Tips untuk Menjalankan Bisnis Es Krim yang Berbeda dari Milik Pesaing

Bisnis es krim menjadi salah satu bisnis yang memiliki peluang sangat besar mengingat peminat akan makanan manis ini cukup tinggi. Kuliner manis dari es krim biasanya menawarkan berbagai macam rasa yang banyak disukai oleh kalangan dari berbagai usia.

Baca Juga: Cara Mudah Bertransaksi Bisnis Menggunakan Aplikasi Transfez Bisnis

Kelezatan yang dihadirkan oleh es krim bahkan sudah tersohor ke seluruh dunia dan menjadikan kuliner manis ini selalu ada pada acara santap bersama. Bahkan untuk penyajian es krim bisa dipadukan dengan topping makanan lain yang membuat kelezatannya semakin bertambah dan ini bisa menjadi bisnis menjanjikan ketika kamu mengetahui cara untuk memulainya.

Tips untuk Menjalankan Bisnis Es Krim yang Berbeda dari Milik Pesaing

Tips Menjalankan Bisnis Es Krim Sendiri

Sebenarnya ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk menjual es krim supaya lebih sukses. Apabila kamu tertarik untuk menjalankan usaha es krim sendiri maka ikutilah beberapa tips di bawah ini yang bisa kamu terapkan:

1. Menentukan Produk Es Krim

Langkah pertama yang harus kamu lakukan ketika ingin menjual es krim yaitu menentukan produk yang nantinya akan dijual. Kamu harus memastikan ingin menjual es krim yang terbuat dari buah, tusuk ataupun yogurt.

Apabila kamu sudah memastikannya maka akan jauh lebih mudah untuk menentukan pilihan rasa dan kamu bisa membuat daftar rasa yang biasanya disukai oleh banyak orang. Namun kamu juga bisa menghasilkan eksperimen sendiri guna menciptakan rasa baru yang unik sehingga toko es krim kamu mempunyai ciri khas tersendiri.

2. Mencatat Perincian Modal yang Dibutuhkan

Saat ingin memulai sebuah bisnis es krim maka kamu perlu mencatat modal yang dibutuhkan secara rinci. Dengan demikian kamu bisa membuat daftar seberapa banyak budget yang nantinya akan dibutuhkan untuk pembelian bahan baku, membeli beberapa peralatan, sewa tempat, gaji karyawan, biaya operasional dan kebutuhan lainnya.

Lihat Juga Video Mudahnya Kirim Uang dengan Transfez ke Lebih dari 50 Negara

Lihat Juga Video Mudahnya Menggunakan Aplikasi Transfez Singapura

Pastikan kamu tidak lupa untuk memasukkan dana darurat di setiap perincian modal karena pada umumnya sebuah bisnis yang baru dibuka belum menghasilkan banyak keuntungan bahkan di tahun pertama. Sehingga kamu juga harus mempersiapkan adanya dana darurat serta biaya operasional yang nantinya akan dibutuhkan untuk satu tahun ke depan.

3. Menciptakan Merek dan Logo

Ketika kamu ingin memulai sebuah bisnis es krim sendiri maka pastikan telah menciptakan merek dan logo yang menarik. Adanya logo dan merek ini menjadi sebuah identitas pada usaha es krim yang kamu jalankan.

Selain itu kamu bisa menggunakan logo dan merek untuk desain di bagian menu kamu karena hal ini bisa membedakan usaha es krim kamu dan orang lain. Pastikan kamu juga mendaftarkan usaha es krim dengan hak paten untuk logo sehingga tidak akan ada orang lain yang akan menirunya.

4. Mencari Supplier untuk Mendapatkan Bahan Baku Berkualitas

Langkah berikutnya ketika ingin menjalankan sebuah bisnis es krim tentunya Kamu akan membutuhkan informasi terkait supplier yang saat ini menyediakan bahan baku berkualitas. Ketika kamu mendapatkan bahan baku dari supplier tentunya memberikan banyak keuntungan karena biasanya akan mendapatkan harga yang lebih murah dari pasaran.

Dalam hal ini kamu juga bisa membuat kesepakatan bersama supplier untuk melakukan pembayaran bahan baku secara mingguan ataupun bulanan. Keuntungan yang bisa kamu dapatkan selain memperoleh bahan baku berkualitas juga mendapatkan harga yang lebih murah.

5. Mencari Informasi Terkait Peralatan Berkualitas

Setelah kamu sudah mendapatkan supplier untuk bahan baku maka langkah selanjutnya itu mencari informasi terkait ketersediaan peralatan berkualitas yang digunakan untuk membuat es krim. Saat ini sudah banyak penjual yang menawarkan berbagai macam alat untuk pembuatan es krim yang memiliki keunggulannya masing-masing.

Dengan demikian ketika membeli peralatan untuk membuat es krim maka kamu harus jeli untuk melihat kelebihan dari setiap peralatannya dan pastikan kamu membeli sesuai dengan kebutuhan. Pembelian peralatan harus dengan mempertimbangkan harga dari budget yang telah kamu sediakan sebelumnya.

6. Menyewa Lokasi Strategis untuk Bisnis Es Krim

Sebuah kuliner makanan yang laris atau tidak tentunya akan berkaitan dengan lokasi strategis yang digunakan untuk menjalankan sebuah bisnis. Dalam hal ini kamu bisa memilih lokasi yang tepat dengan berjualan di area ramai dan hindarilah untuk berjualan es krim di area sekolah saja karena ketika kamu berjualan di sekolah dan sekolah itu libur tentunya bisnis kamu akan sepi.

Baca Juga Artikel Tentang Bisnis Lainnya dari Transfez

Bisnis Jasa Desain Grafis
Bisnis Jasa Rias
Bisnis Jasa Rental Motor
Bisnis Jasa Daur Ulang

Maka dari itu silakan kamu memilih lokasi untuk berjualan di area pasar, kampus, perkantoran ataupun area yang khusus digunakan untuk berjualan kuliner. Dengan adanya tingkat keramaian stabil maka besar kemungkinan untuk penjualan es krim kamu juga akan stabil dan pastikan sebelumnya sudah melakukan riset terlebih dahulu untuk memutuskan tempat yang akan dijadikan sebagai lokasi jualan es krim.

7. Melakukan Kegiatan Promosi Offline dan Online

Bagi sebuah bisnis yang baru buka tentunya wajib untuk melakukan kegiatan promosi yang bisa kamu lakukan secara offline ataupun online. Rasa es krim yang enak pun tidak akan lengkap dan bisnis juga tidak bisa berjalan dengan lancar apabila tidak diketahui oleh banyak orang.

Oleh karena itu perlunya melakukan promosi secara gencar dan untuk media promosi yang dilakukan secara online maka kamu bisa memanfaatkan sosial media ataupun email blast. Sementara itu ketika ingin melakukan promosi secara offline maka kamu bisa memanfaatkan untuk pembuatan brosur ataupun flyer yang dibagikan di lingkungan sekitar.

8. Membuat Eksperimen Cita Rasa Es Krim

Guna meningkatkan keunikan dan dapat memberikan daya tarik bagi pelanggan maka kamu bisa membuat eksperimen cita rasa es krim yang unik dan berbeda dari milik kompetitor. Namun pastikan saat membuat es krim kamu sudah memiliki komposisi yang tepat sehingga bisa menghasilkan cita rasa yang enak.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs. Download sekarang!

google play store
350px appstore

Demikianlah beberapa pembahasan terkait cara yang tepat untuk memulai bisnis es krim supaya memiliki banyak pelanggan. Usaha es krim memiliki peluang yang sangat besar mengingat kecintaan akan makanan manis ini begitu tinggi dari berbagai usia.

Instagram