pengertian dan contoh tangible

Sebagai seorang investor kamu harus memahami banyak istilah salah satunya adalah tangible. Istilah ini sering digunakan pada dunia bisnis.

Untuk membahas lebih jauh. Silahkan simak pembahasan dibawah ini!

Pengertian Tangible

Tangible merupakan aset yang mempunyai nilai moneter terbatas dan memiliki bentuk fisik. Tangible juga disebut sebagai aset berwujud yang dapat ditransaksikan kapanpun untuk nilai moneter, walau nilai likuiditas pasar yang berbeda-beda.

Tangible memiliki nilai tukar transaksional, sangat berbeda dengan aset tidak berwujud yang memiliki nilai teori. Kunci dari tangible adalah kekayaan bersih dan operasional bisnis yang bergantung dengan aset berwujud.

pengertian dan contoh tangible

Alasan utama mengapa perusahaan mempertahankan neraca secara keseluruhan yaitu manajemen aset dan implikasi aset.

Tingbel dicatat di neraca dan wajib seimbang di persamaan sederhana yaitu aset dikurangi kewajiban yang nilainya sama dengan ekuitas pemegang saham yang mengatur neraca.

Dalam perusahaan ada dua jenis aset yaitu berwujud dan tidak berwujud. Tangible atau aset berwujud merupakan jenis aset yang paling dasar di neraca.

Pada sebagian industri tangible ini merupakan aset bentuk utama, tangible juga merupakan aset yang paling mudah dipahami nilai dan dihargai.

Lihat Juga Video Cara Mudah Transfer Uang Ke Luar Negeri

Neraca akan memberikan tinjauan singkat perusahan-perusahaan yang memiliki tangible pada likuiditasnya. Porsi tangible pada aset neraca dibagi menjadi dua bagian yaitu aset lancar dan aset jangka panjang.

Aset jangka panjang merupakan aset yang tidak mungkin dikonversi menjadi yang tunai dalam jangka satu tahun. Untuk membantu mencapai tujuan utama tangible mendukung operasional perusahaan untuk menghasilkan pendapatan yang besar.

Contoh Tangible Asset

Seperti yang sudah dibahas pada bagian atas tangible asset merupakan aset berwujud yang dalam dunia bisnis dapat digunakan serta dimanfaatkan.

Contohnya adalah Tempat usaha yang didalamnya bisa berupa tanah gedung bangunan, alat yang digunakan untuk operasional produksi seperti mesin, alat yang digunakan untuk operasional distribusi seperti mobil, truk, dan kendaraan lainnya.

Baca Juga Cara Kirim Uang dengan Mudah ke Berbagai Negara

Cara Kirim Uang ke Hongkong
Cara Kirim Uang ke Filipina
Cara Kirim Uang ke USA
Cara Kirim Uang ke Singapura
Cara Kirim Uang ke Cina
Cara Kirim Uang ke Malaysia
Cara Kirim Uang ke Jepang

Karakteristik Tangible

Tangible atau aset berwujud memiliki beberapa karakteristik yaitu:
– Memiliki bentuk fisik yang dapat dilihat kasat mata
– Operasional perusahaan menggunakannya secara aktif
– Benda yang hanya digunakan dan dimanfaatkan, bukan untuk dijadikan investasi atau diperjual belikan
– Memiliki umur penggunaan yang biasanya lebih dari satu periode dalam akuntansi, atau lebih dari satu tahun untuk rata-rata umur pengguna yang relatif aman.
– Memberikan manfaat untuk di masa yang akan datang
Jenis Tangible Asset
Tangible asset terbagi menjadi 3 jenis yaitu :
– Umur dan masa kegunaanya sangat tidak terbatas dari aktiva tetap
– Umur dan masa kegunaannya sangat terbatas, dan dapat digantikan dengan aktiva sejenis ketika kegunaanya telah habis.
– Umur dan masa kegunannay terbatas, dan tidak dapat bisa digantikan dengan aktiva sejenis, teruma ketika masa kegunaanya habis.

Tangible Asset Dan Aset Lancar

Tangible adalah aset yang bisa berupa aset lancar atau aset jangka panjang. Saat ini asset memungkinkan mempunyai bentuk fisik tetapi memiliki nilai transaksi yang terbatas.

Contoh dari tangible yang paling likuid pada perusahaan adalah kas, surat berharga, serta piutang. Semua hitungan yang ada pada rasio cepat perusahaan merupakan tangible asset.

Sedangkan aset lancar merupakan aset yang berada dalam perhitungan rasio lancar perusahaan. Rasio lancar merupakan indikator yang menunjukan nilai dari perusahaan yang dapat menutupi pembayaran dengan aset lancarnya.

Contoh dari aset aasio lancar adalh persedian yang tidak likuid sperti kas tetepi memiliki nilai pasar yang terbatas, tapi tetap dapat dijual secara tunai apabila diperlukan untuk likuidasi.

Aset Jangka panjang sering juga disebut aset tetap yang terdapat dua bagian neraca pada aset ini. aset tetap berupa properti, real estate, pabrik, mesin, kenderaan, komputer, perlengkapan kantor, dan lainnya.

Aset tetap ini bukan merupakan harga pokok penjualan perusahaan, tapi aset tetap memiliki nilai transional yang nyata, atau dapat diperjual belikan untuk perusahaan jika sewaktu-waktu dibutuhkan.

Tingbel aset dicatat pada neraca yang ditulis sesuai dengan jumlah nilai pengeluaran membeli tingeble aset. Tangible asset semakin lama atau bertahun-tahun akan mengurangi nilai atau mengalami depresiasi.

Penyusutan atau depresiasi merupakan notasi neraca bukan kas yang memiliki pengurangan aset, dengan jumlah nilai yang sudah diprediksikan sewaktu waktu.

Aset lancar dapat diubah menjadi uang tunai pada jangka waktu satu tahun, sebab itu aset lancar dalam perhitungannya tidak perlu diturunkan nilainya dari waktu ke waktu.

Contohnya, persediaan merupakan aset lancar yang biasa dijual dalam jangka waktu satu tahun.

Perbedaan Tangible Asset Dan Intangible Asset

Intangible asset merupakan aset yang tidak memiliki wujud fisik,tetapi memiliki nilai teoritis yang dilihat dari penilaian perusahaan tersebut.

Contoh dari intangible asset adalah hak cipta, merek dagang, lisensi, nilai merek, hak paten. Dalam neraca intangible asset dicatat pada aset jangka panjang.

Intangible asset tidak bisa dijual ke perorangan atau di jual pada bursa efek, tetapi dalam beberapa contoh bisa dijual ke perusahaan lain. Kedua perusahaan tersebut bisa saling membayar atau mentransfer sebagian usahanya seperti kesepakatan akuisisi atau merger.

Intangible asset sangat berkontribusi akan kekayaan bersih pada nilai total perusahaan, saar di cattat di neraca.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs.

Download Aplikasi Transfez di Android
Download Aplikasi Transfez di iOs

Demikianlah informasi tentang tangible asset atau aset berwujud. Dakam pehasan di atas dapat disimpulkan bahwa aset berperan sangat penting dalam operasional perusahan, dana dalam mencapai tujuan utamanya yaitu mengutamakan keuntungan.

Instagram