token listrik pln

Token listrik PLN merupakan salah satu satuan untuk digunakan melakukan pembayaran pada pengisian ulang daya listrik di layanan PLN prabayar. Penggunaan token listrik ini dengan cara memasukkan 20 digit angka pada meteran listrik milik pelanggan sebagai bentuk pengisian daya listrik di meteran prabayar.

Baca Juga Artikel Token Listrik Lainnya dari Transfez

Update Harga Token Listrik Sekarang
Kenapa Token Listrik Gagal Diisi?
Cara Beli Token Listrik di Shopee dan Seller Shopee dengan Mudah
Harga Token Listrik per kWh, Kisaran Harga dan Cara Menghitungnya
Cara Isi Token Listrik dengan Berbagai Metode
Cara Cek Token Listrik dengan Berbagai Metode

Cara untuk mendapatkan 20 digit angka tersebut dengan melakukan pembelian pulsa sesuai nomor ID pelanggan serta jumlah nominal pulsa yang dibutuhkan oleh pelanggan. Dengan demikian kamu bisa menikmati semua kegiatan yang menggunakan bantuan dari listrik.

Cara Mengisi Saldo Token Listrik Secara Online

token listrik pln

Apabila kamu kehabisan token listrik tengah malam dan membuat listrik di rumah mati maka harus segera membeli token listrik. Hal ini sebanarnya bukan menjadi masalah besar jika kamu tetap bersikap tenang, karena cara melakukan pengisian token listrik dapat dilakukan kapan saja dan di mana saja.

Inilah panduan yang dapat kamu gunakan untuk membeli serta cara mengisikan token listrik melalui e-commerce:

• Langkah pertama yang dapat kamu lakukan yakni dengan mengunjungi laman e-commerce yang telah menyediakan token listrik
• Lalu masukkan nomor pelanggan kamu yang tercantum pada meteran ataupun kartu ID
• Di dalamnya akan ada rincian secara otomatis yang langsung muncul apabila nomor pelanggan yang kamu masukkan telah benar
• Kemudian lanjutkan dengan klik opsian Bayar
• Kamu bisa memilih metode pembayaran yang diinginkan sesuai dengan kebutuhan pengguna
• Dengan cara isi token listrik maka sistem akan langsung memproses pembayaran untuk token listrik kamu serta akan mendapatkan notifikasi bahwa pembayaran telah sukses dilakukan
• Kamu juga bisa mendapatkan pemberitahuan melalui email dengan isi token listrik PLN yang akan dimasukkan ke meteran listrik pelanggan.

Cara Mengisi Token Listrik di Minimarket

Bagi kamu yang sering belanja di minimarket maka bisa sekalian membeli token listrik di minimarket. Pihak kasir minimarket akan membantu kamu dalam membeli token listrik, adapun untuk melakukannya bisa mengikuti langkah berikut ini:

• Kamu bisa langsung mendatangi salah satu minimarket terdekat
• Lalu katakan pada kasir bahwa kamu akan membeli token listrik, dan kasir akan meminta nomor meteran atau ID pelanggan untuk diproses oleh kasir
• Sebutkanlah jumlah nominal token listrik yang akan dibeli
• Setelah itu silahkan untuk melakukan pembayaran sesuai dengan jumlah nominal token listrik yang kamu beli pada petugas kasir dan jumlah pembayaran ditambahkan dengan biaya admin Rp 2 ribu
• Tunggu sampai beberapa saat sampai permintaan kamu bisa diproses oleh sistem
• Dengan demikian cara isi token listrik ini akan berhasil dilakukan jika kasir telah memberikan 20 digit angka kode unik yang tercantum pada struk yang bisa dimasukkan pada meteran listrik milik pelanggan
• Sesampainya di rumah kamu hanya perlu memasukkan 20 digit angka unik pada meteran listrik rumah guna menambahkan pulsa yang sebelumnya sudah dibeli.
• Bagi kamu yang masih bingung dengan cara memasukkan bisa mengikuti langkah di atas sampai token listrik berhasil masuk.

Langkah Mengisikan Token Listrik PLN

Bagi kamu yang masih bingung dengan cara mengisi token listrik maka bisa mengikuti langkah mudah berikut ini:

• Setelah kamu berhasil membeli token listrik maka akan mendapatkan 20 digit angka stroom atau kode yang nantinya digunakan untuk melakukan pengisian pulsa
• Lalu masukkanlah 20 digit angka stroom atau kode token tersebut pada alat meter prabayar kamu dan jika angka yang dimasukkan sudah benar maka tekan tombol Enter pada meteran pelanggan
• Pada saat terjadi kesalahan ketika kamu memasukkan angka stroom atau token maka bisa dengan menekan tombol Backspace yang digunakan untuk menghapus angka yang sebelumnya sudah kamu masukkan
• Jika angka pada token listrik PLN tersebut dimasukkan dengan benar maka di layar meteran akan muncul tulisan Accept atau Benar. Setelah itu kWh atau daya listrik yang digunakan akan bertambah sesuai dengan jumlah yang sebelumnya telah dibeli
• Jika pada layar meteran kamu tertulis Reject atau gagal maka angka dari stroom atau kode token yang kamu masukkan kemungkinan besar salah. Kamu bisa melakukan pengecekan dan memasukkannya kembali.

Lihat Juga Video Mudahnya Melakukan Kirim Uang Ke 60+ Negara

Biaya dan Pajak Perhitungan Token Listrik

Untuk melakukan penghitungan token listrik maka terdapat banyak variabel yang perlu dihitung dan diperhatikan supaya kamu dapat mengetahui nilai serta daya listrik yang didapatkannya menjadi lebih akurat. Inilah beberapa biaya yang dikeluarkan dalam penghitungan token listrik:

1. Biaya Administrasi

Jenis biaya yang akan dibebankan pada pihak pembeli token listrik dengan jumlah yang sangat bervariasi namun tergantung juga dari lokasi membeli token listrik tersebut. Apabila kamu membeli token listrik ini melalui Bank atau ATM maka akan ada biaya admin yang sudah termasuk dari harga token tersebut.

Namun perlu kamu ketahui jika belum termasuk biaya admin maka harga token listrik ini akan bertambah sesuai dengan nominal jumlah biaya admin yang seharusnya dibayarkan, tetapi nilainya token dan kWh akan jauh lebih besar. Biaya admin untuk membeli token biasanya Rp 3 ribu sampai Rp 5 ribu.

2. Biaya Materai

Biaya lainnya yang akan dikenakan biasanya biaya materai sebagai dokumen yang sifatnya perdata dan penting untuk digunakan di peradilan. Kebutuhan biaya materai ini akan digunakan jika kamu membeli token listrik dengan nilai di atas 200 ribu.

3. Pajak Pertambahan Nilai atau PPn

Salah satu jenis pajak yang nantinya akan dikenakan pada pelanggan pengguna token listrik PLN. Hal ini biasanya untuk listrik rumah tangga golongan R2.

4. Pajak Penerangan Jalan atau PPJ

Pajak yang wajib untuk dibayarkan oleh pelanggan dari PLN dan sudah termasuk dalam APBD. Pajak ini akan digunakan untuk pembiayaan daerah dengan cakupannya meliputi pemasangan, pemeliharaan hingga membayar rekening Penerangan Jalan Umum sesuai dengan peraturan daerah.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs. Download sekarang!

google play store
350px appstore

Demikianlah penjabaran mengenai token listrik PLN yang bisa kamu ketahui. Cara membeli token dan mengisikannya pun sangat mudah sehingga bisa dilakukan siapa saja.

Instagram