Strategi Menabung

Bagaimana strategi menabung yang benar? Di masa yang cukup sulit seperti sekarang ini, menabung menjadi salah satu hal penting untuk dilakukan selain investasi. Tabungan yang telah disimpan dalam waktu lama bisa digunakan untuk kebutuhan di masa mendatang.

Minim kemungkinan kita untuk tidak mempunyai uang meskipun memang menyimpan tabungan adalah suatu hal yang tidak mudah dilakukan. Sebab ketika memang uang rasanya selalu ingin membelanjakan uang tanpa peduli untuk menyisihkannya.

Cara Menabung Secara Efektif Menurut Pakar

Strategi Menabung

Menyisikan uang untuk ditabung memang cukup sepele akan tetapi tidak semua orang bisa melakukannya dengan benar. Kebanyakan orang suka mempunyai tabungan justru dianggap pelit dan sangat perhitungan terhadap uang.

Perlunya kamu untuk memahami tips mempunyai tabungan dan mengelolanya dengan benar. Cara ini sangat membantu kamu untuk mempunyai tabungan di masa depan, simak uraiannya:

Mengatur transfer otomatis ke rekening bank

Pakar keuangan Farnoosh Torabi memberikan saran tips agar bisa menyisihkan uang untuk ditabung melalui cara transfer otomatis ke rekening bank. Seperti misalnya mendapatkan gaji dari perusahaan yang langsung masuk ke rekening secara otomatis dan bukan dalam bentuk cash.

Sebab kendala orang sulit menyisihkan uang untuk ditabung karena malas setor tunai ke bank. Torabi memberikan saran jumlah gaji bisa ditabung 10 persen dari yang sudah diterima, selain itu transfer ke rekening bank bisa mengurangi seringnya tergoda untuk membelanjakan uang.

Cara mempunyai tabungan yang benar, kecil namun tetap konsisten

Tips memiliki tabungan yang baik disarankan oleh pakar konsumen Clark Howard. Clark menyarankan untuk bisa menyisikan uang dalam jumlah yang kecil namun dilakukan secara konsisten.

Clark memberikan saran angka tabungan secara rutin bisa sebanyak 2 persen saja dari jumlah total gaji yang didapatkannya. Kebiasaan menyisihkan uang dalam jumlah kecil untuk ditabung tidak akan terasa memberatkan total anggaran bulanan, namun jika dilakukan secara konsisten bisa memberikan hasil yang sangat menjanjikan.

Menyediakan rekening khusus untuk tabungan

Dalam menabung pastikan kamu memisahkan rekening tabungan dan juga untuk kebutuhan harian. Alasan ini membuat pakar perencana keuangan, Ligwina Hananto menyarankan untuk prosesnya harus didukung dengan pemisahan dari rekening tabungan khusus dan rekening uang harian.

Cara memisahkan dana tersebut sangat efektif dalam meminimalisir tingkat penggunaan dana untuk kebutuhan yang lain. Sehingga bisa mempunyai tabungan yang menjanjikan dalam waktu lama.

Tabungkan uang dari sisa kembalian belanja

Uang kembalian yang sifatnya kecil dianggap sangat sepele dan tidak mempunyai nilai, padahal uang bisa ditabung dan jika jumlahnya besar dapat digunakan. Ric Edelman, CEO Edelman Financial Service, memberikan saran untuk mengumpulkan uang kembalian yang nantinya jumlah uang akan menjadi besar.

Sehingga kumpulkanlah uang kembalian dari berbelanja dan kumpulkan sesuai jumlahnya. Kamu bisa melakukan cara ini dengan rutin dan dapat menggunakannya jika uang sudah terkumpul dalam jumlah yang banyak.

Lihat Juga Video Cara Mudah Transfer Uang Ke Luar Negeri

Strategi Menabung yang Sukses dan Berhasil

Seringkali cara untuk mempunyai tabungan selalu gagal yang ditimbulkan dari berbagai faktor. Biasanya tidak maunya seseorang untuk menyisihkan tabungan karena tergoda membelanjakan uang sebelum tercapai pada targetnya.

Begitu uang sudah ditabung kemudian diambil lagi padahal masih dalam jangka waktu yang cukup pendek atau bisa jadi karena menyimpan uang sekali saja dan tidak dilakukan dengan rutin. Inilah tips menabung yang dapat kamu coba:

1. Pahami manfaat dan tujuan utama menyimpan uang

Mempunyai tabungan memang suatu hal yang sangat menyenangkan. Namun tidak banyak orang yang betah untuk tidak mengambil uang sebelum pada targetnya.

Maka dengan begitu kamu harus mengetahui manfaat dan tujuan utama dalam menyimpan uang. Sehingga secara sadar bisa memahami pentingnya melanjutkan aktivitas menyisihkan uang untuk ditabung meskipun keuangan sedang dalam kondisi sulit sekalipun.

2. Komitmen setor tabungan secara rutin

Strategi menabung yang dapat dilakukan adalah komitmen besar dalam diri kita. Kamu bisa berkomitmen untuk menyimpan tabungan dalam rentang waktu yang sudah ditargetkan, meskipun sedikit namun tetap harus setor.

Dengan melakukannya secara rutin kamu akan terbiasa untuk menyisihkan uang meskipun hanya sedikit. Sehingga nantinya uang bisa terkumpul banyak dan dapat kamu gunakan untuk kebutuhan.

3. Jangan mengambil uang sebelum waktu target

Salah satu komitmen yang sulit untuk dilakukan oleh kebanyakan orang. Sebagian besar menabung dan geli untuk mengambil sebelum jangka waktu target yang sudah ditentukan.
Caranya untuk tidak tergoda mengambil uang adalah lupakan uang tersebut. Anggaplah tidak ada uang di dalam rekening kamu.

4. Meminta anggota keluarga untuk membantu

Menumbuhkan komitmen yang besar memang tidak mudah jika tidak diniatkan sedari sekarang. Dengan begitu untuk meningkatkan komitmen mengisi tabungan mintalah anggota keluarga untuk mengingatkannya.

Selain itu mintalah anggota keluarga untuk mengingatkan agar tidak tergoda mengambil uang tabungan sebelum target waktunya. Dengan begitu uang kamu ditabungan rekening bisa terkumpul banyak sampai waktu targetnya.

5. Mengikuti arisan

Cara mempunyai tabungan yang lain dan tidak akan diambil sebelum waktunya yakni dengan mengikuti arisan. Sekarang ini banyak sekali pilihan arisan untuk menyimpan uang yang aman dan terpercaya.

Namun memang maraknya penipuan, sebaiknya memilih pihak arisan yang sudah terpercaya dan tidak ada sindikat menipu. Namun jika kamu ragu bisa menyimpan uang dalam tabungan untuk digunakan pada waktu tertentu.

6. Membuat target waktu menabung

Waktu untuk menyimpan uang menjadi hal yang sangat penting agar bisa rutin melakukan setor. Selain itu kamu juga wajib memiliki target untuk pengambilan uang yang dapat digunakan memenuhi kebutuhan.

Jika kamu masih ingin melanjutkan untuk menyimpan uang lagi, maka cobalah untuk membelikanya barang investasi. Di mana pemilihan investasi yang tidak akan menyusut nilainya secara drastis seperti halnya emas, tanah atau bangunan.

7. Uang tabungan untuk investasi

Setelah tabungan kamu terkumpul banyak dari target waktu yang telah kamu tentukan. Manfaatkan uang untuk melakukan investasi yang menguntungkan.

Seperti halnya investasi saham, emas, properti, hingga biaya pendidikan. Sehingga kamu bisa merasakan manfaat banyak dari uang tabungan.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs.

Download Aplikasi Transfez di Android
Download Aplikasi Transfez di iOs

Itulah beberapa uraian mengenai tips khusus menabung. Strategi menjadi suatu hal yang sangat penting untuk menyimpan tabungan.

Instagram