Pengertian dan Contoh Lengkap Settlement

Mungkin sebagian besar dari kita masih belum mengerti akan istilah settlement ini. Istilah atau kata settlement ini memang sangat jarang digunakan di dalam kegiatan jual beli pada umumnya.

Salah satu istilah asing yang diterapkan dan dicantumkan atau diubah menjadi pendapatan diterima dalam jurnal adalah settlement.

Dalam pengertian sederhananya bisa dibilang bahwa settlement ini adalah proses akhir dari suatu kegiatan transaksi yang suatu pengirimannya akan dilakukan oleh pihak penjual dan kemudian proses pembayarannya akan diselesaikan oleh pihak pembeli.

Pengertian dan Contoh Lengkap Settlement

Namun untuk dapat dipahami bahwa settlement ini tidak berlaku dalam kondisi utang atau dimana suatu perusahaan menerima suatu pembayaran terlebih dahulu sebelum mengirimkan atau memberikan jasa atau barangnya kepada konsumen.

Pengertian Settlement

Settlement memiliki arti penyelesaian jika dilihat dalam terminologi dari bahasa Inggris yang berada dalam bisnis dan keuangan.

Dengan begitu settlement juga bisa diartikan dengan proses penyelesaian dari sebuah transaksi keuangan dimana penjual telah memberikan jasa atau produk kepada konsumen atau pembeli dan kemudian konsumen tersebut telah menyelesaikan pelunasan pada perusahaan atau penjualnya.

Tahap akhir yang menyatakan bahwa penjual telah menerima pembayaran dan juga sebagai bentuk pencatatan keuangan untuk penjual merupakan proses penyelesaian transaksi yang diperlukan. Proses penyelesaian itu meliputi data keuangan mengenai jumlah pendapat yang diterima, produk atau jasa yang terjual, tanggal transaksi, dan tentu saja hasilnya.

Contoh Settlement

Transaksi menggunakan kartu kredit atau kartu debit yang digesek pada mesin EDC atau Electronic Data Capture merupakan proses settlement secara umum yang digunakan.

Sebagai contohnya ketika kamu akan membayar produk di suatu swalayan atau merchant yang menggunakan kartu kredit atau debit, jumlah atau nominal yang kamu bayarkan telah tercatat atau terdata dan disimpan bank tersebut. Dan kemudian kamu akan menerima struk dengan data produk yang telah kamu beli sebelumnya dan dengan nominal atau jumlah uang yang telah dibayarkan.

Struk yang kamu dapatkan tadi berguna sebagai bukti untuk proses penyelesaian di akhir, lalu kemudian membuat kasir akan menduplikasi dan menyimpan seluruh struk pembayaran dengan mesin EDC. Bank penyelenggara dapat mengirim uang ke swalayan atau merchant tadi sesuai dengan nominal yang terdata sebagai pernyataan atau bukti bahwa transaksi telah selesai dilakukan maka dari itu penyelesaian dari transaksi tersebut sangat dibutuhkan.

Penyelesaian transaksi menggunakan e-payment, dompet digital atau uang digital juga diperlukan dalam proses settlement. Transaksi keuangan akan dianggap belum selesai jika proses penyelesaian tidak dilakukan atau dikirimkan oleh merchant melalui mesin EDC.

Sejumlah uang masih tertahan di bank dan belum dikirimkan ke merchant sebagai pendapatan yang diterima walaupun pihak pembeli sudah membayar dan menerima produk yang sesuai.

Fungsi Settlement

Penyelesaian dari sebuah transaksi keuangan yang dikirimkan dari penjual ke platform uang digital atau pihak bank untuk menyatakan bahwa dari penjual maupun pembeli telah melakukan tugasnya adalah fungsi dari sistem settlement ini.

Pembeli telah melunasi tagihan dan penjual sudah menyelesaikan pesanan. Pencatatan pendapatan yang diterima pada jurnal keuangan penjual atau merchant juga menjadi fungsi dari proses penyelesaian bank atau perusahaan EDC.

Terdapat beberapa kondisi transaksi yang membuat proses penyelesaian transaksi tidak dapat dilakukan atau tidak berlaku.

Baca Juga Cara Transfer uang dengan Mudah ke Berbagai Negara

Cara Transfer uang ke USA
Cara Transfer uang ke Singapura
Cara Transfer uang ke Cina
Cara Transfer uang ke Malaysia
Cara Transfer uang ke Jepang

Sebagai contohnya seperti kondisi utang-piutang, perusahaan atau penjual sudah menyelesaikan pesanan atau produk kepada pembeli atau konsumen akan tetapi belum menyelesaikan pembayaran sepenuhnya, dan jika penjual atau merchant sudah menerima pembayaran tapi belum memberikan atau menyelesaikan pesanan atau jasa atau produk kepada pihak konsumen.

Dengan semua hal itu maka proses settlement tidak berlaku atau tidak dapat dilakukan dalam transaksi yang telah selesai tersebut, maksudnya penjual sudah memberikan jasa atau pesanan dan pembeli sudah membayar semua tagihannya.

Cara Settlement EDC

Beberapa bank penyelenggara sistem ini punya cara dan aturan settlement EDC yang berbeda-beda. Untuk dapat mencatat dan merekap semua transaksi pembayaran yang menggunakan kartu debit dan kartu kredit dapat menggunakan settlement dengan mesin EDC. Penyelesaian transaksi dalam mesin EDC dapat menggunakan cara sebagai berikut:

EDC Mandiri

● Pilih menu function pada mesin
● Lalu pilih settlement
● Masukan password atau sandi 1400
● Tekan tombol OK
● Struk akan keluar saat proses penyelesaian telah berhasil

EDC BCA

● Tekan tombol hijau di mesin EDC
● Pilih menu settlement
● Masukan sandinya 36363
● Faktur atau struk akan keluar ketika telah berhasil
● Setelah proses penyelesaian telah berhasil, EDC dapat digunakan kembali

Baca Juga Daftar Kode Swift Bank di Indonesia

Kode Swift Bank BCA
Kode Swift Bank Mandiri
Kode Swift Bank BNI
Kode Swift Bank BRI

EDC BNI

● Tekan F2 pada mesin EDC
● Tekan tombol enter warna hijau
● Masukan password 0000
● Akan ada menu ALL HOST
● Tekan tombol enter
● Seluruh rincian transaksi akan muncul
● Tekan enter lagi
● Attaching GPRS
● Tunggu sampai proses selesai

Lihat Juga Video Cara Mudah Kirim Uang Ke Luar Negeri

Silakan konsultasi pada pihak penyelenggara atau bank masing-masing untuk dapat menggunakan EDC tersebut, untuk diketahui bahwa setiap platform uang digital pun punya cara penyelesaian transaksinya yang berbeda-beda.

Bisa ditarik kesimpulan bahwa settlement adalah suatu kondisi dimana ketika pihak penjual dan pihak pembeli telah melakukan hak dan juga kewajibannya masing-masing, yaitu pembeli melunasi pembayaran jasa atau produk dan pihak penjual atau perusahaan melakukan jasa ataupun memberikan produk pesanan kepada pembeli atau konsumennya.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs.

Download Aplikasi Transfez di Android
Download Aplikasi Transfez di iOs

Dalam sederhananya settlement merupakan penyelesaian akhir dalam transaksi keuangan. Demikianlah beberapa pembahasan mengenai apa itu settlement untuk dapat diketahui, semoga informasi-informasi di atas berguna bagi kamu. Jika ada hal yang belum jelas terkait pembahasan dalam topik ini, silahkan tulis pertanyaan atau pendapat kamu di kolom komentar yang ada di bawah artikel ini ya!

Instagram