wisata religi di lebanon

Sudah sejak lama Lebanon dikunjungi sebagai salah satu wisata religi di dunia. Hal itu dikarenakan nagara ini memiliki sejarah tersendiri dan dapat dinimati para wisatawan.

Dari sisi lokasinya, tempat wisata religi ini tidak jauh dari pusat kota. Dengan begitu, kamu bisa lebih mudah mengunjungi tempat tersebut kapan saja. Beberapa rekomendasi wisata religi di Lebanon yang patut dikunjungi adalah sebagai berikut.

1. Statue of Our Lady (Harissa)

wisata religi di lebanon statue of our ladySalah satu tempat wisata religius paling terkenal di Lebanon adalah Statue of Our Lady di Harissa. Tempat ini juga dikenal sebagai Bunda dari Lebanon. Dengan ketinggian sekitar 600 meter di atas permukaan laut, patung ini menawarkan pemandangan menakjubkan Teluk Jounieh.

Patung Bunda Maria ini terbuat dari perunggu dan berdiri di atas sebuah menara yang dapat didaki oleh pengunjung. Caranya bisa melalui tangga yang berputar sehingga memberikan pengalaman spiritual mendalam. Patung tersebut memiliki ketinggian sekitar 8,5 meter. Lalu. pihak Gereja Maronit sangat menghormati tempat ini dan sering menjadi tempat ziarah.

Sebuah kompleks gereja serta kapel yang penuh dengan peziarah dari seluruh dunia mengelilingi Patung Our Lady of Lebanon. Ribuan orang datang ke sana setiap hari untuk berdoa dan mencari ketenangan. Harissa adalah tempat wisata religi yang bagus di Lebanon. Sebab, keindahan arsitekturnya, suasananya yang tenang, dan pemandangan alamnya begitu memukau.

2. Gereja Mar Sarkis dan Bakhos (Ehden)

Rekomendasi selanjutnya adalah Gereja Mar Sarkis dan Bakhos yang ada di Ehden, Lebanon. Pada dasarnya, Gereja ini didedikasikan kepada dua martir Kristen, yakni Santo Sarkis dan Bakhos. Mereka dianggap melindungi orang-orang Kristen Timur pada saat itu. Gereja ini didirikan pada abad ke-8 dan sekaligus salah satu gereja tertua di Lebanon. Arsitekturnya mencerminkan sejarah panjang komunitas Kristen di negara tersebut.

Gereja Mar Sarkis dan Bakhos memiliki dinding batu tebal, jendela kecil, dan altar bersejarah yang indah. Fresko kuno dan ikon-ikon suci memberikan gambaran mendalam tentang seni religius Kristen di beberapa bagian gereja.

Gereja ini terletak di Ehden, sebuah kota pegunungan yang terkenal dengan pemandangan indahnya. Pegunungan hijau dan udara segar akan mengelilingi setiap bagian gereja. Tentunya ini adalah tempat yang sempurna untuk bermeditasi dan berpikir spiritual karena suasananya yang tenang.

Tidak hanya tempat wisata, tetapi juga bisa untuk ziarah bagi banyak orang Kristen yang datang untuk menghormati Santo Sarkis dan Bakhos. Setiap tahun, ada festival religius yang menarik peziarah dan wisatawan dari seluruh dunia.

3. Monasteri Qozhaya (Lembah Qadisha)

wisata religi di lebanon great monastery

Selanjutnya ada Monasteri Qozhaya yang bisa jadi rekomendasi selanjutnya. Lokasinya sendiri ada di Lembah Qadisha dan dikenal juga sebagai Lembah Orang Suci. Monasteri Qozhaya adalah salah satu biara tertua dan paling penting dalam tradisi Kristen Maronit Lebanon. Lokasi ini telah menjadi pusat pendidikan, iman, dan penyebaran agama Kristen di Timur Tengah selama bertahun-tahun. Oleh sebab itu, Monasteri Qozhaya menjadi lokasi bersejarah yang penting.

Monasteri ini berada di tempat yang sangat indah. Terdapat gunung dan hutan cedar yang lebat di sekelilingnya. Biara berada di atas tebing dan memiliki pemandangan menakjubkan dari lembah di bawahnya. Dengan batu-batu besar, gereja kecil, dan koridor sempit yang penuh karakter, arsitekturnya mengikuti gaya abad pertengahan.

Monasteri Qozhaya juga menjadi tempat ziarah bagi umat Kristen dari seluruh dunia. Tempat ini menawarkan suasana tenang yang cocok untuk berpikir introspeksi, berdoa, dan bermeditasi. Ada juga gua yang dianggap memiliki kekuatan penyembuhan spiritual dan menarik banyak pengunjung.

Monasteri ini terkenal sebagai tempat ketika salah satu percetakan pertama di Timur Tengah didirikan pada abad ke-16. Alatnya menggunakan alfabet Suriah dan memiliki banyak manuskrip dan kitab suci yang masih ada hingga hari ini. Hal itu menjadikannya situs penting dalam sejarah literatur dan keagamaan.

Wisata religi ini juga masuk Situs Warisan Dunia UNESCO di Lembah Qadisha.Apalagi, lokasinya mudah diakses dari kota-kota besar Lebanon seperti Tripoli dan Beirut. Ini menjadi tempat yang menarik untuk kunjungan sehari atau sebagai bagian dari tur religi di Lebanon.

4. Biara Saint Anthony The Great (Qozhaya)

 

Biara Saint Anthony The Great adalah salah satu biara tertua di Lebanon yang berdiri sejak abad keempat. Didedikasikan untuk Santo Antonius, biara ini menjadi pusat spiritual dan monastik bagi banyak generasi Kristen Maronit. Tempat ini juga dikenal sebagai tempat percetakan Timur Tengah pertama, yang didirikan pada tahun 1584.

Arsitektur ibadah ini begitu unik karena menggabungkan gaya tradisional Timur Tengah dengan gaya Kristen Eropa. Batu-batu kuno yang diukir dengan seni rumit dan simbol Kristen menghiasi gereja-gerejanya.

Biara ini memiliki banyak artefak keagamaan dan relikui penting, seperti replika manuskrip kuno dan benda-benda suci lainnya. Di dalam kompleks biara, ada museum kecil yang menampilkan berbagai koleksi sejarah panjang biara dan peranannya terhadap budaya dan agama Lebanon.

Banyak orang Kristen dari seluruh dunia mengunjungi biara ini karena damai dan tenang. Orang-orang yang datang dapat mengikuti misa, berdoa, atau hanya duduk dan merenung dalam suasana tenang dan khidmat.

Lihat Juga Video Mudahnya Melakukan Pengiriman Uang Ke Luar Negeri

Baca Juga Tips Traveling dari Transfez Lainnya

Tips Traveling Ke Jerman
Tips Traveling Ke Australia
Tips Traveling Ke Belanda
Tips Traveling Ke Prancis
Tips Traveling Ke Spanyol

5. Masjid Mohammad Al-Amin (Beirut)

Terakhir ada masjid Mohammad Al-Amin yang bisa menjadi lokasi wisata religi di Lebanon. Masjid ini dirancang oleh arsitek Azmi Fakhouri dan menonjol sebagai salah satu bangunan paling terkenal di Beirut. Hal itu terlihat pada penggunaan gaya arsitektur Ottoman yang megah dengan kubah besar berwarna biru dan empat menara menjulang tinggi.

Masjid Mohammad Al-Amin adalah tempat ibadah utama bagi Muslim Lebanon.Tujuan pembangunan masjid ini adalah untuk menghormati Nabi Muhammad. Konsepnya dibangun atas inisiatif mantan PM Lebanon, Rafik Hariri, yang juga dimakamkan di dekat masjid tersebut. Fungsi utamanya adalah sebagai simbol semangat rekonsiliasi dan perdamaian di negara-negara yang pernah mengalami perang saudara.

Masjid ini mudah diakses oleh turis karena berada di Martyrs’ Square pada pusat kota Beirut. Dengan lokasinya yang tepat, pengunjung dapat mengunjungi lebih banyak lokasi sejarah dan budaya di sekitarnya. Contohnya seperti reruntuhan kuno, gereja bersejarah, dan pasar tradisional.

Di kota yang kaya dengan keragaman agama ini, Masjid Mohammad Al-Amin adalah simbol toleransi dan kerukunan antarumat beragama di Lebanon. Keberadaan masjid di Beirut ini menunjukkan bahwa orang Muslim dan Kristen dapat hidup bersama dengan damai.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs. Download sekarang!

google play store   350px appstore