Transaksi Penjualan dan Pembelian pada Perusahaan Dagang

Transaksi penjualan dan pembelian banyak dilakukan oleh perusahaan dagang untu menjalankan operasional kerja pada perusahaan tersebut. Transaksinya terbagi menjadi berbagai macam jenis dan hampir semuanya dijalankan oleh perusahaan.

Selain itu setiap transaksi yang dilakukan memiliki cara penulisan berbeda dalam kolom debit ataupun kredit. Bagi kamu yang belum mengetahuinya simak uraian berikut ini.

Jenis Transaksi Penjualan dan Pembelian di Perusahaan Dagang

Transaksi Penjualan dan Pembelian pada Perusahaan Dagang

Transaksi pada dasarnya adalah semua kegiatan yang umumnya dilakukan oleh semua manusia dalam menjalankan sebuah bisnis atau perusahaan. Sementara itu juga mempunyai perbedaan karakteristik dari jenis perusahaan dalam beberapa kegiatan transaksinya.

Pada umumnya, jenis transaksi yang ada di perusahaan terbagi menjadi:

1. Pembelian Barang Dagangan

Jenis transaksi untuk pembelian produk guna menjaga operasional perusahaan tetap berjalan dengan baik. Tanpa adanya pembelian barang dagangan maka setiap perusahaan tidak akan menghasilkan barang yang nantinya bisa dijual kembali.

Adapun untuk pihak yang menyediakan barang ataupun penjual bisa berupa perusahaan, perorangan ataupun toko tertentu. Transaksi pembelian ini dibedakan menjadi 2 yakni dilakukan secara tunai dan juga sistem kredit.

Baca Juga Artikel Tentang Gaji TKI dan Gaji TKW Lainnya dari Transfez

Gaji TKI dan TKW di Dubai
Gaji TKI dan TKW di Turki
Gaji TKI dan TKW di China
Gaji TKI dan TKW di Kanada
Gaji TKI dan TKW di Jerman
Gaji TKI dan TKW di Polandia
Gaji TKI dan TKW di Mesir

2. Penjualan Barang Dagangan

Transaksi penjualan dan pembelian sudah lekat dengan berbagai macam perusahaan. Salah satunya pada jenis penjualan barang dagangan yang telah diproduksinya.

Kegiatan penjualan sebenarnya adalah kamu sebagai pihak yang menjual dengan menyerahkan barang dagangannya pada konsumen. Sementara itu untuk sistem pembayaran yang dilakukan ini menggunakan cara tunai ataupun kredit.

3. Retur Pembelian dan Pengurangan Harga

Jenis transaksi yang juga dijalankan oleh perusahaan dagang yakni dengan pengembalian barang yang telah dibeli. Dengan demikian dari pihak perusahaan yang membeli produk pada penjual dan ternyata terdapat kerusakan, kecacatan produk ataupun ketidaksesuaian produk dengan pesanan yang telah diminta.

Jika terdapat buktinya maka dari pihak penjual pun akan bertanggung jawab atas produk yang telah dijualnya. Biasanya retur yang diberikan atas pembelian dengan mengurangi harga tersebut.

4. Retur Penjualan dan Pengurangan Harga

Pada pemilihan transaksi penjualan yang satu ini mengambil sudut pandang dari pihak penjual. Dari pihak perusahaan yang telah mengambil kembali barang dagangan yang yang telah dibeli oleh pihak konsumen.

Barang tersebut mengalami adanya kerusakan, kecacatan maupun ketidaksesuaian dengan pesanan yang telah dibuat. Dengan demikian retur penjualan dan pengurangan harga akan berlaku di sini.

5. Potongan Transaksi Penjualan dan Pembelian

Pihak perusahaan atau penjual memiliki peranan dalam memberikan potongan harga maupun diskon atas penjualan yang dilakukannya pada konsumen. Hal ini akan dilakukan hanya pada konsumen yang telah melunasi piutangnya sesuai dengan ketentuan dan waktu yang sudah disepakati bersama.

Sementara itu untuk potongan pembelian yakni potongan ataupun pemberian diskon yang telah diperoleh dari pihak pembeli. Namun jika pembeli telah melunasi hutangnya dengan waktu jauh lebih cepat dari waktunya yang ditetapkan sebelumnya ataupun waktu sesuai dengan yang tercantum pada perjanjian kontrak serta pembayaran dilakukan secara tunai.

6. Beban Angkut Pembelian dan Penjualan

Jenis transaksi ini dari beberapa supplier biasanya tidak mau untuk menanggung biaya angkut atas pengiriman barang dari gudang ke tempatnya pembeli. Maka dari itu pihak yang membeli harus mengeluarkan biaya untuk angkut barang sendiri.

Sedangkan beban untuk angkut penjualan yakni biaya angkut yang menjadi tanggung jawab dari pihak penjual pada saat proses pengiriman barang dagangannya. Tentu beban angkut dan pembelian dan penjualan ini berbeda.

7. Persediaan Barang Dagangan

Jenis transaksi persediaan barang dagangan yakni bahan ataupun barang yang nantinya digunakan oleh perusahaan. Tujuan adanya barang dagangan ini guna menunjang semua kegiatan operasional pada perusahaan hingga penjualan.

8. Pembayaran Hutang

Transaksi penjualan dan pembelian yang perlu dipahami oleh semua perusahaan salah satunya pembayaran hutang. Apabila perusahaan memiliki hutang maka kamu ataupun pembeli yang lain wajib untuk melakukan pelunasan atas hutang pada pihak kreditor.

9. Penerimaan Hutang

Adanya transaksi penjualan yang tersedia dengan sistem kredit maka bisa menimbulkan adanya hutang. Hal ini dikarenakan apabila perusahaan ataupun pihak penjual menerima pelunasan piutangnya maka haruslah dicatat dengan baik.

Lihat Juga Video Mudahnya Melakukan Pengiriman Uang Ke 60 Negara

Cara Mencatat Jurnal Penjualan dan Pembelian

Dengan mengetahui transaksi penjualan dan pembelian yang dilakukan oleh perusahaan dagang maka pembuatan pembukuan akan jauh lebih mudah. Terdapat beberapa cara yang bisa digunakan dalam melakukan pencatatan atas semua kegiatan transaksi baik itu penjualan dan pembelian.

Maka dari itu mampu membuat catatan rapi yang bisa digunakan sebagai bahan audit ke depannya. Inilah beberapa cara mudah dalam mencatat jurnal penjualan dan pembelian:

1. Dalam pembelian barang dagang ataupun barang yang lain secara tunai maka akan dicatat pada jurnal pengeluaran kas. Sementara itu untuk pembelian barang dagang yang dilakukan secara kredit akan dicatat pada debit akun pembelian dan juga kredit untuk akun utang dagang.

Jika transaksinya terus berulang maka akan jauh lebih praktis jika disediakan kolom secara khusus guna pembelian dan utang dagang.

2. Kegiatan transaksi dalam pembelian secara kredit atas barang lain seperti halnya untuk melakukan pembelian perlengkapan serta peralatan produksi. Maka dengan demikian akan dicatat pada kolom debit di akun perlengkapan dan juga kredit di bagian akun utang dagang.

Apabila transaksinya yang dilakukan secara berulang maka dapat dibuatkan kolom tersendiri untuk bagian perlengkapan.

3. Dalam melakukan pembelian barang yang lainnya dengan sifatnya tidak dilakukan secara berulang maka tida harus dibuatkan kolom secara khusus. Akan tetapi cukup dengan ditampung di kolom serba-serbi sehingga pencatatannya lebih efektif dan tidak membutuhkan banyak tempat.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs. Download sekarang!

google play store
350px appstore

Demikianlah beberapa jenis transaksi penjualan dan pembelian pada perusahaan dagang yang dapat kamu ketahui dengan pencatatan secara rinci guna mengetahui pengeluaran serta pemasukan finansial. Melalui cara pencatatan jurnal akan memudahkan perusahaan melakukan audit lebih cepat, rinci dan jelas.

Instagram