sms banking bri

Pemakaian SMS Banking BRI merupakan cara mudah untuk melakukan transaksi yang sangat menguntungkan bagi para nasabah. Ketersediaan berbagai fitur untuk Bank BRI banyak memberikan penawaran efisiensi dalam segi waktu hingga biaya ketika melakukan transaksi.

Apabila ingin melakukan pengecekan saldo BRI melalui ATM dan terasa sangat merepotkan karena banyak menyita waktu. Maka alternatif yang memungkinkan untuk dipilih yakni dengan menggunakan SMS Banking Bank BRI yang terbilang lebih praktis dan efektif.

Apa Itu SMS Banking BRI?

Hampir semua bank menyediakan layanan ini sebagai bentuk inovasi untuk memberikan layanan terbaik bagi para nasabahnya. Kehadiran dari layanan untuk perbankan melalui ponsel menjadi sebuah terobosan baru yang dapat memberikan kemudahan bagi para nasabah dalam melakukan kegiatan transaksi perbankan.

SMS Banking untuk bank BRI merupakan salah satu layanan perbankan yang diakses melalui ponsel dengan mengirim pesan ke nomor 3300. Caranya dengan mengirim format yang diminta mulai dari berbagai kegiatan transaksi yang berbeda.

Baca Juga Cara Kirim Uang dengan Mudah ke Berbagai Negara

Cara Kirim Uang ke United Kingdom
Cara Kirim Uang ke Rusia
Cara Kirim Uang ke Jerman
Cara Kirim Uang ke Belanda
Cara Kirim Uang ke Prancis
Cara Kirim Uang ke Spanyol
Cara Kirim Uang ke Amerika Serikat
Cara Kirim Uang ke Singapura
Cara Kirim Uang ke Cina

Kesamaan Fitur Layanan SMS Banking dan BRI Mobile

BRI menyediakan banyak layanan mobile yang tidak hanya SMS Banking BRI saja. Layanan mobile lainnya yang tersedia yakni mobile banking BRI sebagai layanan online dikenal dengan BRI mobile.

Kedua layanan yang diberikan ini mempunyai kesamaan dalam menawarkan kemudahan pada nasabah khususnya dalam melakukan transaksi perbankan jauh lebih mudah dan praktis. Meskipun 2 layanan tersebut digunakan dalam 2 cara yang berbeda namun inti dari kegunaannya tetap sama.

Fitur BRI Mobile

BRI Mobile telah dikenalkan kepada nasabah sejak tahun 2012 yang dapat digunakan melalui ponsel. Mobile banking BRI menyediakan kelengkapan fitur yang sangat beragam seperti halnya fitur cek saldo, transfer uang, mutasi rekening, ganti PIN dan juga melakukan kegiatan pembayaran ataupun pembelian.

Ketersediaan berbagai macam fitur dari BRI Mobile di antaranya:

  • Menjadwalkan pembayaran
  • Menyimpan riwayat dari transaksi
  • Memberikan batasan transfer ataupun limitasi sampai Rp 1 miliar
  • Mencari informasi keberadaan ATM
  • Menyimpan pemberitahuan transaksi
  • Mencari informasi merchant E-Pay seperti halnya Kereta Api Indonesia, Tiket.com, Blibli Citilink ataupun Electronic Solution
  • Memberikan informasi produk BRI

Cara Mendaftar SMS Banking BRI Sesuai Prosedur

Cara melakukan pendaftaran untuk SMS Banking sama halnya dengan BRI Mobile. Maka dari itu intinya dengan mendaftar SMS Banking secara otomatis juga registrasi untuk mobile banking.

Berikut langkah-langkah yang dapat kamu ikuti sesuai prosedur dalam mendaftarkan SMS Banking:

Cara Daftar SMS Banking Melalui ATM

  • Menemukan mesin ATM BRI terdekat dan jika sudah di ATM silahkan untuk memasukkan kartu debit ATM milikmu
  • Kemudian masukkan nomor PIN ATM dan memilih transaksi lain atau pilih lainnya
  • Pilihlah menu registrasi dan memilih Mobile Banking
  • Masukkanlah nomor HP yang aktif sekarang ini lalu tekan benar
  • Masukkan juga SMS PIN yang akan digunakan untuk aplikasi dan boleh disamakan dengan PIN kartu ATM. Selanjutnya tekan benar
  • Pemberitahuan akan muncul di layar mesin ATM yang artinya transaksi telah berhasil
  • Struk transaksi akan keluar dari ATM yang menjadi tanda bukti sudah melakukan transaksi
  • Perlu diperhatikan bahwa fitur yang tersedia untuk SMS Banking BRI hanya sebatas cek saldo BRI. Untuk memanfaatkan layanan fitur lainnya harus mendaftarkan diri dengan cara konfirmasi ke customer service di kantor BRI.

Cara Mendaftar SMS Banking di Kantor Bank

Tidak hanya menggunakan ATM, nasabah bisa melakukan pendaftaran dengan datang langsung ke kantor Bank BRI. Berikut beberapa langkah yang harus ditempuh oleh nasabah:

  • Sebelumnya siapkan terlebih dahulu dokumen mendaftar SMS Banking berupa fotokopi KTP dan juga fotokopi kartu ATM. Silahkan juga membawa buku tabungan jika sewaktu-waktu ditanyakan
  • Siapkan nomor HP yang akan didaftarkan dan pastikan nomor tersebut aktif agar tidak terblokir
  • Apabila sudah berada di kantor Bank BRI silahkan datang ke bagian customer service untuk mengurus pendaftaran SMS Banking sehingga nanti dapat digunakan untuk berbagai macam kegiatan transaksi
  • Pastikan kamu juga telah membawa identitas diri yakni KTP untuk mendaftar SMS Banking di BRI

Cara Transfer SMS Banking, Cek Saldo dan Format SMS Lain

Apabila ingin menggunakan fitur layanan dari SMS Banking BRI bisa mengirimkan SMS dengan format tertentu ke nomor 3300. Untuk format SMS yang dikirimkan tentunya berbeda dengan pada setiap melakukan transaksi.

Agar lebih mudah dalam menggunakan format SMS, inilah daftar format SMS Banking yang bisa kamu gunakan untuk melakukan transaksi.

Cek saldo

Untuk cek saldo BRI menggunakan format SMS Banking kirim ke 3300. Ketik SALDO <spasi> PIN, contohnya SALDO 123456

Transfer ke sesama BRI

Dalam melakukan transfer tetap sama saja dengan mengirim ke 3300. Ketik TRANSFER <spasi> BRI+no. Rekening <spasi> NOMINAL <spasi> PIN, contohnya TRANSFER BRI 056712249955555 1000000 123456

Transfer ke bank lain

Tetap dengan mengirim format ke 3300. Ketik TRANSFER <spasi> KODE BANK+No. Rekening <spasi> NOMINAL <spasi> PIN, contohnya TRANSFER 696045712149955555 1000000 123456.

Pembelian token PLN

Ketik BELI <spasi> PLNPRE <spasi> No. Meter/ID PEL <spasi> NOMINAL <spasi> PIN

Pengisian Pulsa

Tidak berbeda dalam membeli pulsa juga tetap mengirimkan ke 3300. Ketik PULSA <spasi> Nomor HP <spasi> NOMINAL <spasi> PIN, contohnya PULSA 08588888 25000 123456.

Mengubah PIN SMS Banking atau Mobile Banking

Ketik PIN <spasi> PIN BARU <spasi> PIN LAMA. Contohnya PIN 123456 234567

Biaya untuk Menggunakan SMS Banking

Dalam memanfaatkan layanan SMS Banking akan dikenakan biaya untuk bertransaksi transfer. Biaya yang harus kamu keluarkan sebesar Rp 250 dalam sekali melakukan transaksi transfer dengan mengirimkan pesan ke 3300.

Terdapat tambahan potongan pulsa ketika melakukan transfer pada SMS Banking ataupun  Mobile Banking. Namun biaya ini terbilang cukup murah daripada harus pergi ke ATM.

Demikianlah beberapa penjabaran terkait cara mendaftar SMS Banking BRI yang sangat mudah dan praktis untuk dilakukan. Penggunaan SMS Banking dan Mobile Banking tidak jauh berbeda, keduanya sama-sama dapat digunakan untuk melakukan transaksi dan memberikan kemudahan lebih cepat.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs. Download sekarang!

play store small
app store small

Instagram