Cara Bayar NPWP Online dan Offline

Cara bayar NPWP online dan offline menjadi pilihan masyarakat untuk bisa memilih cara mudah untuk membayar pajak setiap bulan. NPWP yang dibutuhkan oleh masyarakat merupakan sebuah identitas resmi yang berasal dari wajib pajak.

Baca Juga Artikel Tentang Kartu Kredit Lainnya dari Transfez

Cara Buat Kartu Kredit BRI
Cara Buat Kartu Kredit BNI
Cara Buat Kartu Kredit Bank Mandiri
Cara Buat Kartu Kredit Bank Central Asia (BCA)
Cara Buat Kartu Kredit Bank Danamon
Cara Buat Kartu Kredit Bank DBS

Pembuatan NPWP ini dilakukan untuk semua kebutuhan baik bagi perusahaan ataupun individu. Bagi kamu yang ingin membuat dan membayar NPWP pun dapat dilakukan secara online ataupun offline.

Syarat Membuat NPWP Online dan Offline

Cara Bayar NPWP Online dan Offline

Sebelum kamu mengetahui cara bayar NPWP online dan offline maka bisa mengetahui kelengkapan syarat yang dibutuhkan. Inilah beberapa syarat yang dapat digunakan untuk membuat NPWP baik secara online ataupun offline:

1. Orang Pribadi

Bukan Pekerjaan Bebas

Dalam membuat NPWP untuk wajib pajak orang pribadi atau perorangan bagi yang tidak sedang menjalankan sebuah usaha ataupun pekerjaan bebas, di antaranya:
• Fotokopi KTP untuk WNI
• Fotokopi paspor, fotokopi kartu ijin tinggal terbatas atau KITAS dan kartu ijin tinggal tetap atau KITAP untuk WNA.

Pekerjaan Bebas

Sedangkan itu untuk wajib pajak orang pribadi yang menjalankan usaha ataupun pekerjaan bebas memiliki syarat sebagai berikut ini:
• Fotokopi KTP untuk WNI
• Fotokopi paspor, fotokopi kartu ijin tinggal terbatas atau KITAS dan kartu ijin tinggal tetap atau KITAP untuk WNA
• Fotokopi surat dokumen ijin menjalakan usaha yang telah diterbitkan oleh pihak instansi yang berwenang ataupun surat keterangan tempat kegiatan usaha ataupun pekerjaan bebas yang berasal dari Pejabat Pemerintah Daerah sekurang-kurangnya Kepala Desa atau Lurah ataupun lembaran tagihan listrik yang asalnya dari perusahaan listrik atau bukti pembayaran listrik
• Fotokopi KTP untuk WNI dan juga persyaratan dengan tambahan materai dari wajib pajak orang pribadi yang telah menyatakan bahwasannya dirinya ini bersangkutan secara benar dalam menjalankan usaha ataupun pekerjaan bebas.

2. Orang Pribadi Sudah Menikah

Bagi wajib pajak orang pribadi wanita yang telah menikah ataupun dikenal dengan pajak secara terpisah. Dalam hal ini disebabkan karena menghendaki dalam bentuk tertulis sesuai dengan perjanjian pemisahan penghasilan serta harta.

Selain itu juga wanita kawin yang telah memilih untuk melaksanakan hak dan kewajiban dalam perpajakan secara terpisah maka harus melampirkan persyaratan sebagai berikut sebagai cara bayar NPWP online dan offline:

• Fotokopi KK
• Fotokopi NPWP suami
• Fotokopi surat perjanjian pemisahan atas penghasilan dan harta ataupun surat pernyatan yang telah dikehendakinya untuk melaksanakan hal dan kewajiban perpajakan secara terpisah dari hak dan kewajiban pajak suami.

3. Badan

Bagi wajib pajak badan memang memiliki kewajiban cara bayar NPWP online dan offline yang dapat dipilih. Pemotong atau pemungut pajak harus sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan perpajakan, hal ini dalam bentuk usaha hulu minyak dan gas bumi degan orientasi profit, syaratnya meliputi:
• Fotokopi akta pendirian dan juga perubahan untuk wajib pajak badan di dalam negeri ataupun surat keterangan penunjukan yang berasal dari kantor pusat untuk usaha tetap
• Fotokopi NPWP pengurus ataupun fotokopi paspor serta surat keterangan tempat tinggal yang berasal dari pejabat pemerintah daerah sekurang-kurangnya Kepala Desa sebagai penanggung jawab yakni WNA
• Fotokopi dokumen ijin usaha atau kegiatan yang telah diterbitkan oleh pihak instansi berwenang serta surat keterangan tempat menjalankan usaha dari pejabat pemerintah daerah sekurang-kurangnya kepala desa atau lembar tagihan listrik.

Lihat Juga Video Mudahnya Melakukan Kirim Uang dengan Transfez

Cara Bayar NPWP Online

1. Cara Bayar Pajak Online

Bagi kamu yang ingin melakukan pembayaran pajak secara online maka tidak perlu bingung lagi. Pajak telah memudahkan dengan adanya cara bayar NPWP online dan offline yang membuat wajib pajak bisa membayarkan kewajibannya tepat waktu.

Inilah cara mudah secara online yang dapat kamu ketahui:

• Langkah pertama yang perlu kamu lakukan maka kunjungi laman website djponline.pajak.go.id
• Lalu masukkanlah NPWP, password dan juga kode keamanan yang digunakan untuk login pada akun yang sebelumnya telah kamu buat
• Langkah berikutnya dengan memilih menu e-Billing System
• Lanjutkan dengan memilih menu Isi SSE
• Setelah itu kamu bisa mendapatkan form Surat Setoran Elektronik atau SSE yang nantinya harus kamu isikan dengan benar dan jelas
• Cara bayar NPWP online maka akan secara otomatis datanya terisi. Hal yang perlu kamu ubah hanyalah di kolom jenis pajak, masa pajak, jenis setoran, tahun pajak, uraian pajak yang seharusnya dibayarkan serta jumlah setorannya
• Jika sudah selesai dalam mengisi formulir tersebut maka lanjutkan dengan klik tombol simpan
• Lalu lanjutkan dengan klik tombol Kode Billing dan cetak kode tersebut
• Setelah kamu memperoleh kode billing maka bayarkan pajak tersebut melalui online yakni pajak bank, melalui ATM yang kamu miliki serta kantor pos. Kamu pun juga bisa menggunakan internet banking jika memilikinya dan bisa dengan memanfaatkan fasilitas tersebut.

2. Cara Melaporkan Pajak Online

Jika kamu sudah mempersiapkan semua dokumen yang dibutuhkan maka bisa dengan melaporkan pajak online. Dalam hal ini persiapan dokumen yang dibutuhkan berupa dokumen bukti pemotongan PPh Pasal 21 yang berasal dari pihak pemberi kerja.

Selain itu juga WP pribadi karyawan wajib untuk dipersiapkan dan harus mengurus EFIN. Inilah cara mudah untuk membuat laporan pajak online yang dapat kamu lakukan:

• Langkah pertama yang harus kamu lakukan dengan masuk ke halaman website resmi yakni https://djponline.pajak.go.id
• Lalu lanjutkan dengan login menggunakan nomor NPWP yang telah kamu miliki dan mengisikan kata sandi dengan benar. Setelah itu silahkan untuk mengisi kode unik atau captcha yang tercantum
• Setelah itu akan muncul pertanyaan dan jawablah sejumlah pertanyaan yang tersedia sesuai dengan kondisi serta keadaan dari WP
• Isikan formulir SPT ini dengan benar
• WP nantinya akan menerima tanda bukti apabila SPT tersebut sudah berhasil dilaporkan.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs. Download sekarang!

google play store
350px appstore

Demikianlah penjabaran mengenai cara bayar NPWP online dann offline yang dapat kamu ketahui. Dengan cara ini maka kamu bisa membayarkan pajak NPWP tepat waktu.

Instagram