Contoh Kegiatan Ekonomi Kreatif yang Menghasilkan Karya dan Produk

Contoh kegiatan ekonomi kreatif sebenarnya cukup banyak karena ekonomi kreatif sendiri sebagai konsep ekonomi yang lebih mengedepankan pada ide, kreativitas serta pengetahuan manusia. Kehadiran dari ekonomi kreatif ini menjadi salah satu dari bentuk inovasi yang dibutuhkan pada era industri 4.0.

Baca Juga: Cara Mudah Bertransaksi Bisnis Menggunakan Aplikasi Transfez Bisnis

Sehingga tidak heran lagi jika banyak kalangan anak muda yang lebih tertarik untuk melakukan pengembangan ekonomi kreatif dengan menghadirkan berbagai macam produk unggulan dengan memanfaatkan ide dan kreativitasnya. Bahkan untuk menekuni bidang yang ada di dalam ekonomi kreatif ini harus mempunyai kemampuan secara intelektual ataupun skill memadai sehingga mampu menghadirkan produk-produk unggulan yang unik dan menarik.

Contoh Kegiatan Ekonomi Kreatif yang Menghasilkan Karya dan Produk

Contoh Kegiatan Ekonomi Kreatif

Dalam menjalankan sebuah ekonomi kreatif tentunya harus memiliki ide yang brilian dan berbeda dengan produk-produk lainnya. Berikut ini adalah contoh dari kegiatan ekonomi kreatif yang memberikan keuntungan banyak namun tetap mengutamakan kemampuan intelektual dan skill unggul yang dimilikinya.

Berikut inilah beberapa contoh dari kegiatan ekonomi kreatif yang dapat kamu ketahui:

1. Advertisement

Advertising ataupun iklan memang sangat dibutuhkan karena memiliki peranan yang sangat penting untuk menjangkau banyak orang dan biasanya advertising ini dibutuhkan oleh para perusahaan yang membutuhkan iklan dalam pengenalan produk yang dimilikinya sehingga dapat dikenali oleh banyak konsumen. Supaya produk yang telah dipromosikannya tersebut menarik banyak calon konsumen maka pembuatan iklan juga harus dibuat semenarik mungkin.

Dalam proses pembuatan iklan lemari memang bukan suatu hal yang mudah karena akan membutuhkan ide kreatif dan inovatif yang mumpuni. Advertisement merupakan salah satu contoh dari ekonomi kreatif yang sekarang ini keberadaannya sangat dibutuhkan dalam melakukan kegiatan promosi produk ataupun jasa, iklan yang dimaksudkan ini tidak hanya dalam bentuk iklan online namun juga cetak.

Lihat Juga Video Mudahnya Kirim Uang dengan Transfez ke Lebih dari 50 Negara

Lihat Juga Video Mudahnya Menggunakan Aplikasi Transfez Singapura

2. Film Dan Content Creator

Salah satu contoh kegiatan ekonomi kreatif yang saat ini cukup berkembang yaitu industri film yang memang keberadaannya sudah sangat populer sejak dulu mulai dari era 90-an, akan tetapi kehadiranmu film zaman dulu tentunya sangat berbeda dengan film saat ini. Di mana untuk sekarang ini film sudah sangat menarik dan pastinya menjual karena terdapat banyak tambahan inovasi serta kreativitas baru yang dimunculkan oleh pihak pembuat film itu sendiri.

Tidak hanya dari segi film saja, bahkan sekarang sudah banyak content creator yang terjun langsung di dunia industri dengan keuntungan yang sangat menjanjikan dan bahkan banyak konten kreator yang telah sukses dan dikenal oleh dunia. Popularitas dari konten kreator ini bisa dijadikan sebagai contoh para pelaku ekonomi kreatif, akan tetapi dalam mencapai kesuksesan pada bidang yang satu ini tentunya membutuhkan ketekunan dan keteladanan secara maksimal.

3. Kuliner

Kuliner menjadi contoh kegiatan ekonomi kreatif yang sangat menjanjikan karena menjalankan usaha ini menjadi pilihan yang sangat banyak dijalankan oleh para pengusaha. Hal ini dikarenakan, untuk memperoleh imbal hasil yang cukup besar tentunya harus mendapatkan peluang yang besar pula dan itu terbuka lebar di dunia bidang kuliner.

Akan tetapi ketika menjalankan usaha bidang kuliner tidak hanya sekedar menyajikan makanan saja kemudian dinikmati, karena juga harus mampu mencangkup untuk semua aspek dari segi kenyamanan yang dibutuhkan oleh konsumen. Tidak hanya dari segi makanan saja namun para pelaku ekonomi kreatif di bidang kuliner juga harus memiliki ide kreatif dalam memberikan kenyamanan seperti halnya menyuguhkan view yang menarik, rumah makan yang instagramable dan nyaman dipandang sehingga memberikan daya tarik tersendiri bagi pelanggar untuk datang kembali ke rumah makan yang kamu kelola.

4. Fashion

Fashion sebagai contoh kegiatan ekonomi kreatif yang sangat menguntungkan karena menjadi konsep ekonomi kreatif yang telah diaplikasikan dan memiliki minat cukup besar karena memiliki pangsa pasar tersendiri. Tidak bisa dipungkiri bahwasanya banyak pengusaha di bidang fashion yang membutuhkan orang-orang kreatif untuk membuat rancangan busana dengan mengikuti trend terkini.

Menghadirkan fashion yang bagus tentunya tidak hanya dari segi ide kreatif pembuatan desain busana saja namun juga tambahan aksesoris pada fashion itu sendiri. Pengusaha yang bergerak di bidang fashion biasanya harus berpikir inovatif sehingga busana yang dirancangnya tersebut bisa terlihat berbeda dibandingkan dengan milik rancang orang lain.

Baca Juga Artikel Strategi Pemasaran Lainnya dari Transfez

Strategi Pemasaran Digital Lebih Menguntungkan dan Hemat Biaya
Strategi Pemasaran Furniture yang Tepat Dijamin Terjual Banyak
Strategi Pemasaran Skincare dan Kosmetik dengan Video Tutorial
Strategi Pemasaran UMKM Agar Mampu Bersaing dengan Kompetitor
Strategi Pemasaran Ritel Bagi Pemula yang Baru Terjun di Dunia Bisnis

5. Kerajinan

Para pengrajin juga bisa menggunakan konsep ekonomi kreatif untuk usaha kerajinan yang dimilikinya meskipun produksi yang dilakukan baru sedikit bukan berarti para pengrajin ini tidak bisa memanfaatkan ekonomi kreatif. Meskipun proses dari produksi yang dilakukan masih tradisional namun pengrajin tetap bisa memiliki kemampuan serta ide kreatif.

Hal ini bertujuan supaya produk yang nantinya akan dihasilkan lebih berkualitas dan mengutamakan segi inovasi supaya kerajinan yang diproduksi diminati oleh banyak pembeli. Kerajinan tanpa adanya tambahan ide kreatif dan inovatif tentunya akan ketinggalan dengan beberapa produk lain yang justru mengunggulkan kreativitas tinggi.

6. Arsitektur

Contoh kegiatan ekonomi kreatif lainnya yaitu konsep ekonomi kreatif yang dilakukan oleh arsitektur dalam bidang pembangunan. Bergerak di bidang pembangunan atau arsitektur ini tentunya menjadi suatu hal yang bisa dilakukan karena sekarang ini sudah semakin maju dan banyak generasi milenial yang memiliki konsep rumah ataupun hunian yang unik dan menarik.

Sehingga para arsitektur ini tidak hanya menghadirkan dan mengembangkan rumah saja namun tuntutan dari ekonomi kreatif ini harus dimasukkan dalam semua bidang yang berhubungan langsung dengan arsitektur. Seperti halnya perencanaan kota, pembangunan taman kota,kegiatan teknik sipil dan kegiatan lain yang berhubungan dengan arsitektur, dalam hal ini ekonomi kreatif sangat cocok untuk diaplikasikan pada bidang arsitektur.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs. Download sekarang!

google play store
350px appstore

Demikianlah beberapa uraian terkait contoh kegiatan ekonomi kreatif yang bisa dilakukan oleh para pelaku ekonomi. Banyak sekali kegiatan ekonomi kreatif yang memberikan keuntungan dengan mengutarakan ide kreatif dan inovatifnya.