.

Tips Menjalankan Investasi Saham

Investasi Saham

Dalam menjalankan saham memang bukan suatu hal mudah untuk dilakukan. Namun dengan mengetahui tips di bawah ini terdapat kemungkinan kamu bisa mendapatkan keuntungan lebih dari saham.

Berikut inilah beberapa tips yang bisa kamu gunakan untuk bergerak pada bidang saham:

1. Jangan memasukkan semua modal dalam satu investasi

Ibarat meletakkan semua telur pada satu keranjang akan pecah semua jika jatuh. Begitupula untuk menanam modal jangan semua dana yang kamu miliki dimasukkan dalam satu tempat saja, alokasikan ke beberapa tempat.

Diversifikasi yang nantinya kamu lakukan bisa memberikan perlindungan untuk kamu, jika penanaman modal yang satunya sedang menurun maka kamu bisa mendapatkan penghasilan dari lainnya. Dengan adanya diversifikasi maka bisa mengoptimalkan keuntungan serta meminimalisir terjadinya resiko pasar.

2. Menanamkan komitmen pada diri kamu

Menanam modal untuk saham bukan tentang kemahiran, namun juga penting untuk menjaga semangat kamu tetap konsisten. Kamu harus sabar dan tetap konsisten untuk memahami saham kemudian melakukan pembelian dan memantau pergerakan dari saham tersebut.

Sebagai pemula sebaiknya kamu memilih investasi jangka panjang untuk saham dengan kapitalisasi lebih besar karena kinerjanya sudah sangat stabil. Kamu akan mendapatkan keuntungan dari benih yang ditanam untuk beberapa tahun setelah menjualnya.

Lihat Juga Video Cara Mudah Transfer Uang Ke Luar Negeri

3. Melakukan riset pasar jangan asal tebak

Menanam modal bukan untuk bermain tebak-tebakan, kamu harus melakukan riset pasar selayaknya orang melakukan bisnis. Kinerjanya sebuah perusahaan di masa depan dapat dilihat dari pergerakan sahamnya, makin percaya diri maka harga sahamnya bisa cenderung terus meningkat.

Janganlah kamu melakukan pembelian saham hanya ikutan saja, pelajari setiap historis dan kinerja keuangan pada perusahaan dalam beberapa tahun terakhir ini. Jika dalam mengelola perusahaan bagus, likuiditas saham juga terjaga, maka kamu tidak perlu meragukan lagi untuk menanam saham di perusahaan tersebut.

4. Keuntungan dan Kerugian Investasi pada Saham

Keuntungan dalam menanamkan saham yakni mendapatkan capital gain dari kenaikan harganya saham yang kamu miliki. Tidak hanya itu saja, keuntungan dari pembelian saham mendapatkan hal dividen ataupun pembagian keuntungan atas perusahaan.

Sementara itu untuk kerugian menanamkan saham pastinya capital loss berupa kerugian atas kejadian penurunan harga saham yang telah dibeli. Kerugian lainnya yakni dari pembelian saham yang menjadi resiko likuidasi maupun apabila sebuah perusahaan yang mana sahamnya sedang kamu beli dan mengalami kebangkrutan usaha.

Cara Pembelian Saham untuk Pemula

Masyarakat awam yang baru memulai pembelian saham pastinya bingung tentang bagaimana cara melakukan pembeliannya. Pada prinsipnya membeli saham dapat dilakukan oleh siapa saja dan kapan saja.

Dalam pembelian saham kamu harus menyiapkan dana sebesar harga saham yang ada pada sebuah perusahaan. Berikut inilah beberapa tahapan pembelian saham yang dapat kamu ikuti:

1. Melengkapi persyaratan dokumen

Pada awal kamu akan melakukan pendaftaran maka menyiapkan dokumen pribadi terlebih dahulu. Seperti halnya NPWP, KTP, buku tabungan dan materai.

Datang langsung ke sebuah perusahaan sekuritas terdekat untuk melakukan pendaftaran. Alternatif lainnya yakni melakukan pendaftaran melalui online yang mana aplikasinya sudah disiapkan oleh perusahaan sekuritas.

2. Layanan transaksi jual beli saham perusahaan

Perusahaan sekuritas yang ada di Indonesia serta layanan transaksi jual beli saham di BEI dapat dilihat langsung pada situs resminya Bursa Efek Indonesia. Dari situ kamu akan mendapatkan infomasi lengkap mengenai harga saham yang bisa kamu beli sesuai dengan kecukupan dana.

3. Pengisian formulir pendaftaran

Jika sudah melakukan pengecekan maka bisa langsung mengisi formulir pendaftaran menjadi investor pasar modal yang sudah tersedia pada perusahaan sekuritas. Dengan pendaftaran sebagai investor tersebut maka kamu bisa melakukan transaksi jual beli saham dengan mudah pada perusahaan sekuritas.

4. Melakukan pengiriman dan awal

Pengisian formulir yang sudah selesai investor bisa langsung menyetorkan sejumlah dan awal pada nomor rekening dana investor atau RDI. Setiap perusahaan sekuritas mempunyai ketentuan yang semuanya berbeda dalam hal besaran dana awal yang memang harus disetorkan.

5. Pendaftaran investor selesai

Ketika proses pendaftaran sudah selesai, investor sudah memiliki akses untuk masuk ke akun dan dapat bertransaksi jual beli saham. Seperti halnya PIN untuk melakukan transaksi, user ID dan password untuk masuk ke akun milik perusahaan yang sudah kamu setorkan dana awalnya
Pendaftaran selesai maka kamu sudah bisa membeli saham pada jam bursa. Pastikan kamu memiliki cukup dana dingin untuk ditanamkan pada perusahaan sekuritas.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs.

Download Aplikasi Transfez di Android
Download Aplikasi Transfez di iOs

Aplikasi Saham Terbaik dan Aman

Tidak banyak aplikasi saham yang bisa kamu gunakan untuk melakukan investasi. Inilah beberapa aplikasi yang dapat kamu coba karena telah terbukti keamanannya.

1. Ajaib

Aplikasi untuk melakukan penanaman modal saham yang terus mengalami peningkatan selama tahun 2021 ini. Ajaib sebagai platform yang menyediakan layanan trading saham sampai penanaman modal reksa dana aman untuk digunakan para kaum milenial.

2. Investasi Stockbit

Awal kehadirannya menjadi komunitas forum trading saham yang banyak menawarkan manfaat bagi investor untuk saling bertukar informasi tentang emiten rekomendasi saham. Aplikasi Stockbit makin dikenal setelah menghadirkan fasilitas jual beli dengan adanya kerjasama bersama Sinarmas Sekuritas.

3. Bibit

Aplikasi Bibit namanya makin menjulang tinggi setelah menggandeng para influencer agar mau melakukan penanaman modal. Bibit juga sangat terkenal oleh kalangan anak muda karena memang menawarkan harga penanaman modal yang cukup rendah.

4. Bareksa

Aplikasi saham terbaik lain yakni Bareksa yang telah mendapatkan pengawasan dari OJK. Bareksa memiliki 150 lebih produk reksa dana pada ranah konvensional ataupun syariah.

Demikianlah beberapa uraian tentang investasi mengenai saham pada perusahaan. Memulai penanaman modal saham tidak begitu sulit, kamu bisa memulainya dari aplikasi.