panduan kuliah di eropa

Hallo FezFriend,

Memiliki kesempatan belajar di negara asing termasuk di Eropa adalah impian bagi banyak pelajar di Indonesia. Kebutuhan akan panduan kuliah di Eropa merupakan salah satu hal yang sering menjadi informasi penting untuk dicari bagi para pelajar tersebut. Termasuk juga para pelajar Indonesia yang memiliki prestasi mumpuni untuk dapat meneruskan studi ke Eropa dengan fasilitas beasiswa.

Baca juga: Kota Termahal di Eropa Karena Biaya Hidup Tinggi

Tentu saja ada banyak persiapan serta persyaratan yang harus dipenuhi jika ingin sukses melaju belajar dan kuliah di negara-negara Eropa. Dalam artikel ini akan diberikan sekilas informasi terkait hal tersebut. Mulai dari informasi mengenai kampus tujuan, persyaratan yang harus dipenuhi, hingga deretan beasiswa yang tersedia saat ini. Agar lebih jelasnya, segera saja simak informasi yang diberikan di paragraf berikut di bawah ini.

Panduan Kuliah di Eropa, Jajaran Kampus Terbaik

Pertama-tama, untuk panduan kuliah di Eropa tentu saja yang terpenting mengetahui lebih dulu mana saja kampus atau universitas pilihan di negara tersebut. Ada cukup banyak pilihan universitas yang bisa menjadi tujuan para pelajar di Indonesia. Akan tetapi belum tentu setiap tempat tersebut sesuai dengan keinginan dan kebutuhan studi pelajar nantinya. Maka dari itu sebaiknya cobalah memilih di antaranya dari daftar berikut ini.

  • University of Stavenger, Norwegia. Ini adalah salah satu institusi pendidikan atau universitas terbaik di Eropa yang menawarkan berbagai macam keilmuan terkait teknik. Salah satu keunggulan kampus ini yaitu menawarkan bidang studi lepas pantai yang cocok bagi yang ingin belajar lebih jauh terkait teknologi perminyakan lepas pantai.
  • University of Cambridge, London. Tidak kalah menarik jika ingin belajar di seputar negara Inggris, maka universitas ini dapat menjadi pilihan. Bukan sekedar menawarkan beasiswa saja namun universitas ini juga menawarkan beragam bidang studi yang menarik untuk diikuti.
  • Technical University of Munich, Jerman. Bila ingin belajar lebih dalam tentang teknik penerbangan, maka ini adalah universitas terbaik di Eropa yang dapat menjadi pilihan.
  • University of Amsterdam, Belanda. Nah, untuk yang ingin belajar terkait sosial dan hukum lebih intens, maka pilihan bisa jatuh pada universitas terbaik di Belanda ini.

Baca Juga Cara Kirim Uang dengan Mudah ke Berbagai Negara

Cara Kirim Uang ke Belgia
Cara Kirim Uang ke Austria
Cara Kirim Uang ke Amerika Serikat
Cara Kirim Uang ke United Kingdom
Cara Kirim Uang ke Singapura

Panduan Kuliah di Eropa, Daftar Beasiswa Gratis Studi Perkuliahan di Eropa

Tentu saja hal menarik yang banyak didambakan oleh pelajar Indonesia yaitu kesempatan untuk mendapatkan beasiswa secara gratis untuk belajar di akademi dan universitas di Eropa. Oleh sebab itu bagi pelajar yang memiliki prestasi gemilang, sebaiknya cari tahu lebih lanjut tentang panduan kuliah di Eropa berikut ini terkait dengan daftar beasiswa yang tersedia bagi pelajar Indonesia. Adapun beberapa di antaranya yaitu sebagai berikut.

  • Beasiswa Erasmus, salah satu beasiswa bergengsi yang banyak diperebutkan setiap tahun yaitu beasiswa Erasmus. Persyaratan yang diajukan sebenarnya cukup sederhana, asalkan dapat dilengkapi maka pelajar yang memiliki prestasi gemilang bisa mencoba melakukan studi di berbagai universitas di Eropa yang bekerja sama dengan beasiswa ini.
  • Beasiswa Chevening, beasiswa ini merupakan salah satu beasiswa yang memberikan sarana bagi pelajar berprestasi untuk mencicipi studi di universitas yang berada seputar Inggris. Sehingga bisa menjadi kesempatan baik untuk yang ingin mencoba salah satu universitas di negara tersebut.
  • Netherlands Fellowship Program, tidak kalah menarik jika ingin belajar gratis di Belanda maka ini adalah beasiswa yang dapat menjadi incaran. Hanya saja umumnya beasiswa ini diperuntukkan untuk jenjang S2 dan S3.

Panduan Kuliah di Eropa, Persyaratan Administrasi

Hal terakhir yang tidak kalah penting terkait panduan kuliah di Eropa yaitu tentu saja terkait dengan persyaratan administrasi yang harus dipenuhi. Selepas dari kemampuan dan prestasi pelajar di bidang keilmuan, persyaratan administrasi merupakan kewajiban yang harus dipenuhi. Oleh sebab itu sangat penting mengetahui apa saja persyaratan yang harus dipenuhi tersebut. Secara umum syarat-syarat administrasi untuk belajar di luar negeri termasuk di Eropa adalah sebagai beirkut.

  • Persyaratan terkait ijin belajar, agar dapat lancar melaksanakan studi di Eropa maka semua pelajar harus dan wajib mengurus visa pelajar sebelum melakukan keberangkatan. Maka dari itu dibutuhkan persiapan syarat administrasi untuk pengajuan visa belajar tersebut. Baik mulai dari kartu keluarga, kartu tanda penduduk, akta kelahiran, dan sebagainya.
  • Persyaratan akademis meliputi rekomendasi hingga transkrip nilai dan ijasah. Semua harus tersedia lengkap sejak awal dan resmi secara legalitas.
  • Bukti kelulusan level bahasa tertentu. Untuk bisa mengajukan studi ke negara tujuan di Eropa juga harus disertai kemampuan bahasa negara yang dituju. Sehingga sertifikat terkait keahlian tersebut juga harus disertakan.

Tips Bagi Pelajar Berprestasi

Lewat panduan kuliah di Eropa yang tertera di atas, tentu saja diperoleh gambaran seperti apa langkah yang harus ditempuh jika ingin melanjutkan perkuliahan di negara-negara Eropa tersebut. Nah, dengan menerapkan hal-hal di atas, diharapkan para pelajar terutama yang memiliki kemampuan dan kecerdasan yang baik, bisa mendapatkan beasiswa atau kuliah gratis tanpa berbayar di Eropa. Supaya lebih lengkap, tidak ada salahnya juga untuk mengikuti tips berikut:

  • Bergabunglah dengan komunitas-komunitas pelajar yang sudah terlebih dahulu berkuliah di negara-negara Eropa agar mendapatkan informasi yang lebih spesifik. Misalnya terkait biaya hidup, transportasi, dan sebagainya.
  • Selalu sempatkan waktu mencari informasi di tempat-tempat tertentu terkait beasiswa yang tersedia. Misalnya saja di kedutaan, di kampus, dan tempat-tempat bimbingan belajar ke Eropa yang ada di Indonesia. Umumnya informasi terkait beasiswa universitas banyak tersedia di lembaga-lembaga tersebut.
  • Tingkatkan kemampuan bahasa untuk menunjang komunikasi yang baik. Supaya saat diterima nantinya tidak merasakan kesulitan dalam hal berkomunikasi sehari-hari dengan teman atau warga lokal.

Pastikan untuk mengetahui apa saja persyaratan yang harus diajukan demi mendapatkan kesempatan tersebut. Lengkapi semua syarat dan jangan ragu mengincar universitas dan jurusan pilihan. Dengan demikian nantinya memperoleh kesempatan belajar di negara-negara Eropa akan lebih terbuka lebar peluangnya.

Mau kirim uang ke luar negeri? Transfer internasional dari Indonesia menggunakan Transfez

Official Youtube Account Transfez

Bagaimana dengan transfer internasional ke luar negeri dari Indonesia? Ini dia beberapa cara yang bisa kamu lakukan.

Akun Transfez dapat dibuat dengan gratis, serta mampu memfasilitasi pengiriman uang internasional dengan biaya yang lebih hemat, transparan, aman dan cepat ke rekening bank di luar negeri.

Langkah pengiriman dengan Transfez dengan mudah dan sederhana:

1. Daftarkan akun di aplikasi Transfez,
2. Tentukan jumlah yang akan dikirim,
3. Verifikasi identitas kamu,
4. Masukkan informasi penerima uang,
5. Lakukan pembayaran,
6. Pengiriman uang selesai dilakukan.

Pelajari lebih lengkap tentang cara kirim uang ke luar negeri dengan Transfez di sini, selain itu, kamu juga mungkin tertarik untuk mencoba kalkulator kurs Transfez atau daftar destinasi negara tujuan untuk melihat jumlah uang yang akan diterima oleh penerima ketika menggunakan Transfez.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs. Download sekarang!

google play store   350px appstore