wisata religi di pakistan

Pakistan merupakan salah satu negara timur tengah yang terkadang tidak masuk radar para wisatawan. Sebab, negara ini terlihat kalah saing dengan negara timur tengah lainnya seperti Arab Saudi, UEA, atau Qatar.

Padahal, Pakistan adalah salah satu lokasi yang sangat menarik, khususnya wisata halal. Dengan adanya warisan islam, keindahan alam, hingga budayanya, Pakistan bisa kamu kunjungi. Simak beberapa rekomendasi wisata religi di Pakistan.

1. Masjid Badshahi, Lahore

wisata religi di pakistan badshahi mosque

Perlu kamu ketahui bahwa Masjid Badshahi merupakan salah satu landmark paling ikonik di Pakistan. Kaisar Mughal Aurangzeb membangun masjid ini antara tahun 1671 dan 1673. Hal itu sebagai bukti kekuatan dan kemegahan Dinasti Mughal.

Arsitekturnya menggabungkan elemen Mughal klasik dengan kemegahan luar biasa. Struktur masjid menunjukkan keagungan dan juga keindahan era Mughal. Salah satu masjid terbesar di dunia ini dapat menampung hingga 55.000 jemaah di dalamnya dan sekitar 95.000 di bagian luarnya.

Masjid Badshahi juga terkenal karena kubah besar berwarna merah dan menara tinggi yang terbuat dari batu pasir merah. Karya seni Mughal yang indah dan ukiran rumit menghiasi fasadnya. Karpet merah, dekorasi marmar putih, dan kaligrafi indah juga menghiasi interior masjid. Terdapat ruang shalat yang luas dengan langit-langit tinggi dan kolom-kolom megah terletak di ruang utama.

2. Masjid Faisal, Islamabad

Selanjutnya ada Masjid Faisal yang terletak di Islamabad, Pakistan. Masjid Faisal ini tidak memiliki kubah sehingga membedakannya dari masjid tradisional secara umum. Masjid ini dirancang oleh arsitek Turki bernama Vedat Dalokay.

Terdapat tenda besar yang disebut dengan tenda Badui. Benda ini melambangkan gurun dan juga kehidupan nomadik. Kesan monumental ditambahkan dengan empat menara yang menjulang tinggi di setiap sudut masjid.

Masjid Faisal juga adalah salah satu masjid terbesar di dunia. Sebab, mampu menampung hingga 100.000 orang sekaligus, termasuk area luarnya. Hal Ini menjadikannya tempat penting untuk beribadah, terutama selama bulan Ramadhan dan saat shalat Jumat.

Bisa dikatakan, Masjid Faisal adalah simbol kuat dari persahabatan diplomatik dan religius antara Pakistan dan Arab Saudi. Apalagi, dana pembangunannya oleh Raja Faisal dari Arab Saudi.

Baca Artikel Tentang Tinggal di Luar Negeri dari Transfez

Biaya Hidup di Inggris
Biaya Hidup di Jepang
Biaya Hidup di Hongkong
Biaya Hidup di Turki Terbaru

3. Makam Quaid-e-Azam, Karachi

Selain masjid, kamu juga bisa kunjungi makam sebagai salah satu wisata religi yang menarik. Kamu bisa coba kunjungi Makam Quaid-e-Azam yang lokasinya di Karachi, Pakistan. Makam ini milik pendiri sekaligus Bapak Bangsa Pakistan bernama Muhammad Ali Jinnah. Dia mendapatkan julukan sebagai Quaid-e-Azam atau Pemimpin Agung Pakistan. Banyak orang Pakistan menganggap bahwa mengunjungi makam ini sebagai cara untuk mengucapkan terima kasih atas kontribusinya dalam membangun negara tersebut.
Mazar-e-Quaid memiliki kubah besar, taman luas, dan marmer putih yang begitu khas. Hal itu Sebagai bentuk penghormatan kepada tokoh besar ini melalui desain kontemporer. Tentunya bisa mengandung makna sejarah dan spiritual.

Selain itu, kompleks tersebut memiliki museum yang menampilkan barang-barang pribadi Jinnah. Contohnya seperti mobil, furnitur, dan sejumlah dokumen bersejarah. Hal Ini memungkinkan pengunjung untuk mendapatkan pemahaman lebih baik tentang kehidupan dan perjuangannya membangun Pakistan.

Makam ini juga sering menjadi tempat upacara resmi negara, terutama pada hari libur nasional seperti Hari Kemerdekaan dan Hari Jinnah. Pejabat tinggi dan anggota masyarakat yang ingin memberikan penghormatan sering menghadiri upacara tersebut.

Dengan sejarahnya yang penting, Tempat ini bukan hanya makam semata. Mazar-e-Quaid adalah simbol nasionalisme, persatuan, dan patriotisme rakyat Pakistan.

Lihat Juga Video Mudahnya Melakukan Pengiriman Uang Ke Luar Negeri

4. Kuil Katas Raj, Khewra

Wisata Religi di Pakistan tidak hanya bernuansa islam saja. Ada juga situs bersejarah untuk agama lain seperti Kuil Katas Raj ini. Bisa dikatakan, situs ini adalah bagian dari kompleks kuil kuno yang berusia lebih dari 1.500 tahun.

Kuil Katas Raj terdiri dari beberapa kuil kecil yang didedikasikan untuk berbagai dewa Hindu, terutama Dewa Shiva. Menurut legenda Hindu, kolam suci yang disebut Katas Raj Pond terbuat dari air mata Dewa Shiva yang jatuh saat berduka atas kematian istrinya, Sati.

Dianggap sebagai tempat suci, para peziarah percaya bahwa mandi di kolam ini dapat menghapus dosa-dosa. Dengan pilar, patung-patung dewa, dan ukiran batu yang indah, kuil ini dibangun dengan gaya abad pertengahan India. Tempat ini sangat menarik para peziarah, pengamat sejarah dan seni.

Selain Hindu, Katas Raj juga dianggap penting bagi agama lain. Pada zaman kuno, biksu Buddha menggunakan kompleks ini sebagai tempat untuk belajar dan bermeditasi. Kuil ini telah diselamatkan dan direkonstruksi oleh pemerintah Pakistan. Hal itu menunjukkan upaya mereka untuk menjaga situs warisan budaya dan religius di negaranya.

5. Kuil Shiv Mandir, Rawalpindi

wisata religi di pakistan shiv mandir temple

Masih ada kuil lainnya yang bisa kamu kunjungi, yakni Kuil Shiv Mandir. Kuil Shiv Mandir adalah kuil Hindu yang didedikasikan untuk Dewa Shiva. Untuk kamu yang belum tahu, Shiva salah satu dewa utama Hindu yang dikenal sebagai dewa penghancur dan regenerasi. Kuil ini memiliki nilai sejarah dan spiritual tinggi. Sebab, memiliki fungsi sebagai tempat ibadah bagi komunitas Hindu di Rawalpindi, sebuah kota penting di Pakistan.

Karakteristik arsitektur tradisional Hindu kuil ini termasuk desain yang sangat khas, seperti shikhara, menara tinggi, dan ukiran yang halus di dinding. Shiv Mandir memiliki suasana tenang dan mempesona, meskipun tidak sebesar banyak kuil di Asia Selatan. Patung Dewa Shiva di dalam kuil juga dihiasi dengan bunga dan lampu minyak sehingga memberikan suasana sakral.

Tempat wisata religius Shiv Mandir dikenal karena ritual Hindu seperti Aarti (upacara penyembahan dengan lampu) dan puja (doa-doa) yang dilakukan setiap hari. Pengalaman ini memberikan pemahaman luar biasa tentang keanekaragaman agama Pakistan. Bahkan, bisa menunjukkan sejarah panjang hubungan antara berbagai komunitas di Pakistan.

Dengan kata lain, kuil ini bukan hanya tempat ibadah bagi orang Hindu di Rawalpindi, tetapi juga pusat budaya dan keberagaman budaya Pakistan. Hal Ini bisa terjadi meskipun populasi Hindu di kota tersebut sangat sedikit.

Gunakan Transfez dengan Jack untuk kebutuhan bisnis Anda

ID CTA 1

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs.

google play store 350px appstore