Cara Bayar Denda BPJS

Di era digital ini semua kegiatan sudah didukung dengan menggunakan transaksi pembayaran yang serba canggih tanpa ribet. Salah satunya BPJS Kesehatan atau Badan Penyelenggara Jaminan Sosial  yang terus melakukan upaya untuk memudahkan pengguna BPJS seperti halnya cara bayar denda BPJS.

Tidak hanya memberikan kelengkapan informasi mengenai cara bayar denda BPJS yang harus namun juga bisa melakukan pengecekan tunggakan yang harus dibayarkan. Setiap caranya sangat mudah apabila sudah dipahami dengan baik oleh para pengguna BPJS Kesehatan.

Apa Itu BPJS Kesehatan?

BPJS Kesehatan merupakan bagian dari Sistem Jaminan Sosial Nasional atau SJSN yang penyelenggaraannya dengan memanfaatkan mekanisme asuransi Kesehatan Sosial dan sifatnya wajib. Hal ini tercantum pada UU No.40 Tahun 2014 tentang SJSN dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan dasar kesehatan masyarakat yang layak diberikan kepada setiap orang yang telah membayar iuran atau iurannya dibayar oleh Pemerintah.

BPJS Kesehatan termasuk badan hukum publik yang pembentukannya sebagai penyelenggaraan jaminan kesehatan. Bentuk jaminannya diselenggarakan secara nasional dengan memanfaatkan prinsip asuransi sosial serta ekuitas yang mempunyai tujuan dalam menjamin seluruh rakyat Indonesia dalam memenuhi kebutuhan akan perlindungan kesehatan.

Baca Juga Cara Kirim Uang dengan Mudah ke Berbagai Negara

Cara Kirim Uang ke United Kingdom
Cara Kirim Uang ke Belanda
Cara Kirim Uang ke Amerika Serikat
Cara Kirim Uang ke Singapura
Cara Kirim Uang ke Cina

Cara Mengecek Tagihan BPJS Kesehatan

Sebelum mengetahui cara bayar denda BPJS maka sebaiknya ketahui terlebih dahulu cara untuk mengecek tunggakan yang harus dibayarkan oleh pengguna BPJS. Pembayaran iuran BPJS Kesehatan dilakukan sesuai dengan kelas yang digunakan oleh pemilik kartu BPJS.

Berikut inilah cara mengecek tunggakan yang menjadi tanggungan pemegang kartu BPJS:

Cara Cek Tagihan BPJS Kesehatan Melalui Situs Resmi

Langkah pertama yang dapat dilakukan dengan untuk mengecek tunggakan bisa melalui situs resmi BPJS Kesehatan. Simak setiap langkahnya berikut ini guna mengetahui berapa banyak tagihan yang ditanggung pemegang kartu BPJS:

  • Langkah pertama silahkan mengunjungi situs resmi dari layanan BPJS Kesehatan
  • Lalu isikan data informasi yang akan diminta pada halaman utama BPJS Kesehatan agar bisa akses pada setiap fitur layanannya
  • Masukkan data berupa nomor kartu, tanggal lahir hingga angka validasi dan lanjutkan dengan menekan tombol Cek
  • Dengan demikian maka informasi tagihan kamu akan tertampil pada halaman layar situs web.

Cara Cek Tagihan BPJS Kesehatan Melalui Aplikasi JKN

Dengan mengetahui tunggakan yang harus dibayarkan maka akan mudah untuk memahami cara bayar denda BPJS. Cara berikutnya selain melalui situs web bisa dengan menggunakan aplikasi JKN.

Apabila belum memilik aplikasi ini pada ponsel kamu maka silahkan melakukan pengunduhan aplikasi terlebih dahulu agar bisa mengecek tagihan. Berikut langkah untuk mengecek tagihan pada aplikasi JKN:

  • Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya jika belum memiliki aplikasi JKN silahkan untuk mengunduhnya terlebih dahulu. Lalu pasangkan aplikasi JKN pada ponsel yang kamu gunakan.
  • Apabila belum mempunyai akun maka bisa melakukan registrasi terlebih dahulu dan log in menggunakan data yang sudah didaftarkan pada aplikasi JKN
  • Kemudian pilihlah menu Tagihan dan menu Premi pada halaman utama aplikasi
  • Maka dengan begitu informasi tagihan BPJS Kesehatan yang harus dibayarkan akan muncul pada layar.

Cara Cek Tagihan BPJS Kesehatan Melalui SMS

Jika kamu tidak mempunyai paket internet atau tidak dapat tersambung dengan jaringan WiFi untuk melakukan pengecekan tunggakan. Maka bisa menggunakan layanan SMS yang tersedia pada ponsel kamu.

Langkah mudah bisa mengikuti serangkaian berikut ini:

  • Kirimkan SMS dengan menggunakan format NIK <spasi> nomor induk kependudukan
  • Selain itu juga bisa dengan menggunakan format NOKA <spasi> nomor kartu BPJS Kesehatan
  • Lalu kirimkan formatnya pesan pada nomor 0877 7550 0400

Syarat dan Ketentuan Cara Bayar Denda BPJS Kesehatan Program REHAB

BPJS Kesehatan mempunyai program REHAB yang ditujukan pada masyarakat yang ada tunggakan pembayaran iuran. REHAB merupakan Rencana Pembayaran Bertahap melalui proses pendaftaran terlebih dahulu.

Berikut inilah syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi untuk melakukan pembayaran denda BPJS Kesehatan:

  • Peserta masuk dalam segmen Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) dan Bukan Pekerja (BP) yang mempunyai tunggakan 3 bulan lebih atau sebanyak 4 sampai 24 bulan
  • Peserta wajib mendaftarkan diri terlebih dahulu melalui aplikasi JKN atau pun BPJS Kesehatan Care Centre 165
  • Periode tahapan pembayaran maksimal selama masa 1 siklus program yakni 12 bulan
  • Status kepesertaannya akan aktif kembali sesudah seluruh tunggakan serta iuran bulanan telah dibayarkan secara lunas.

Mekanisme Pembayaran agar Dapat Menggunakan Cara Bayar Denda BPJS

Apabila sudah memenuhi persyaratan tersebut maka bisa melakukan pendaftaran untuk membayar tagihan cara bayar denda BPJS Kesehatan. Berikut inilah mekanisme pendaftaran yang dapat dilakukan untuk membayar denda dengan program REHAB:

  • Mengunduh dan instal aplikasi JKN pada ponsel pintar kamu
  • Login menggunakan data yang terdaftar dan memilih menu PROGRAM REHAB
  • Masukkan informasi secara lengkap dan klik setujui syarat dan ketentuan hingga hasil simulasi dari program
  • Tagihan iuran akan berubah dengan besaran simulasi
  • Pendaftaran dapat dilakukan hingga tanggal 28 pada setiap bulan kecuali Februari hanya sampai 27 saja

Cara Bayar Denda BPJS yang Terlambat

Denda yang ditetapkan oleh BPJS Kesehatan yakni sebesar 5 persen dari perkiraan biaya paket ataupun jumlah klaim tagihan rumah sakit pada pemerintah. Hal ini berdasarkan pada diagnosis serta prosedur awal pada setiap bulan tertunggak.

Jumlah untuk bulan yang tertunggak hanya dapat dilakukan paling banyak hanya 12 bulan serta besaran denda tertingginya sekitar Rp 30 juta. Dengan mengetahui cara melakukan pembayaran denda iuran BPJS yang tertunggak, kamu juga perlu mengetahui rumus untuk menghitung denda tagihan BPJS sebagai berikut:

Total tunggakan: 5 % x biaya kesehatan  x jumlah bulan tertunggak

Demikianlah beberapa penjabaran mengenai cara bayar denda BPJS Kesehatan yang sudah tertunggak. Pastikan melakukan pendaftaran terlebih dahulu agar bisa bayar tunggakan iuran BPJS Kesehatan.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs. Download sekarang!

google play store   350px appstore