artikel tentang retribusi dari transfez

Dalam Wikipedia, retribusi berasal dari Bahasa inggris yaitu “user fee” yang memiliki arti pungutan yang wajib dibayarkan para pengguna fasilitas ke pemilik atau yang mengelola fasilitas tersebut sebagai syarat atau imbalan atas fasilitas yang diberikan.

Umumnya orang-orang membayar retribusi untuk fasilitas umum yang mereka gunakan yang merupakan kepemilikan atau disediakan oleh pemerintah baik pusat maupun daerah. Misalnya Amerika serikat yang mewajibkan membayar retribusi untuk para wisatawan yang ingin menaiki puncak patung liberty, menggunakan jasa-jasa yang disediakan di perpustakaan Kongres AS, dan saat para wisatawan memasuki taman nasional.

Walaupun hampir mirip Retribusi dan Pajak memiliki perbedaan yang cukup mencolok. Salah satu perbedaannya adalah Retribusi dapat dibayar dengan menggunakan balas jasa secara langsung saat itu juga.

artikel tentang retribusi dari transfez

Definisi Retribusi

Retribusi diatur dalam Undang-undang No.28 Tahun 2009 tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah. Dalam Undang-undang tersebut dijelaskan bahwa Retribusi daerah adalah pungutan daerah sebagai pembayaran atas pemberian izin ataupun jasa tertua yang khusus disediakan dan diberikan oleh pemerintah daerah untuk kepentingan orang pribadi atau badan.

Baca Juga Cara Transfer Uang dengan Mudah ke Berbagai Negara

Cara Transfer Uang ke Hongkong
Cara Transfer Uang ke Filipina
Cara Transfer Uang ke Australia
Cara Transfer Uang ke Singapura
Cara Transfer Uang ke Cina
Cara Transfer Uang ke Malaysia
Cara Transfer Uang ke Jepang

Pengertian Retribusi lainnya dari para ahli adalah sebagai berikut:

Ahmad Yani

Menurut Ahmad Yani, Retribusi adalah daerah provinsi Kabupaten maupun Kota yang diberikan peluang untuk menggali potensi sumber-sumber keuangannya, dengan menetapkan jenis retribusi selain yang sudah ditetapkan dan disesuaikan dengan aspirasi masyarakat.

Mahmudi

Menurut Mahmudi, Retribusi adalah pungutan yang sudah dilakukan pemerintah daerah kepada wajib retribusi dari pemanfaatan, suatu jasa tertentu yang disediakan oleh pemerintah.

Marihot P Siahaan

Retribusi daerah merupakan pungutan daerah yang merupakan pembayaran dari jasa atau pemberian izin tertentu yang disediakan secara khusus dan diberikan oleh pemerintah daerah untuk kepentingan badan atau orang pribadi.

Ciri-Ciri Retribusi

Ciri-ciri retribusi menurut Josef Riwu Kaho adalah :
– Retribusi dipungut oleh pemerintah dalam hal ini adalah negara
– Pemungutan dilakukan dengan cara paksaan ekonomis
– Secara lansung dapat ditunjuk kotra prestasi yang ada
– Setiap orang atau badan yang menggunakan atau memanfaatkan jasa-jasa yang disediakan oleh pemerintah atau negara wajib dikenakan retribusi.

Sistem Pemungutan Retribusi

Secara umum Retribusi memiliki sistem pemungutan, yaitu sebagai berikut:
Sistem pemungutan adalah sistem yang memberikan kewenangan kepada pemerintah untuk menentukan besar atau jumlah retribusi yang wajib dibayarkan oleh wajib retribusi
Sistem retribusi adalah sistem yang memberikan kewenangan kepada wajib retribusi untuk menentukan jumlah retribusi yang akan dibayarkan kepada pemerintah.

Jenis Jenis Retribusi

Retribusi memiliki beberapa jenis yaitu sebagai berikut:

1. Retribusi Jasa Umum

Retribusi Jasa Umum memiliki objek yang merupakan layanan atau pelayanan yang disediakan oleh pemerintah daerah yang bertujuan untuk kepentingan serta memiliki manfaat untuk umum, dan layanan serta fasilitas tersebut dapat dinikmati oleh individu atau kelompok.

Pada jenis retribusi umum wajib retribusi bisa saja tidak membayar pungutan jika potensi penerimaan dari jasa umum tersebut terlalu kecil, atau jika pemerintah atau negara memberikan jasa secara Cuma-Cuma.

2. Retribusi Jasa Usaha

Retribusi jasa usaha adalah gaya yang diberikan atau disediakan pemerintah daerah yang didalamnya terdapat prinsip komersial karena sebenarnya jasa usaha yang ditawarkan bisa disediakan oleh sektor usaha.

Baca Juga Daftar Kode Swift Bank di Indonesia

Kode Swift Bank BCA
Kode Swift Bank Mandiri
Kode Swift Bank BNI
Kode Swift Bank BRI
Kode Swift Bank Danamon
Kode Swift DBS Bank
Kode Swift Hana Bank

3. Perizinan Tertentu

Fungsi Retribusi Daerah

Retribusi Daerah memiliki peranan sangat penting untuk pendapatan asli daerah atau PAD. JIka target pembayaran retribusi tinggi maka fungsi retribusi kepada PAD nilainya akan tinggi dan semakin besar.

Lebih jelasnya adalah sebagai berikut:

1. Sumber Pendapatan daerah

Pemerintah pusat tidak lagi akan memiliki beban ketika pemerintah daerah memiliki pendapatan yang mampu untuk memenuhi kebutuhan dari daerah tersebut. Beban berat disini ialah pemerintah pusat ikut untuk membangun dan memajukan daerah tersebut.

Biasanya pemerintah pusat akan membantu pembangunan daerah seperti pendidikan, dan bantuan untuk keluarga miskin serta tunjangan kepada tenaga kerja pemerintah daerah.

2. Kegiatan Ekonomi

Fungsi selanjutnya dari retribusi adalah mengatur kegiatan ekonomi. Apabila kegiatan sumber keuangan dari pemerintah mencukupi makan kegiatan ekonomi darah pada setiap pos yang sudah ditentukan dapat dilajalakankan sesuai dengan rencana yang sudah ditentukan.

3. Stabilitas Ekonomi Daerah

Retribusi memiliki fungsi untuk menstabilisasi perekonomian daerah karena seluruh biaya penyelenggaraan pemerintah daerah semuanya didukung dari retribusi.

4. Pemerataan Pembangunan Daerah

Fungsi selanjutnya yang paling penting dari retribusi adalah dapat terwujudnya pemerataan dan pembangunan daerah tersebut. Serta dapat meningkatkan pendapatan masyarakat dari dampak pemerataan dan pembangunan daerah sehingga taraf hidup masyarakat akan meningkat.

Lihat Juga Video Cara Mudah Kirim Uang Ke Luar Negeri

Contoh Retribusi

Dalam kehidupan sehari-hari retribusi ini sudah tidak asing lagi karena setiap fasilitas umum yang digunakan pasti akan dikenakan retribusi daerah . Misalnya di terminal, tempat rekreasi, pasar, dan tempat-tempat yang dimanfaatkan atau digunakan secara bersamaan oleh masyarakat umum.

Setelah kamu memahami apa itu yang dimaksud dengan retribusi. Kamu juga harus mengetahui istilah lain dari retribusi.
Wajib retribusi merupakan individu atau kelompok yang dalam undang-undang retribusi memiliki kewajiban untuk melaksanakan pembayaran retribusi yang didalamnya termasuk pemotong retribusi dan pemungutan tertentu.
Masa retribusi merupakan jangkwa waktu tertentu yang sudah ditentukan, atau sudah masuk jatuh tempo alias batas waktu bagi wajib retribusi , untuk memanfaatkan serta menggunakan perizinan dan jasa tertentu yang telah disediakan oleh pemerintah daerah.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs.

Download Aplikasi Transfez di Android
Download Aplikasi Transfez di iOs

Nah, setelah mengetahui pengertian dan istilah dari retribusi kamu dapat memahami bahwa melakukan pembayaran retribusi daerah adalah merupakan kompensasi atau imbalan terimakasih atas jasa atau layanan yang diberikan pemerintah daerah kepada masyarakatnya yang menikmati jasa atau layanan tersebut.

Oleh karenanya individu atau kelompok yang menikmati jasa atau layanan tertentu wajib untuk membayarkan retribusi kepada pemerintah daerah nya.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Instagram