Bisnis Jasa Keuangan yang Aman dan Terpercaya untuk Dipilih - Macam Macam Bisnis Jasa Keuangan

Bisnis Jasa keuangan banyak dipilih sebagai peluang yang menjanjikan karena memberikan keuntungan yang cukup besar. Jasa keuangan merupakan istilah yang menunjukkan jenis jasa dengan pemberian atau penyediaan oleh industri lembaga keuangan.

Industri lembaga keuangan bisa meliputi bank, sekuritas, perusahaan asuransi, perusahaan pembiayaan konsumen hingga perusahaan kartu kredit. Bahkan untuk jasa keuangan ini bisa tersedia dalam berbagai macam produknya sehingga pelaku bisnis bisa memilih salah satu perusahaan yang dapat dijalankan.

Bisnis Jasa Keuangan yang Aman dan Terpercaya untuk Dipilih

Macam-Macam Bisnis Jasa Keuangan

Ketika kamu ingin menjalankan bisnis keuangan tentunya kamu harus memahami apa saja jenis-jenis bisnis keuangan yang dapat dijalankan. Adapun untuk lembaga ataupun perusahaan yang bekerja di dalam bidang jasa keuangan yang dapat kamu ketahui sebagai berikut:

1. Perusahaan Penjaminan Infrastruktur

Perusahaan penjaminan infrastruktur adalah salah satu bentuk perusahaan persero. Perusahaan ini memiliki tujuan guna memberikan jaminan pada proyek-proyek yang telah melakukan kerjasama dengan pemerintah ataupun badan usaha dan bergerak hanya pada bidang infrastruktur yang telah dilakukan melalui cara penyediaan penjaminan infrastruktur.

2. Perusahaan Penjaminan Kredit

Bisnis keuangan bisa berupa perusahaan penjaminan kredit yang merupakan salah satu badan hukum yang sudah bekerja untuk bidang keuangan dengan melakukan kegiatan pokok dari perusahaan guna memberikan pinjaman kredit pada nasabah. Perusahaan pinjaminan kredit memiliki tujuan guna membantu usaha kecil, usaha menang ataupun usaha mikro dengan adanya akses dana yang disediakan oleh lembaga keuangan seperti halnya perbankan.

3. Lembaga Penyediaan Ekspor Indonesia

Menjalankan bisnis Jasa keuangan ini sesuai dengan undang-undang nomor 2 tahun 2009 tentang lembaga pembiayaan ekspor Indonesia. Lembaga pembiayaan ekspor Indonesia atau lpei telah dibentuk guna melakukan bantuan dan dukungan kebijakan oleh pemerintah dalam rangka upaya pendorong ekspor barang asli yang ada di dalam negeri untuk dikirimkan ke negara lain.

4. Perusahaan Pegadaian

Jenis bisnis keuangan dari pemerintah dengan programnya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat mulai dari kelas menengah ke bawah. Tersedianya perusahaan Pegadaian ini dapat membantu untuk meningkatkan dan memberikan dukungan atas program pemerintah.

Perusahaan Pegadaian didirikan guna memberikan kemudahan dalam upaya menjalankan bisnis skala mikro, kecil dan menengah untuk mendapatkan pinjaman modal dengan penawaran bunga pinjaman yang terbilang cukup kecil. Pemberian pinjaman seperti ini mempunyai dasar hukum gadai dan fidusia.

Lihat Juga Video Mudahnya Kirim Uang dengan Transfez ke Lebih dari 50 Negara

Lihat Juga Video Mudahnya Menggunakan Aplikasi Transfez Singapura

5. Perusahaan Pembiayaan Sekunder Perumahan

Tugas dan fungsi dengan adanya perusahaan yang satu ini yaitu untuk menyediakan berbagai macam pembiayaan sekunder perumahan. Bisnis jasa keuangan untuk pembiayaan sekunder perumahan memiliki tujuan untuk meningkatkan kapasitas pembiayaan perumahan supaya bisa dijangkau oleh kalangan masyarakat dari berbagai tingkat.

Sementara itu di Indonesia sendiri hanya terdapat satu perusahaan pembiayaan sekunder perumahan. Perusahaan tersebut adalah PT Sarana Multigriya Finansial atau yang dikenal dengan sebutan PT SMF persero.

6. Badan Penyelenggara Jaminan Sosial

Bisnis jasa keuangan sebagai lembaga yang dikenal dengan BPJS ini didirikan sesuai undang-undang nomor 24 tahun 2011 tentang badan penyelenggara jaminan sosial. Sementara itu untuk perusahaan yang satu ini memberi jaminan dalam berbagai macam bentuk seperti halnya jaminan kesehatan, jaminan kematian, jaminan pensiun, jaminan kecelakaan kerja, dan jaminan hari tua yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan serta keinginan dari kalangan masyarakat saat menggunakan BPJS.

7. Lembaga Keuangan Mikro

Salah satu bisnis jasa keuangan yaitu lembaga keuangan mikro yang telah didirikan tidak hanya untuk mendapatkan keuntungan saja. Lembaga yang satu ini bergerak secara khusus dalam bidang pemberian jasa pengembangan usaha serta pemberdayaan ekonomi masyarakat dengan cara memberikan pinjaman ataupun pembiayaan secara langsung guna mendukung usaha skala mikro dari anggota sendiri ataupun kalangan masyarakat.

Perusahaan yang satu ini juga melakukan pengelolaan pada uang simpanan masyarakat hingga anggota serta bersedia untuk memberikan konsultasi untuk pengembangan usaha yang telah dilakukan oleh masyarakat hingga individu. Dalam hal ini kamu bisa memilih perusahaan penyedia jasa keuangan sesuai dengan kebutuhan dan keinginan sesuai dengan tingkatannya masing-masing.

Baca Juga Artikel Tentang Bisnis Lainnya dari Transfez

Bisnis Jasa Desain Grafis
Bisnis Jasa Konstruksi
Bisnis Jasa Lukis
Bisnis Jasa Mendengarkan Curhatan
Bisnis Jasa Bodyguard

Sektor Jasa Keuangan

Bisnis Jasa Keuangan yang Aman dan Terpercaya untuk Dipilih - Sektor Jasa Keuangan

Dengan adanya perkembangan fintech di Indonesia yang cukup berkembang pesat menghadirkan 3 sektor jasa keuangan. Berikut ini uraian dari ketiga sektor jasa keuangan yang dapat kamu ketahui:

1. Industri Pembiayaan Dan Investasi

Bisnis Jasa Keuangan yang Aman dan Terpercaya untuk Dipilih

 

Sektor pasar modal terdapat lembaga jasa keuangan yang telah melakukan digitalisasi pada produknya meliputi proses pencarian informasi, pendaftaran hingga pembukaan rekening sampai ke tahap laporan kegiatan investasi. Di tahapan inilah pendaftaran dan pembukaan rekening dapat dilakukan secara online dan konsumen akan diberikan kemudahan melakukan pengisian formulir secara cepat yang dapat dilakukan di mana saja.

Setelah itu konsumen akan mengunggah dokumen yang dibutuhkan dan memenuhi prinsip Know Yout customer yang bisa dilakukan melalui media. Semua proses digitalisasi untuk kegiatan pasar modal akan berujung pada pembuatan rekening effect yang dilakukan tanpa kunjungan tatap muka antara pihak konsumen ataupun perusahaan.

2. Industri Perbankan

Sektor perbankan yang ada di Indonesia telah mengembangkan banyak hal yang bisa memudahkan dan mempercepat kegiatan transaksi keuangan. Salah satunya adalah layanan perbankan digital atau digital banking sebagai bentuk layanan kegiatan perbankan yang memanfaatkan sarana elektronik ataupun digital.

Layanan ini memberi kemudahan untuk mendapatkan informasi secara lengkap terkait perbankan. Bahkan sudah tersedia fitur inovasi digital yang meliputi wallet dan uang elektronik yang menggantikan budaya supaya tidak menggunakan uang tunai.

3. Industri Asuransi

Asuransi memberikan pelayanan atas kebutuhan masyarakat yang ingin mendapatkan perlindungan risiko kerugian yang perlu diperhatikan dan menjadi kebutuhan masyarakat Indonesia saat ini. Perusahaan asuransi telah melakukan pengembangan serta inovasi terkait penjualan produk yang menyertakan kemudahan pada platform digital sebagai fokus utamanya.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs. Download sekarang!

google play store   350px appstore

Demikianlah beberapa pembahasan terkait jenis bisnis jasa keuangan yang dapat dijalankan oleh kalangan masyarakat guna memberikan dukungan pada usaha. Jasa keuangan tentunya berhubungan langsung dengan pinjaman dana ataupun berupa jaminan dari jasa keuangan yang bisa didapatkan melalui beberapa persyaratan tertentu.