Contoh Ekonomi Kreatif yang Sudah Sukses di Indonesia

Contoh ekonomi kreatif saat ini terbilang cukup banyak dan sudah bermunculan karena adanya ide kreativitas dan inovasi yang memiliki nilai jual cukup tinggi. Memasuki revolusi industri 4.0 tentunya banyak ekonomi kreatif yang bermunculan dan masyarakat terus melakukan pengembangan dalam menciptakan bisnis baru yang terbilang lebih inovatif dan nantinya mampu menarik perhatian para konsumen supaya bisa mengalahkan kompetitor.

Baca Juga: Cara Mudah Bertransaksi Bisnis Menggunakan Aplikasi Transfez Bisnis

Akan tetapi sebenarnya ekonomi kreatif yang ada di Indonesia ini terbilang cukup banyak dan sudah berkembang cukup pesat untuk menghadirkan ide kreatifnya. Dalam hal ini ekonomi kreatif didefinisikan sebagai salah satu konsep yang terbuang sangat baru pada bidang perekonomian karena mengutamakan dari segi kekayaan intelektual untuk poinnya yang nantinya bisa mendapatkan uang, menambah pendapatan, meningkatkan kesejahteraan masyarakat hingga mampu membuka lapangan kerja baru untuk anak-anak muda.

Contoh Ekonomi Kreatif yang Sudah Sukses di Indonesia

Contoh Ekonomi Kreatif Indonesia Yang Sudah Sukses

Ekonomi kreatif Indonesia sudah banyak dan bisa dijadikan sebagai referensi untuk mendapatkan ide kreatif dan inovatif. Saat ini tanpa adanya ide yang kreatif dan inovatif, penjualan produk pun akan sulit dilakukan.

Berikut ini adalah contoh dari adanya ekonomi kreatif yang ada di Indonesia dan telah mencapai kesuksesannya:

1. Ekonomi Kreatif Pada Bidang Fashion

Saat ini pakaian menjadi kebutuhan primer bagi kalangan masyarakat dan dapat dijadikan sebagai bisnis karena tidak pernah lekang oleh waktu. Majunya teknologi saat ini menjadikan semua orang akan membutuhkan semua hal termasuk pakaian guna memenuhi kebutuhan sandang sebagai kebutuhan utamanya.

Dengan demikian adanya fashion menjadi salah satu bidang yang bisa masuk ke dalam kategori kreativitas ekonomi karena mampu mengedepankan ide kreatif dan inovatif yang terus mengalami perkembangan seiring berjalannya waktu. Hal ini bisa kamu lihat dengan makin banyaknya model pakaian yang sangat unik dan menarik yang pastinya selalu berkembang untuk mengikuti perkembangan trend masa kini.

Lihat Juga Video Mudahnya Kirim Uang dengan Transfez ke Lebih dari 50 Negara

Lihat Juga Video Mudahnya Menggunakan Aplikasi Transfez Singapura

2. Teknologi

Tiap detik, menit bahkan jam, teknologi terus mengalami perkembangan mengikuti perkembangan zaman saat ini. Bahkan 10 tahun yang lalu posisi smartphone merupakan barang yang sangat mahal untuk dimiliki oleh kalangan masyarakat, akan tetapi saat ini sudah berbeda karena banyak kalangan mulai dari anak-anak hingga dewasa yang sudah memiliki Smartphone untuk kebutuhan setiap hari.

Dalam smartphone pun sudah tersedia game yang tidak kalah menariknya untuk dimainkan dan semua orang sekarang sudah berlomba-lomba untuk memainkan supaya bisa menjadi seorang pro game. Maka dari itu dengan adanya teknologi menjadi sebuah contoh ekonomi kreatif yang menitikberatkan pada bidang kreativitas serta inovasi sehingga perusahaan yang bergerak pada bidang teknologi ini terus mengalami pahit apabila tidak mampu mengikuti inovasi pasar saat ini.

3. Handicraft

Handicraft merupakan semua hal yang memiliki unsur kerajinan tangan dan mempunyai ide kesenian yang tidak pernah lepas dari kreativitas. Ini dikarenakan pada saat membuat kerajinan tangan maka kamu tidak akan menemukan handicraft yang unik tanpa adanya kreativitas dari penciptanya.

Dengan demikian kamu bisa menemukan banyak model tas unik dan menarik yang hanya dibuat menggunakan bahan sederhana seperti halnya dari rotan, anyaman bambu ataupun pahatan dari kayu. Meskipun kerajinan tangan ini menggunakan beberapa bahan sederhana akan tetapi jika sudah menjadi produk tentunya memiliki nilai jual yang tidak murah karena mereka menjual kreativitas dan inovasinya yang di salurkan dalam bentuk produk unik tersebut.

4. Digital Marketing

Contoh ekonomi kreatif saat ini adalah keberadaan media sosial yang sudah banyak bermunculan. Bahkan semua golongan masyarakat mulai dari kelas menengah ke bawah hingga kelas menengah ke atas ataupun dari segala usia pun telah menggunakan media sosial seperti halnya Instagram, Facebook, Tik tok, dan lain sebagainya.

Media sosial sudah bermunculan dan tidak hanya digunakan sebagai hiburan semata, akan tetapi kehadiran dari media sosial ini dapat dimanfaatkan sebagai media pemasaran. sehingga tidak heran lagi apabila kemunculan industri baru yang bergerak pada bidang digital marketing bisa menarik perhatian karena berbau konten berupa blog ataupun media sosial yang ditanganinya.

Baca Juga Artikel Strategi Pemasaran Lainnya dari Transfez

Strategi Pemasaran Digital Lebih Menguntungkan dan Hemat Biaya
Strategi Pemasaran Farmasi dan Persaingan dengan Kompetitor
Strategi Pemasaran Furniture yang Tepat Dijamin Terjual Banyak
Strategi Pemasaran Perusahaan Manufaktur untuk Sukses ke Depannya
Strategi Pemasaran Ritel Bagi Pemula yang Baru Terjun di Dunia Bisnis

5. Kuliner

Contoh ekonomi kreatif salah satunya di bidang, jika dulu kuliner ini hanya berkutat dalam bentuk warung makan dengan pilihan menu yang itu-itu saja, sekarang ini kuliner sudah mengikuti perkembangan zaman dengan menghadirkan berbagai macam inovasi baru. Meskipun hanya sekedar sebuah makanan ternyata juga bisa menghadirkan inovasi dan kreativitas dari masakan yang memiliki nilai jual lebih tinggi seperti halnya kemunculan rice box dengan berbagai macam pilihan menu lauk serta tipe masakan baik itu khas Indonesia ataupun khas makanan luar negeri.

Selain itu dengan menghadirkan bisnis kuliner kopi kekinian sudah merebak karena mengusung konsep anak muda sehingga memiliki nilai jual lebih tinggi. Hal ini tentunya menunjukkan apabila ekonomi pada bidang kuliner tidak hanya berpusat pada makanan saja namun sudah terjun pada minuman khas yang dicintai oleh kalangan anak muda.

6. Contoh Ekonomi Kreatif Game Atau Aplikasi

Perkembangan teknologi mampu menciptakan game dan aplikasi yang sudah beraneka ragam dengan variasinya sendiri-sendiri. Film membuat ataupun menciptakan sebuah game hingga aplikasi dibutuhkan adanya kemampuan individu terutama pada bidang teknologi, ide kreatif serta pengetahuan yang cukup terkait teknologi itu sendiri.

Terlebih lagi pada usaha ya yang dilakukan untuk membuat game ataupun aplikasi terbilang sangat menjanjikan karena sudah banyak kalangan anak-anak hingga dewasa yang memainkan sebuah game. akan tetapi untuk proses pembuatan game ataupun aplikasi ini dibutuhkan kerjasama dengan orang lain ataupun perusahaan karena prosesnya cukup sulit jika menciptakan game ataupun aplikasi tanpa dilakukan kerjasama.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs. Download sekarang!

google play store
350px appstore

Demikianlah beberapa pembahasan terkait contoh ekonomi kreatif yang bisa dijadikan pilihan untuk menjalankan sebuah bisnis. Ekonomi kreatif menuntut setiap orang untuk menghasilkan ide inovatif dan meningkatkan kreativitasnya supaya menghasilkan produk unggulan yang memiliki nilai jual lebih tinggi dibandingkan sebelumnya.

Instagram