Cara Bayar Pajak Motor Online Melalui Marketplace Tokopedia

Cara bayar pajak motor online sekarang ini bisa dilakukan dengan mudah cukup dengan menggunakan aplikasi yang sudah tersedia pada ponsel pengguna. Selain pengguna bisa melakukan pembayaran pajak motor secara offline melalui samsat keliling atau datang langsung ke kantor Samsat, masyarakat sudah dimudahkan dengan adanya pilihan untuk pembayaran pajak motor melalui sistem online.

Seperti yang diketahui dalam melakukan pembayaran pajak motor ataupun mobil yang dilakukan secara online biasanya menggunakan aplikasi signal milik dari Korlantas polri. Akan tetapi masyarakat sudah diberikan pilihan dengan adanya pembayaran pajak melalui online lewat marketplace Tokopedia yang menyediakan layanan e- Samsat.

Ketentuan Cara Bayar Pajak Motor Online Melalui Tokopedia

Cara Bayar Pajak Motor Online Melalui Marketplace Tokopedia

Dalam melakukan pembayaran pajak di beberapa wilayah seperti halnya Jawa barat, Banten, Jawa timur, kepulauan Riau, Kalimantan timur, Sulawesi Utara dan Sulawesi Selatan bisa langsung melakukan pembayaran pajak motor atau mobil melalui e Samsat Tokopedia.

Sedangkan untuk beberapa wilayah tertentu seperti halnya Jawa barat, Banten, kepulauan Riau, Sulawesi Utara dan Sulawesi Selatan, dari pemilik kendaraan harus memperoleh kode pembayaran terlebih dahulu supaya bisa melakukan pembayaran pajak melalui aplikasi Tokopedia.

Guna mendapatkan kode bayar maka pemilik kendaraan harus mengirimkan SMS ke nomor 0811 211 9211 melalui format: e-samsat (spasi) no. rangka (spasi) NIK/KTP. Selain itu kamu juga bisa mengunduh aplikasi e Samsat dari masing-masing kota untuk melakukan pembayaran pajak motor secara online.

Lihat Juga Video Mudahnya Kirim Uang dengan Transfez ke Lebih dari 50 Negara

Cara Bayar Pajak Motor Online Lewat Aplikasi Tokopedia

Bagi kamu yang masih bingung untuk melakukan pembayaran pajak yang dilakukan secara online selain aplikasi signal maka bisa menggunakan aplikasi Tokopedia. Tokopedia sudah menyediakan layanan pembayaran pajak dengan fitur e Samsat sehingga memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk melakukan pembayaran pajak melalui marketplace.

Berikut ini beberapa langkah cara yang bisa kamu lakukan untuk pembayaran pajak motor secara online melalui aplikasi Tokopedia:

1. Download Aplikasi Tokopedia

Langkah pertama yang harus dilakukan yakni dengan mendownload aplikasi Tokopedia terlebih dahulu di Google play store ataupun app store. Namun pastikan terlebih dahulu bahwa ponsel yang kamu gunakan untuk melakukan pembayaran pajak motor secara online ini sudah terhubung dengan koneksi jaringan internet yang stabil guna melancarkan proses transaksi pembayaran.

2. Daftar atau Login ke Akun Tokopedia

Apabila kamu sudah memiliki akun aplikasi Tokopedia maka tinggal melakukan login menggunakan username dan password yang sudah terdaftar sebelumnya. Akan tetapi jika kamu belum pernah mendaftar ke aplikasi Tokopedia maka silakan daftar terlebih dahulu pada tombol yang tersedia di halaman utama aplikasi tersebut.

3. Pilih Menu Top Up & Tagihan

Jika kamu sudah berhasil login ke akun aplikasi Tokopedia maka akan diarahkan ke halaman utama aplikasi. Di halaman utama aplikasi Tokopedia terdapat banyak pilihan menu yang bisa membantu kamu untuk melakukan transaksi keuangan, namun dalam hal ini kamu cukup memilih menu Top Up & Tagihan saja supaya diarahkan ke halaman berikutnya sebagai cara bayar pajak motor online.

4. Pilih Layanan Pemerintah

Langkah selanjutnya yang harus kamu lakukan setelah memilih menu top up dan tagihan maka silahkan scroll layar ke arah bawah. Setelah itu silakan kamu mencari menu layanan pemerintah yang ada di bagian bawah aplikasi Tokopedia tersebut.

5. Pilih E-Samsat

Apabila kamu sudah memilih menu layanan pemerintah maka akan diarahkan pada halaman baru dan silahkan kamu memilih e Samsat yang tertera pada halaman tersebut. Mengingat dalam hal ini kamu akan melakukan pembayaran pajak motor secara online yang dilakukan melalui aplikasi Tokopedia dan memanfaatkan fitur e Samsat yang sudah tersedia di dalamnya.

6. Mengisi Data Secara Lengkap

Langkah berikutnya yang harus kamu lakukan yaitu mengisi kelengkapan data yang diminta oleh layanan sistem pada halaman baru. Silakan kamu mengisi data wilayah, nomor polisi, nomor mesin dan nomor induk kependudukan dari pemilik kendaraan bermotor.

Pastikan dalam pengisian data ini sudah benar dan lengkap supaya bisa diproses oleh aplikasi Tokopedia. Dengan melihat data yang sudah dimasukkan maka Tokopedia akan memproses permintaan supaya bisa melakukan transaksi pembayaran pajak motor online.

Lihat Juga Video Mudahnya Menggunakan Aplikasi Transfez Singapura

7. Pilih Cek Tagihan

Jika kamu sudah memasukkan data dengan benar dan jelas maka akan diarahkan ke halaman baru guna melakukan pengecekan tagihan pembayaran yang harus dibayarkan oleh wajib pajak. Silakan klik tombol cek tagihan yang ada di halaman tersebut sehingga akan muncul halaman baru yang memuat kode bayar, detail kendaraan, perincian jumlah tagihan yang harus dibayarkan dan biaya admin untuk melakukan cara bayar pajak motor online melalui Tokopedia.

Baca Juga Artikel Cara Transfer dan Top Up Lainnya dari Transfez

Cara Transfer Uang Dari DANA Ke Bank
Cara Transfer Uang Lewat Indomaret
Cara Transfer Uang Lewat Alfamart
Cara Transfer Uang Melalui HP
Cara Bayar Shopee di Indomaret
Cara Top Up Dana Lewat BCA
Cara Menonaktifkan Shopee Paylater

8. Memasukkan Kode Bayar Secara Manual

Dalam melakukan transaksi pembayaran pajak secara online tidak menutup kemungkinan adanya masalah atau kendala yang akan dihadapi oleh pengguna. Salah satu yang biasanya terjadi adalah kode bayar untuk pajak online tidak muncul di halaman aplikasi Tokopedia.

Dengan begitu cara mengatasinya harus memasukkan kode bayar yang sudah didapatkan sebelumnya secara manual. Pastikan kamu memasukkan kode bayar dengan benar sehingga sesuai dengan permintaan untuk melakukan pembayaran pajak motor online melalui aplikasi Tokopedia.

9. Konfirmasi Transaksi Pembayaran

Cara bayar pajak motor online harus dengan melakukan pengecekan kembali apakah data yang termuat pada halaman tersebut sudah benar dan sesuai. Hal ini bertujuan guna menghindari kesalahan data ketika sudah diproses oleh aplikasi Tokopedia guna melakukan pembayaran pajak motor secara online.

Apabila data informasi yang termuat di halaman aplikasi Tokopedia sudah benar dan lengkap. Langkah berikutnya silakan menekan tombol lanjut untuk memproses pembayaran pajak motor secara online melalui Tokopedia.

10. Memasukkan Kode Promo

Menariknya dengan melakukan pembayaran pajak motor secara online di aplikasi Tokopedia maka kamu bisa memanfaatkan kode promo yang memberikan keuntungan berupa pemotongan pembayaran ataupun cashback. Jika kamu memiliki kode promo silakan dimasukkan pada kolom yang tersedia di halaman aplikasi Tokopedia.

11. Klik Tombol Pilih Pembayaran

Apabila kamu sudah memasukkan kode promo dengan benar maka selanjutnya klik tombol pilih pembayaran yang ada di bagian bawah. Dengan demikian aplikasi Tokopedia akan memproses permintaan kamu untuk melakukan pembayaran pajak motor secara online.

Lakukan pembayaran sesuai dengan metode yang sudah dipilih dan ikutilah instruksi hingga proses pembayaran tersebut selesai dilakukan. Jika pembayaran sudah berhasil maka kamu akan mendapatkan notifikasi bahwasanya pembayaran pajak motor secara online melalui aplikasi Tokopedia sukses dilakukan.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs. Download sekarang!

google play store   350px appstore

Demikianlah beberapa uraian terkait cara bayar pajak motor online melalui aplikasi Tokopedia yang sangat mudah dan cepat. Melalui layanan Tokopedia kamu bisa melakukan pembayaran tanpa perlu datang langsung ke kantor Samsat.

Instagram