Kuliah S2 di Australia

Australia termasuk salah satu negara yang dituju untuk melanjutkan kuliah S2 di Australia. Bahkan, ratusan mahasiswa dari seluruh dunia selalu datang untuk belajar di sana setiap tahunnya. Memang Australia sudah dikenal memiliki faktor menarik pengunjung. Faktor Iklim yang bersahabat hingga keramahan masyarakatnya begitu disukai mahasiswa asing.

Baca juga: Biaya Kirim Paket ke Australia pada Berbagai Jasa Ekspedisi

Tidak hanya faktor itu saja, masih ada alasan lainnya kamu perlu kuliah S2 di Australia tersebut. Simak ulasannya di bawah ini.

1. Kualitas Pendidikan yang Diakui Dunia

Seperti yang sudah disebutkan bahwa pendidikan di Australia sudah diakui kualitasnya sejak lama. Bisa kita lihat baik itu level program sarjana maupun pascasarjana. Kualitas pendidikan di Australia tidak terlepas dari banyaknya dosen berkualitas, fasilitas modern, hingga berbagai layanan pendukung yang dapat dipercaya. Kombinasi hal tersebut membuat lulusan Australia memiliki skill dan pengetahuan yang diakui di dunia kerja.

Selain itu, berbagai universitas di Australia juga mampu unggul dan masuk peringkat teratas pada level dunia. Saat ini, ada 7 universitas di Australia yang berhasil mendapat peringkat 100 terbaik dunia menurut QS World University Rankings 2023.

Ketujuh universitas tersebut antara lain The Australian National University, The University of Melbourne, The University of Sydney, The University of New South Wales, The University of Queensland, Monash University, dan The University of Western Australia.

Tidak sampai itu saja, ada berbagai program beasiswa yang ditawarkan di Australia. Salah satu beasiswa yang paling terkenal adalah Australia Awards Scholarship. Ditambah lagi, ada berbagai program beasiswa yang ditawarkan oleh setiap universitas. Dengan kata lain, kesempatanmu untuk mendapat beasiswa di Australia sangat terbuka lebar.

2. Riset dengan Kualitas yang Sangat Unggul

Apabila FezFriend ingen melakukan riset untuk kuliah S2 di Australia, tidak perlu kawatir. Kualitas riset di Australia juga sudah dikenal dunia. Perlu kamu ketahui bahwa penicillin, Wi-Fi, dan alat bantu pendengaran adalah sebagian kecil penemuan penting dunia yang ditemukan oleh alumni universitas di Australia.

Hal tersebut menjadi bukti kalau Australia adalah salah satu negara unggulan pada bidang riset dan pengembangan (R&D). Bisa dikatakan, ebih dari 90 persen penelitian di Australia memiliki kualitas level dunia.

Jika kamu mempunyai ketertarikan besar pada bidang riset, hal tersebut merupakan kabar baik. Di sini, kamu bisa sering melakukan evaluasi terhadap penelitian orang lain sambil mengerjakan proyek penelitianmu sendiri.

Universitas-universitas di Australia juga mempunyai dana riset yang sangat besar. Sekitar AUD 12,2 juta telah digelontorkan pada tahun 2018 silam. Hal ini menunjukkan kalau pemerintah Australia mendukung dunia riset pada berbagai institusi pendidikan tinggi dunia.

Baca Juga Cara Kirim Uang dengan Mudah ke Berbagai Negara

Cara Kirim Uang ke Belgia
Cara Kirim Uang ke Austria
Cara Kirim Uang ke Amerika Serikat
Cara Kirim Uang ke United Kingdom
Cara Kirim Uang ke Singapura

3. Kenyamanan Hidup Termasuk Tinggi

Kualitas hidup yang sangat baik di sana juga jadi magnet tersendiri untuk mahasiswa di sana. Australia sendiri masuk peringkat ke-6 dunia yang memiliki kualitas hidup terbaik. Penilaian tersebut tentunya karena mempertimbangkan beberapa faktor, seperti kondisi pasar kerja, tingkat pengangguran rendah, stabilitas ekonomi-politik, keamanan, serta kualitas sistem pendidikan.

Selain memiliki kualitas hidup tinggi, masyarakat di Australia juga terbuka dengan mahasiswa-mahasiswa dari luar negeri. Penduduk Australia sejak dulu terkenal memiliki kepribadian santai, suka dengan gaya hidup yang tenang, serta benar-benar menerapkan prinsip hidup seimbang.

Melalui sikap penduduk yang terbuka ini, proses adaptasimu di sana akan jadi lebih mudah. Selain itu, kamu juga dapat menghabiskan waktu luang dengan melakukan aktivitas menyenangkan bersama penduduk Australia.

4. Kesempatan Kerja yang Banyak Setelah Lulus

Kamu punya kesempatan untuk bekerja selama dua hingga tiga tahun di Australia setelah lulus dari program master. Tentunya ini adalah kabar bagus lainnya untuk calon mahasiswa internasional yang menempuh studi di sana.

Durasi tinggalmu nantinya akan bergantung pada jenis program studi yang dipelajari. Jika lulus program master, maka kamu berhak bekerja di sana selama dua tahun sejak lulus. Sementara itu, jika kamu adalah lulusan master program riset, maka bisa bekerja di sana hingga tiga tahun lamanya.

Jika kamu memutuskan untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang PhD, maka bisa tinggal di Australia dan bekerja selama empat tahun sejak lulus. Bagaimana jika kamu ingin tinggal menetap di negara itu? Jika kamu mempunyai riwayat pendidikan dan pengalaman kerja di Australia, bisa mengajukan visa permanent residency ke pemerintah Australia.

Untuk mengajukan visa ini, kamu harus mengikuti serangkaian proses mendapat visa pekerja. Dikenal dengan program SkillSelect, biasanya diselenggarakan oleh pihak imigrasi Australia. Nantinya, mereka akan menilai seberapa layak kamu dapat izin permanent residency. Biasanya dapat dilihat berdasarkan riwayat pendidikan, pekerjaan, kemampuan bahasa Inggris dan lain sebagainya

5. Dapat Bekerja Paruh Waktu dengan Fleksibel

Kamu dapat bekerja paruh waktu hingga 20 jam per minggu. Bisa dikatakan, ini adalah salah satu keuntungan utama ketika mengambil program master di Australia. Bahkan, ini juga adalah kesempatan kerja full-time ketika musim liburan.

Kesempatan ini juga dapat membantumu menambah pemasukan untuk biaya hidup. Bahkan, bisa sekaligus memperoleh pengalaman kerja. Dengan upah minimal sebesar AUD 20,33 per jam, penghasilan yang kamu dapat dari kerja paruh waktu sudah cukup kebutuhan selama tinggal di Australia. Tentunya jumlah tersebut dapat memenuhi kebutuhan mulai dari makan, hiburan, belanja, dan biaya bepergian.

6. Kesempatan dalam Mengasah Bahasa Inggris

Ketika memutuskan kuliah S2 di Australia, tentunya kemampuan bahasa Inggris kita harus bagus. Pastikan bahwa kamu sudah mempunyai skor IELTS yang memenuhi standar di universitas atau program tujuanmu sebelum mendaftar kuliah di sana.

Pengalaman menempuh studi di Australia juga bisa membuat kemampuan bahasa Inggrismu meningkat pesat. Selama tinggal beberapa tahun di Australia, kamu dapat banyak kesempatan untuk meningkatkan dan mengembangkan kemampuan bahasa Inggris. Kemampuan dalam memahami bacaan, menulis serta melakukan percakapanmu akan terasah optimal di sini.

Mau kirim uang ke luar negeri? Transfer internasional dari Indonesia menggunakan Transfez

Official Youtube Account Transfez

Bagaimana dengan transfer internasional ke luar negeri dari Indonesia? Ini dia beberapa cara yang bisa kamu lakukan.

Akun Transfez dapat dibuat dengan gratis, serta mampu memfasilitasi pengiriman uang internasional dengan biaya yang lebih hemat, transparan, aman dan cepat ke rekening bank di luar negeri.

Langkah pengiriman dengan Transfez dengan mudah dan sederhana:

1. Daftarkan akun di aplikasi Transfez,
2. Tentukan jumlah yang akan dikirim,
3. Verifikasi identitas kamu,
4. Masukkan informasi penerima uang,
5. Lakukan pembayaran,
6. Pengiriman uang selesai dilakukan.

Pelajari lebih lengkap tentang cara kirim uang ke luar negeri dengan Transfez di sini, selain itu, kamu juga mungkin tertarik untuk mencoba kalkulator kurs Transfez atau daftar destinasi negara tujuan untuk melihat jumlah uang yang akan diterima oleh penerima ketika menggunakan Transfez.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs. Download sekarang!

google play store   350px appstore

Selain bahasa Inggris dalam forum-forum formal, kemampuan bahasa Inggris sehari-harimu juga pastinya meningkat pesat. Mungkin awalnya kamu merasa bingung karena masyarakat Australia banyak memakai istilah slang. Akan tetapi, kamu bisa cepat beradaptasi dengan istilah dan berbagai frasa seiring berjalannya waktu.