Cara Membuat QRIS Sebagai Standarisasi Pembayaran yang Mudah

Cara membuat QRIS sebenarnya sangat mudah dilakukan karena QRIS atau quick response code Indonesian standard merupakan standarisasi dari metode pembayaran yang menggunakan metode QR code yang dihadirkan dari Bank Indonesia. Dalam hal ini kertas banner yang memuat gambar QR berfungsi untuk melakukan pembayaran lintas aplikasi yang telah dilengkapi mesin EDC ketika digunakan.

Baca Juga: Cara Mudah Bertransaksi Bisnis Menggunakan Aplikasi Transfez Bisnis

QRIS tentunya memungkinkan bagi semua orang supaya bisa melakukan kegiatan transaksi dengan menggunakan alat pembayaran apa saja baik itu mobile banking ataupun dompet digital. Hadirnya metode pembayaran satu ini memiliki tujuan utama yaitu mendorong efisiensi transaksi, mempercepat inklusi keuangan hingga memajukan UKM dan pada akhirnya bisa mendorong pertumbuhan ekonomi yang ada di Indonesia.

Cara Membuat QRIS Sebagai Standarisasi Pembayaran yang Mudah

Syarat dan Ketentuan Cara Membuat QRIS

Bila kamu ingin melakukan pembuatan QRIS tentunya harus memenuhi syarat dan ketentuan yang sudah ditetapkan oleh layanan ini. Sekarang sudah ada 12,11 juta bisnis yang menggunakan metode pembayaran QRIS yang ada di seluruh Indonesia.

Sebelum melangkah pada cara pembuatan maka sebaiknya kamu memahami dan mengetahui syarat dan ketentuan yang harus dilengkapi terlebih dahulu sebagai berikut:

1. Memiliki Berkas Berbadan Hukum yang Lengkap

Dalam pembuatan QRIS tentunya kamu harus mempunyai berkas berbadan hukum yang lengkap terlebih dahulu. Beberapa persyaratan berkas berbadan hukum yang wajib untuk kamu miliki yaitu SIUP, NIB, NPWP perusahaan untuk badan hukum, NPWP secara pribadi untuk non badan hukum yang telah terdaftar, akta pendirian serta KTP dari pihak penanggung jawab.

2. Harus Sudah Berbadan Hukum

Cara membuat QRIS maka dari perusahaan kamu harus berbadan hukum. Perusahaan ataupun lembaga yang sudah berbadan hukum dan mempunyai tujuan penggunaan QRIS yang telah jelas dapat melakukan pendaftaran sekarang juga, syarat yang satu ini bertujuan supaya pembuatan QRIS nantinya tidak akan diperjualbelikan hanya untuk keuntungan pribadi.

3. Telah Mendapatkan NMID dari Interative QRIS

Cara membuat QRIS yang berikutnya yaitu kamu harus mengetahui bahwasanya prosesnya wajib mendapatkan NMID atau nasional merchant ID dari interative QRIS. NMID adalah ID merchant yang harus didapatkan apabila sudah resmi terdaftar sebagai merchant QRIS dari interative, dalam hal ini kamu tidak diizinkan menggunakan NMID selain yang didapatkan dari Interative.

Lihat Juga Video Mudahnya Kirim Uang dengan Transfez ke Lebih dari 50 Negara

Lihat Juga Video Mudahnya Menggunakan Aplikasi Transfez Singapura

Proses untuk melakukan pembuatan QRIS pada umumnya memang tidak menggunakan biaya yang tinggi. Bahaya untuk melakukan pembuatan interative QRIS hanya membutuhkan biaya sebesar 28.000 untuk varian softcopy interative QRIS.

Cara Membuat QRIS untuk Melakukan Bisnis

Jika kamu sudah memahami terkait syarat dan ketentuannya maka akan jauh lebih mudah dalam implementasi proses pembuatan QRIS. Berikut ini langkah mudah yang bisa kamu lakukan dalam pembuatan QRIS bagi seorang pebisnis:

1. Registrasi Melalui Website Resmi QRIS

Langkah pertama yang harus kamu lakukan yaitu langsung meregistrasi melalui website resmi QRIS yang bisa kamu akses di alamat www.qris.id. setelah itu kamu harus memastikan sudah memahami informasi yang diberikan sebelumnya untuk melakukan pendaftaran pada halaman registrasi QRIS.

Apabila kamu sudah mendapatkan informasi secara jelas dan detail terkait QRIS maka lanjutkan dengan klik tombol daftar QRIS ataupun langsung mengunjungi halaman yang digunakan untuk melakukan pendaftaran. Dalam hal ini kamu akan diminta untuk melakukan pengisian form setelah memilih jenis bisnis yang sesuai dengan bisnis yang saat ini dijalankan.

2. Melakukan Pembayaran QRIS

Apabila kamu sudah melakukan pengisian form dengan detail dan jelas maka cara membuat QRIS akan diarahkan untuk melakukan pembayaran menggunakan dompet digital jenis apa saja. Dalam pengisian form tanpa melakukan pembayaran maka akan membuat pendaftaran kamu di pending dengan jangka waktu maksimalnya 14 hari sebelum data isian tersebut di reset oleh sistem layanan.

3. Mengecek Notifikasi Registrasi

Cara daftar QRIS yang bisa kamu lakukan yaitu dengan mengecek notifikasi registrasi setelah menyelesaikan pendaftaran. Dalam hal ini kamu akan mendapatkan username dan juga password yang nantinya akan digunakan untuk login pada halaman dashboard.

Baca Juga Artikel Strategi Pemasaran Lainnya dari Transfez

Strategi Pemasaran Handpone untuk Membuat Konsumen Jadi Pelanggan
Strategi Pemasaran UMKM Agar Mampu Bersaing dengan Kompetitor
Strategi Pemasaran Perusahaan Jasa agar Dikenal Oleh Publik
Strategi Pemasaran Perusahaan Manufaktur untuk Sukses ke Depannya
Strategi Pemasaran Ritel Bagi Pemula yang Baru Terjun di Dunia Bisnis

Data username dan juga password yang satu ini akan dikirimkan melalui email ataupun web WhatsApp sesuai dengan yang telah kamu masukkan di halaman form pendaftaran. Apabila kamu sudah berhasil login pada halaman dasbor maka dapat melengkapi dokumen fisik administrasi dengan cara mengunggah data secara mandiri.

4. Mengapa Dokumen pada Dashboard QRIS

Langkah berikutnya sebagai proses cara membuat QRIS yaitu apa dokumen di dasboard QRIS sebelum proses pengajuan tersebut dilakukan oleh sistem. Pastikanlah bahwa kamu segera melengkapi data dan upload dengan benar supaya pengajuan bisa cepat diproses guna mendapatkan NIMD.

Apabila data yang sudah kamu unggah tersebut ternyata mengalami kendala maka kamu akan diinfokan kembali dalam jangka waktu satu kali 24 jam guna melakukan perbaikan melalui WhatsApp ataupun email. Ketika kamu sudah mendapatkan informasi terbaru maka silakan untuk unggah kembali sesuai dengan permintaan sistem supaya bisa diproses untuk mendapatkan NIMD.

5. Mengecek Notifikasi Kelengkapan Dokumen

Sebagai cara membuat QRIS tentunya kamu akan mendapatkan notifikasi yang dikirimkan melalui media email ataupun WhatsApp. Pengiriman notifikasi ini biasanya membutuhkan waktu maksimal 7 hari kerja terkait apakah data yang telah kamu sampaikan sudah benar, lengkap ataupun masih ada yang harus dilengkapi karena adanya kekurangan data.

Apabila memang data yang sudah kamu unggah tersebut masih kurang maka akan diminta untuk melakukan revisi ataupun melengkapi proses pengajuan jika diketahui adanya kesalahan. Sesudah melengkapi dokumen serta persyaratan maka kamu bisa langsung mencetak QRIS secara mandiri dan menggunakannya dashboard QRIS untuk melakukan monitor transaksi uang masuk QRIS.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs. Download sekarang!

google play store
350px appstore

Demikianlah beberapa penjabaran terkait pembahasan mengenai proses cara membuat QRIS dengan cepat dan mudah melalui laman resmi dari QRIS. Dengan kamu memiliki QRIS maka bisa digunakan sebagai metode pembayaran dalam melakukan kegiatan transaksi keuangan menggunakan mobile banking ataupun dompet digital yang mendukung.

Instagram