cara menggunakan virtual account bri untuk transaksi

Virtual Account BRI. Virtual Account merupakan nomor ID yang dikeluarkan oleh bank yang berasal dari permintaan perusahaan. Selanjutnya nomor ID tersebut diberikan kepada para pelanggannya baik itu individu ataupun berupa lembaga atau perusahaan, yang digunakan sebagai rekening tujuan pada transaksi pembayaran.

Setoran yang dibayarkan oleh pelanggan melalui nomor ID tersebut akan secara otomatis dicatat pada sistem bank dalam rekening utama perusahaan, yang didalamnya dicantumkan nomor dan nama rekening Virtual Account.

Salah satu bank yang menerapkan virtual account adalah bank BRI. Virtual account memiliki salah satu kelebihan satu sistem konfirmasi yang dilakukan secara otomatis, yang membuat para pelanggan tidak perlu melakukan konfirmasi secara manual kepada perusahaan tersebut.

Pembayaran dengan menggunakan virtual account juga mempersingkat waktu, dan tentunya lebih efisien. Sebab itu virtual account BRI sangat membantu sekali para pelanggan untuk melakukan transaksi pembayaran dengan lebih mudah dan lebih cepat.

Lihat Juga Video Cara Mudah Transfer Uang Ke Luar Negeri

Ciri lain dari nomor virtual account adalah memiliki jumlah digit yang lebih panjang dibandingkan dengan rekening biasa. Nomor ID virtual account biasanya terdiri dari 15 angka hingga 18 digit angka.

Layanan virtual account ini sudah dimiliki oleh hampir seluruh bank yang ada di Indonesia. Salah satu bank favorit kebanyakan masyarakat Indonesia BRI juga menyediakan layanan ini.

cara menggunakan virtual account bri untuk transaksi

Jika kamu merupakan nasabah dari bank BRI, jangan lewatkan menggunakan fitur pembayaran ini karena sangat mudah dan praktis.

Nah, buat kamu yang belum tau bagaimana caranya membayar virtual account menggunakan BRI. Silahkan simak pembahasannya dibawah ini!

Cara Pilih Pembayaran Virtual Account BRI

1. Pilih Metode Pembayaran Virtual Account di Marketplace

Cara pertama untuk melakukan pembayaran virtual account BRI adalah setelah kamu menyelesaikan sebuah pesanan di marketplace. Pilih pembayaran menggunakan virtual account.

2. Pilih Bank BRI

Setalahnya kamu akan diberikan beberapa pilihan bank. Kemudian klik bank BRI, setelah itu layar akan menunjukkan nomor ID pembayaran mu menggunakan virtual account BRI.

3. Mendapatkan Nomer Virtual Account

Nomor virtual account yang kamu dapatkan tersebut nantinya akan digunakan sebagai rekening transfer dalam menyelesaikan pembayaran.

Baca Juga Cara Kirim Uang dengan Mudah ke Berbagai Negara

Cara Kirim Uang ke Hongkong
Cara Kirim Uang ke Filipina
Cara Kirim Uang ke USA
Cara Kirim Uang ke Singapura
Cara Kirim Uang ke Cina
Cara Kirim Uang ke Malaysia
Cara Kirim Uang ke Jepang

Cara Menggunakan Virtual Account BRI

Ada beberapa cara menggunakan virtual account BRI yaitu melalui transfer di ATM, transfer di Mobile Banking, dn internet banking. Untuk lebih jelasnya silahkan simak cara-caranya di bawah ini!

1. Menggunakan Virtual AccountBRI di ATM’

– Kunjungi ATM BRI terdekat

– Masukan kartu pada mesin ATM, dan masukan pin nya’
– Pilih menu “transaksi lain” pada layar mesin ATM
– Pilih menu “lainnya” untuk melanjutkan prose
– Pilih menu “pembayaran” yang ada di layar tersebut
– Pilih “BRIVA” untuk menggunakan virtual account BRI di ATM
– Masukan nomor virtual account yang kamu dapatkan sebelumnya dari marketplace, setelah benar lalu tekan “benar”
– Layar akan menunjukan informasi pembayaranmu, jika sudah benar klik “Ya”
– Transaksi Virtual Account BRI di ATM selesai.

2. Menggunakan Virtual Account BRI di Mobile Banking

– Login ke Mobile Banking
– Tekan menu pembayaran
– Pilih menu BRIVA
– Masukan nomor virtual account yang sebelumnya kamu dapatkan dari marketplace
– Tekan ok untuk melanjutkan proses pembayaran’
– Transaksi selesai dan berhasil
– Kemudian kamu akan mendapatkan konfirmasi SMS bahwa kamu telah selesai melakukan pembayaran dari Virtual Account BRI

3. Menggunakan Virtual Account BRI di Internet Banking

– Masuk ke web internet banking BRI
– Masuk dengan menggunakan User ID dan kata sandi milik mu
– Klik menu pembayaran
– Kilik menu BRIVA
– Pilih rekening pembayaran
– Masukan nomor virtual account BRI yang sudah kamu dapatkan sebelumnya
– Masukan nominal yang harus kamu bayarkan
– Masukan kata sandi dan Mtoken milikmu
– Transaksi selesai dan berhasil dilakukan

Manfaat Menggunakan Virtual Account BRI

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya menggunakan virtual account BRI sangat memudahkan para pelanggan dan penjual dalam bertransaksi. Tapi ternyata masih ada beberapa manfaat lagi yang akan kamu dapatkan jika menggunakan virtual account BRI, berikut dibawah ini adalah manfaatnya!

1. Konfirmasi Pembayaran Otomatis

Konfirmasi pembayaran pada virtual account BRI menggunakan sistem otomatis. Sehingga kamu tidak perlu lagu upload bukti transfer ke marketplace atau e commerce, dan kamu juga tidak perlu repot menanyakan keberhasilan dari transfer mu ke pihak tersebut.

2. Rekonsiliasi Keuangan

Layanan virtual account BRI akan membuat kamu mudah memantau transaksi secara real time. Seluruh transaksi yang terjadi pada rekening mu dapat di download
Transaksi yang didownload tersebut akan berbentuk laporan yang mempermudahkan kamu untuk memonitoring pembayaran yang masuk dan keluar.

3. Dapat Dilakukan Kapan Saja

Selama koneksi internet tersedia pembayaran menggunakan Virtual Account BRI bisa dilakukan tanpa hambatan

4. Pembeli Tidak Harus Memiliki Akun Bank yang Sama Dengan Penjual

Terkadang sangat menyebalkan jika harus melakukan pembayaran tetapi bank dari penjual berbeda dengan milikmu dan kamu harus menambah biaya admin antar bank. Nah, dengan menggunakan virtual account BRI kamu tidak akan kena biaya admin jika transfer uang ke nomor id VA yang diberikan oleh penjual tersebut.

5. Jualan Beli Online Semakin Mudah

Manfaat lainnya dari Virtual Account BRI adalah mempermudah proses transaksi jual beli beli online sehingga jual beli online semakin banyak menguntungkan banyak pihak.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs.

Download Aplikasi Transfez di Android
Download Aplikasi Transfez di iOs


Demikianlah informasi mengenai cara menggunakan virtual account BRI. Sekarang kamu nggak perlu takut lagi kena biaya admin ketika ingin belanja online, karena sekarang sudah banyak penjual yang menerapkan Virtual Account.

Instagram