artikel tentang stakeholder dari transfez

Stakeholder merupakan hal yang sangat sering didengar jika kamu merupakan karyawan pada sebuah perusahan. Pengertian dari Stakeholder adalah panggilan untuk orang-orang yang posisinya sangat penting pada suatu lingkup perusahaan organisasi, bisnis, pariwisata, serta pendidikan.

Untuk lebih jelasnya silahkan kamu simak dibawah ini ya!

artikel tentang stakeholder dari transfez

Pengertian Stakeholder

Posisi pengambil keputusan sehingga penggunaannya pada sebuah lembaga public disebut dengan stakeholder. Mulanya Stakeholder merupakan individu atau kelompok yang secara langsung terjun dalam sebuah bisnis.

Dalam perkembanganya stakeholder memiliki perubahan istilah yaitu seluruh pihak yang saling berhubungan dalam kepentingan berjalannya perusahaan. Perkembangan perusahaan, persoalan finansial dan lain sebagainya merupakan hubungan yang dilakukan oleh pihak-pihak tersebut atau stakeholder.

Stakeholder juga disebut seseorang atau kelompok yang kebijakannya dapat dipengaruhi dan mempengaruhi oleh perusahaan, kebijakannya tersebut baik secara positif maupun negative.

Baca Juga Cara Transfer Uang dengan Mudah ke Berbagai Negara

Cara Transfer Uang ke Hongkong
Cara Transfer Uang ke Filipina
Cara Transfer Uang ke Australia
Cara Transfer Uang ke Singapura
Cara Transfer Uang ke Cina
Cara Transfer Uang ke Malaysia
Cara Transfer Uang ke Jepang

Contoh-Contoh Stakeholder Di Perusahaan

Tidak dipungkiri stakeholder ini memiliki fungsi dan tujuannya sendiri di sebuah perusahaan. Karena seluruh pihak pada dasarnya akan ikut berkontribusi untuk menyampaikan keahliannya masing-masing.

Sebab itu pula stakeholder memiliki fungsi dan tujuannya masing-masing yang berbeda pada setiap perusahaan atau organisasi. Berikut dibawah ini adalah contoh stakeholder di perusahaan.

1. Investor

Stakeholder memiliki tujuan sebagai seorang investor pada sebuah perusahaan. Sebab sebuah perusahaan tentunya akan membutuhkan modal untuk biasa operasionalnya.

Pada prosess ini stakeholder menjalankan perannya dengan sangat baik. Bukan hanya sebagai pemegang saham tapi juga sebagai seorang pengawas yang mengamati kinerja dari seluruh karyawan pada perusahaan tersebut.

2. Bank

Tujuan berikutnya dari Stakeholder adalah sebagai lembaga keuangan yang berfungsi sebagai pihak yang memberikan pinjaman atau kreditur kepada pemilik perusahaan, yang dalam prosesnya terdapat perjanjian yang saling disepakati dan tempo dalam beberapa waktu.

3. Supplier

Supplier memiliki tujuan sebagai supplier yang mana pada sebuah perusahaan industri sangat membutuhkan ketersediaan bahan baku untuk proses produksinya.

4. Karyawan

Selanjutnya stakeholder memiliki fungsi sebagai seorang karyawan yang memiliki kontribusi sangat banyak pada sebuah perusahaan. Fungsi karyawan sangat penting jika dilihat dari proses yang berkaitan secara langsung dari produksi hingga pendistribusian produk.

5. Konsumen

Fungsi selanjutnya stakeholder pada perusahaan adalah konsumen. Konsumen sangat berperan penting dalam kemajuan perusahaan, oleh karenanya saran dan masukkan dari konsumen sangat dibutuhkan oleh perusahaan.

Baca Juga Daftar Kode Swift Bank di Indonesia

Kode Swift Bank BCA
Kode Swift Bank Mandiri
Kode Swift Bank BNI
Kode Swift Bank BRI
Kode Swift Bank Danamon
Kode Swift DBS Bank
Kode Swift Hana Bank

6. Pesaing

Pesaing merupakan fungsi stakeholder yang merupakan pengawasan dari eksternal, jadi kemajuan sebuah perusahaan bukan hanya dari faktor internal saja. Faktor eksternal ini merupakan sebuah motivasi agar sebuah perusahaan tersebut terus mengalami kemajuan.

7. Pemerintah

Stakeholder juga berfungsi sebagai pemerian izin atau legalitas terjamin yang dapat diakui oleh negara. Oleh karenanya pemerintah memiliki fungsi yang sangat penting pada sebuah perusahaan.

Secara umum fungsi dari stakeholder adalah sebagai berikut:

a. Stakeholder Bertanggung Jawab Secara Sosial Atas Nama Perusahaan.

Setiap stakeholder harus mampu menyeimbangakan hubungannya dalam bisnis. Sehingga ia harus mampu memiliki rasa tanggung jawab sosial kepada seluruh jajarannya, yang membuat tempat kerja nya bukan hanya sebatas tempat bekerja.

b. Stakeholder Mengatur Secara Langsung Operasional Bisnis

Yang dimaksud dari mengatur secara langsung adalah perusahaan secara sukarela memberikan posisi tersebut kepada para stakeholder untuk terjun langsung dalam operasional bisnis.

c. Stakeholder Mendukung Keuangan Perusahaan

Perusahaan harus memiliki relasi yang baik, oleh karenanya stakeholder harus mampu membuat keputusan penambahan ataupun pengurangan investasi yang dilihat berdasarkan kondisi finansial perusahaan.

d. Stakeholder Membuat Keputusan Penting Pada Perusahaan

Ide dan gagasan yang dimiliki oleh seorang Stakeholder sangat mempengaruhi keputusan yang nantinya akan diambil oleh perusahaan.

Lihat Juga Video Cara Mudah Kirim Uang Ke Luar Negeri

Jenis-Jenis Stakeholder Dari Posisi

Berikut dibawah ini adalah jenis-jenis stakeholder berdasarkan posisinya:

1. Stakeholder Primer

Stakeholder primer adalah individu atau kelompok pada sebuah perusahaan yang memiliki hak atau kuasa untuk menetapkan sebuah kebijakan, serta mengambil keputusan pada program-program yang sedang berjalan.

2. Stakeholder Sekunder

Stakeholder Sekunder merupakan seseorang yang mendukung pada sebuah perusahaan, dimana seseorang atau kelompok tersebut tidak memiliki hubungan ataupun tidak memiliki kepentingan pada suatu proyek tersebut.

Contoh dari stakeholder sandur adalah kelompok akademis misalnya perguruan tinggi, LSM, perusahaan. Serta lembaga pemerintahaan.

3. Stakeholder Kunci

Contoh dari stakeholder kunci adalah Pemerintah, DPR, dan para dinas terkait yang memiliki hubungan dengan proyek atau perusahaan tersebut. Mereka berperan atas seluruh kewenangan legal sebagai sebuah keputusan yang nantinya sangat menentukan kebijakan.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs.

Download Aplikasi Transfez di Android
Download Aplikasi Transfez di iOs

Penutup Dan Kesimpulan Stakeholder

Stakeholder sering kerap kali disamakan dengan shareholder padahal keduanya berbeda. Salah satu perbedaanya adalah shareholder merupakan pemilik saham dari sebuah perusahaan, sedangkan stakeholder tidak seluruhnya merupakan pemilik saham , dan sebagian tidak berkaitan di dalam finansial perusahaan.

Tetapi Shareholder merupakan bagian dari Stakeholder, tapi stakeholder bukan bagian dari shareholder. Para shareholder tersebut nantinya akan terkena dampak dari seluruh kebijakan yang dipengaruhi atau dibuat oleh stakeholder.

Jika perusahaan memiliki kebijakan yang berubah-ubah, Shareholder nantinya hanya akan terkena dampaknya, sedangkan stakeholder dapat berpengaruh secara langsung ataupun tidak langsung.

Nah, sekarang kamu sudah pahamkan apa itu yang dimaksud dengan stakeholder pada sebuah perusahaan. Stakeholder memiliki peran sangat penting para perusahaan tersebut karena ia turun secara langsung dari kegiatan produksi hingga pendistribusiannya.

Oleh karenanya sangat wajar keputusan dari stakeholder sangat mempengaruhi kinerja dari perusahaan itu sendiri.

Bahkan stakeholder bukan hanya dari internal saja tapi juga dari eksternal seperti pesaing yang berperan sebagai control dari luar yang menekan kualitas dan kreativitas perusahaan tersebut agar menghasilkan produk yang sangat baik. Lalu, konsumen pihak eksternal yang terus memberi saran kepada perusahaan agar terus menstabilkan produknya.

Instagram